Optimalisasi Aplikasi Whatsapp untuk Bisnis Bagi Generasi Z

Authors

  • Leni Susanti Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, Pekalongan, Indonesia
  • Cholisa Rosanti Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, Pekalongan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i1.32166

Keywords:

WhatsApp Business, Pemuda, Wirausahawan, Optimalisasi, Aplikasi

Abstract

Saat ini strategi pemasaran menggunakan sosial media memang banyak digunakan oleh pebisnis. Sosial media dikenal cukup efektif untuk menjalankan strategi pemasaran, salah satunya WhatsApp. WhatsApp menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang memungkinkan pengguna mengirim pesan, dokumen, gambar, panggilan gambar serta video secara gratis. Aplikasi ini pun mengembangkan WhatsApp Bisnis yang ditujukan bagi pebisnis untuk memasarkan produknya dengan mudah. Salah satu alasan mengapa perlu melakukan pemasaran melalui WhatsApp yaitu kemungkinan banyak pelanggan yang sudah menggunakan aplikasi tersebut. Pebisnis juga harus lebih inovatif dalam melakukan promosi karena aplikasi tersebut tidak menjual ruang iklan seperti sosial media lain. Oleh karena itu, pebisnis perlu memahami dan mengembangkan strategi pemasaran khusus untuk WhatsApp. Aplikasi perpesanan tersebut didesain untuk memudahkan pebisnis untuk lebih fokus dalam melayani pelanggan. Selain itu, WhatsApp untuk bisnis ini cukup aman sehingga pebisnis dapat membedakannya dari akun pribadi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Desa Karangsari Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan mendapat sambutan yang sangat baik dan antusiasme yang tinggi baik dari warga maupun  peserta yang mengikuti via online.  Peserta sosialisasi memiliki kemauan yang besar untuk mendapat informasi dan pengetahuan tentang optimalkan aplikasi WhatsApp.

References

Accurate.id. (2021). www.accurate.id. Retrieved from www.accurate.id: https://accurate.id/marketing-manajemen/WhatsApp-marketing/

Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.

Herawati, D. (2019). www.brankas[edia.com. Retrieved from www.brankaspedia.com: https://www.brankaspedia.com/2019/11/cara-membuat-katalog-produk-di-WhatsApp.html

Jurnal.id. (2021). Jurnal Entrepreneur. Retrieved from www.jurnal.id: https://www.jurnal.id/id/blog/WhatsApp-marketing/

Rumi. (2020, Juli 17). Accurate. Retrieved from www.accurate.partners.com: https://accurate.partners/news/6-langkah-mudah-memanfaatkan-WhatsApp-marketing-untuk-tingkatkan-penjualan/

WhatsApp. (2021). www.faq.WhatsApp.com. Retrieved from www.faq.WhatsApp.com: https://faq.WhatsApp.com/smbi/account-and-profile/how-to-create-and-maintain-a-catalog/?lang=id

Downloads

Published

2023-07-19