Optimalisasi Aplikasi Whatsapp untuk Bisnis Bagi Generasi Z
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i1.32166Keywords:
WhatsApp Business, Pemuda, Wirausahawan, Optimalisasi, AplikasiAbstract
Saat ini strategi pemasaran menggunakan sosial media memang banyak digunakan oleh pebisnis. Sosial media dikenal cukup efektif untuk menjalankan strategi pemasaran, salah satunya WhatsApp. WhatsApp menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang memungkinkan pengguna mengirim pesan, dokumen, gambar, panggilan gambar serta video secara gratis. Aplikasi ini pun mengembangkan WhatsApp Bisnis yang ditujukan bagi pebisnis untuk memasarkan produknya dengan mudah. Salah satu alasan mengapa perlu melakukan pemasaran melalui WhatsApp yaitu kemungkinan banyak pelanggan yang sudah menggunakan aplikasi tersebut. Pebisnis juga harus lebih inovatif dalam melakukan promosi karena aplikasi tersebut tidak menjual ruang iklan seperti sosial media lain. Oleh karena itu, pebisnis perlu memahami dan mengembangkan strategi pemasaran khusus untuk WhatsApp. Aplikasi perpesanan tersebut didesain untuk memudahkan pebisnis untuk lebih fokus dalam melayani pelanggan. Selain itu, WhatsApp untuk bisnis ini cukup aman sehingga pebisnis dapat membedakannya dari akun pribadi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Desa Karangsari Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan mendapat sambutan yang sangat baik dan antusiasme yang tinggi baik dari warga maupun peserta yang mengikuti via online. Peserta sosialisasi memiliki kemauan yang besar untuk mendapat informasi dan pengetahuan tentang optimalkan aplikasi WhatsApp.
References
Accurate.id. (2021). www.accurate.id. Retrieved from www.accurate.id: https://accurate.id/marketing-manajemen/WhatsApp-marketing/
Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.
Herawati, D. (2019). www.brankas[edia.com. Retrieved from www.brankaspedia.com: https://www.brankaspedia.com/2019/11/cara-membuat-katalog-produk-di-WhatsApp.html
Jurnal.id. (2021). Jurnal Entrepreneur. Retrieved from www.jurnal.id: https://www.jurnal.id/id/blog/WhatsApp-marketing/
Rumi. (2020, Juli 17). Accurate. Retrieved from www.accurate.partners.com: https://accurate.partners/news/6-langkah-mudah-memanfaatkan-WhatsApp-marketing-untuk-tingkatkan-penjualan/
WhatsApp. (2021). www.faq.WhatsApp.com. Retrieved from www.faq.WhatsApp.com: https://faq.WhatsApp.com/smbi/account-and-profile/how-to-create-and-maintain-a-catalog/?lang=id
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).