Sosialisasi Investasi pada Generasi Z pada Pasar Modal Syariah

Authors

  • Nur Kholidah Prodi Ekonomi Syariah, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, Pekalongan, Indonesia
  • Panca Kurniati Prodi Ekonomi Syariah, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, Pekalongan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i1.32171

Keywords:

Investasi, Generasi Z

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk untuk meningkatkan pemahaman mengenai kesadaran berinvestasi di era modern seperti saat ini pada Gen-Z para pemuda karang taruna di desa Karangsari Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan. Metode yang dilakukan adalah ceramah dimana para narasumber memberikan materi tentang pengenalan dana darurat dan diskusi dengan tanya jawab. Kegiatan ini dilakukan melalui tahap perencanaan, tahap persiapan dan pelaksanaan. Tahap perencanaan meliputi survey awal, pemantapan dan penentuan lokasi pelaksanaan dan sasaran peserta kegiatan. Setelah disetujui lanjut ke tahap pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat. Tahap ini akan diberikan penjelasan mengenai Pengenalan Dana Darurat Untuk Generasi Muda di Karangsari. Sesi ini menitikberatkan pada pemberian penjelasan mengenai jenis  investasi, mengapa   perlu   berinvestasi,   manfaat   investasi saham    bagi   milenial,    pasar    modal    syariah, investasi  saham   syariah,   cara  investasi   saham, daftar saham. Hasil dari Pengabdian Kepada Masyarakat yaitu pada generasi Z telah memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik mengenai strategi investasi yang tepat.

References

Aini, N., Maslichah, M., & Junaidi, J. (2019). Pengaruh Pengetahuan dan Pemahaman Investasi, Modal Minimum Investasi, Return, Risiko dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Kota Malang). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 8(05). Retrieved from http://riset.unisma.ac.id/index.php/jra /article/view/4066

Albab, A. U., & Zuhri, S. (2019). Pengaruh manfaat, pengetahuan, dan edukasi terhadap minat mahasiswa dalam berinvestasi di pasar modal syariah. Li Falah : Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1), 129–138. https://doi.org/10.31332/lifalah.v4i1.13 67

Bakhri, S. (2018). Minat Mahasiswa Dalam Investasi Di Pasar Modal. Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 10(1). https://doi.org/10.24235/amwal.v10i1.284 6

Corey Seemiller and Meghan Grace. (2019). Generation Z: A Century in the Making . Routledge, New York

Darmawan, T., Nurwahidin, & Anwar, S. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Investasi di Pasar Modal Syariah. Jurnal Middle East and Islamic Studies, 6(2), 192–214. http://meis.ui.ac.id/index.php/meis/article/view/103

Hilaliyah, N., Susyanti, J., & Wahono, B. (2019). Analisis Toleransi Risiko, Alokasi Aset dan Faktor Yang Mempengaruhi Minat Investasi Pada Investor Pemula (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNISMA). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8(06). Retrieved from http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm /article/view/2254/2137

Jensen, G., (2017). How to Manage Millennials: 8 Ways to Do it Right. Diakses dari https://guthriejensen.com/blog/8-steps-to-manage-millennials/.

Suryani, W., Tobing, F., & Emelia Girsang, Y. (2022). Factor Analysis of investment intention: Millennials and Gen Z perspective. Jurnal Inovasi Ekonomi, 7(01), 55–62. https://doi.org/10.22219/jiko.v7i01.20150

Downloads

Published

2023-07-19