Pembinaan Keagamaan Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Mushalla Attawwab di Kampung Inggiri Distrik Biak Kota Kabupaten Biak Numfor
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i1.32173Keywords:
Pembinaan, Keagamaan, Taman Pendidikan AlquranAbstract
Permasalahan yang terjadi saat ini sangat dirasakan dengan bergesernya kondisi yang terjadi dalam dunia pendidikan agama terutama dalam peningkatan karakter manusia dalam memahami secara jelas alquran kepada anak-anak yang ada disekitar kita. Disamping itu juga kurangnya pemahaman dalam manajemen pengelolaan pendidikan keagamaan seperti Taman Pendidikan Alquran yang menjadi masalah utama di kabupaten Biak Numfor terutama di kampung Inggiri. Adanya kondisi ini perlu ada pembinaan dan pendampingan sehingga Lembaga pendidikan keagamaan dapat maju dan berkembang dengan baik. Adapun mitra dalam pembinaan ini adalah guru santri itu sendiri bersama dengan pemerintah setempat. Metode pelaksanaan dari kegiatan ini adalah penyuluhan dan pelatihan dengan langkah-langkah kegatan; 1) Persiapan, 2) Pelaksanan, dan 3) Evaluasi. Hasil dari kegiatan pembinaan ini terjadi pengembangan lembaga secara signifikan sesuai dengan harapan dan tujuan yang telah ditargetkan. Kegitan-kegitan pembinaan masih perlu dilakukan secara berkelanjutan agar lembaga pendidikan ke agaman seperti TPA makin maju dan berkembang di Kabupaten Biak Numfor pada Umumnya.
References
Hidayah, Y., Suyitno, S., & Retnasari, L. (2019). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Sebagai Pusat Pendidikan Karakter Religus (Pengabdian di TPQ Silastra Condong Catur,TPQ Darul Falah Maguwo Harjo Maguwo Harjo, TPA Al-Huda Caturtunggal,Yogyakarta). LOYALITAS, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 146. https://doi.org/10.30739/loyal.v2i2.489
Hilmiati. (2022). Pembinaan Pengelolaan Lembaga Pendidikan KeAgamaan Di Desa Wisata Sembalun Bumbung. Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 188–194.
Irwan, M., Lembaga, H., & Alsys, Y. (2021). Strategi Pembinaan Akhlak Pada Taman Pendidikan Al-Qur’an Anwarul Masaliq Keruak. YASIN : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Budaya, 1(1), 12–29. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/yasin
Jannah, M. (2019). Peranan Guru Dalam Pembinaan Akhlak Mulia Peserta Didik Sulamul Ulum Dan Tpa Az-Zahra. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 137–165.
L., S. (2022). Evaluasi Materi Pembelajaran Santri Taman Pendidikan Al Qur’an Malalui Ujian Munaqasyah BKPRMI. MALLOMO: Journal of Community Service, 3(1), 43–50. https://doi.org/10.55678/mallomo.v3i1.811
Liana, P., & Sahri. (2020). Taman Pendidikan Al-Qur’an sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak di Desa Semawot. Progress: Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang, 8(2), 164–181.
Mulfa, R., Hamka, Kusnadi, Ni’mah, S., & Firdaus. (2022). Pembinaan TK/TPA Di Masjid Darussalam Desa Balle. Of Community Service, 1(1), 1–10.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).