Pengabdian Kepada Mayarakat (PKM) Literasi Pasar Modal Komunitas Guru di SMA Ipiems Surabaya (Tahap II: Pembukaan Rekening Efek)

Authors

  • Sasi Agustin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Bambang Hadi Santoso Dwidjosumarno Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Yayah Atmajawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Achmad Djuraidi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • M. Arif Kurniawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Ezra Amelia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i1.32184

Keywords:

Literasi Pasar Modal, Pemodal, Rekening Efek

Abstract

Mitra yang dalam hal ini guru – guru SMA IPIEMS Surabaya, tingkat literasi akan pasar modal dan investasi pada saham masih tergolong “rendahâ€. Literasi pasar modal awal mengenai manfaat investasi dan produk investasi di pasar modal telah dilaksanakan pada tanggal 17 Pebruari 2023. Literasi ini perlu dilanjutkan dengan pemahaman tentang Rekening Efek (manfaat dan cara pembukaan Rekening Efek), karena dengan memiliki Rekening Efek merupakan tanda bukti telah menjadi pemodal di pasar modal (BEI, 2019). Komunitas guru di SMA IPIEMS Surabaya berkeinginan mengembangkan dana yang ada untuk investasi bagi keperluan di masa depan sebagai persiapan di hari tua setelah mereka pensiun sebagai guru, sehingga diperlukan memiliki Rekening Efek. Diharapkan setelah komunitas guru melakukan pembukaan Rekening Efek (Opening Account), maka mereka dapat meramaikan pasar modal ke depannya, di samping memberikan keuntungan (return) secara individu sebagai pemilik saham 

References

BEI (Bursa Efek Indonesia), SPM (Sekolah Pasar Modal) – Kelas Basic, 2019.

Husnan, Suad, Dasar – dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas, 2015, Unit Penerbit dan Percetakan (UPP) AMP YKPN.

KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia), 2019

Downloads

Published

2023-07-19