Pendampingan Pengolahan dan Branding Produk Paving Block dari Sampah Plastik

Authors

  • Shanti Veronica Siahaan Institut Shanti Bhuana, Bengkayang, Kalimantam Barat, Indonesia
  • Pramatatya Resindra Widya Institut Shanti Bhuana, Bengkayang, Kalimantam Barat, Indonesia
  • Yuliana Yuliana Institut Shanti Bhuana, Bengkayang, Kalimantam Barat, Indonesia
  • Shine Pintor Siolemba Patiro Sekolah Pascasarjana Universitas Terbuka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i1.32187

Keywords:

Sampah Plastik, Paving Block, Branding, Desa Wisata, Bengkayang

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengubah, melatih dan mengembangkan pola pikir masyarakat Desa Wisata Cipta Karya Bengkayang terhadap sampah plastik yang selama ini hanya dibuang dan dibiarkan begitu saja. Sampah plastik ini dapat dikelola dan diolah menjadi produk yang bernilai ekonomi. Salah satunya adalah paving block. Acara menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek, meliputi ceramah dan diskusi panel tentang permasalahan warga,  dampak negatif dan manfaat sampah plastik rumah tangga (bungkus makanan, botol plastik, dan bekas kemasan makanan atau minuman). Serta pelatihan pembuatan paving block dari bahan  sampah plastik, mesin pencacah, dan peleleh palstik. produk hasil pelatihan paving block ini mulai dari desain (pengemasan dan branding) hingga proses pemasaran. Sebagai hasil dari program tersebut, masyarakat menyadari pentingnya pengelolaan sampah yang baik dengan memanfaatkan sampah menjadi produk yang bernilai ekonomis dan produk akhir yang siap dipakai oleh masyarakat.

 

References

Chaerul, M., Tanaka, M., & Shekdar, A. V. (2007). Municipal Solid Waste Management in Indonesia : Status and the Strategic Actions. Journal of the Faculty Environmnetal Science and Technology, Okayama University, 12(I), 41–49.

Djatmika, E. T. (2012). Mempersiapkan Green Entrepreneurs Untuk Pembangunan Berkelanjutan. http://digilib.um.ac.id/images/stories/pidatogurubesar/2012/mempersiapka n green entrepreneurs untuk pembangunan berkelanjutan - ery tri djatmika.pdf

Hardiatmi, S. (2011). Pendukung keberhasilan pengelolaan sampah kota. Jurnal Inovasi Pertanian, 10, 50–66.

Kristianto, A. H. (2018). Development Of Interest In Youth Entrepreneurship In Utilizing Organic Waste Into Selling Product In The Border Area. Prosiding International Conference on Information Technology and Business (ICITB), 228–236.

Luthfi, A., & Kismini, E. (2013). Partisipasi Masyarakat Dalam Sistem Pengelolaan Sampah Di Tpa Sukoharjo Kabupaten Pati. Jurnal Abdimas, 17(1), 13–20.

Mahyudin, R. P. (2017). Kajian Permasalahan Pengelolaan Sampah Dan Dampak. Teknik Lingkungan, 3, 3(1), 66–74.

McEwen, T. (2013). Ecopreneurship as a Solution to Environmental Problems : Implications for College Level Entrepreneurship Education. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 3(5), 264–288.

Mulasari, S. A. (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Perilaku Masyarakat Dalam Mengolah Sampah Di Dusun Padukuhan Desa Sidokarto Kecamatan Godean Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health), 6(3). https://doi.org/10.12928/kesmas.v6i3.1055.

Nurliah, N., Elika, S., & Sagena, U. W. (2022). Sosialisasi Pengelolaan dan Pemanfaatan Sampah Organik Rumah Tangga Dalam Memproduksi Ekoenzim. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 33-39.

Omar, M. W., Fadzil, M. I., Ali, M. N. M., & Shaharudin, M. R. (2011). The Effectiveness of Bumiputra SME Food Product Packaging in the Malaysian Customers ’ Perception. Canadian Social Science, 7(2), P102–109. http://cscanada.net/index.php/css/article/view/1235

Rahayu, S. (2018). Development Of Student Ecopreneurship Potential Through Learning Based Projects Model In Social Studies Learning (Classroom Action Research in Class VII-A MTs Ar-Rohmah Bandung). International Journal Pedagogy of Social Studies, 2(2), 59. https://doi.org/10.17509/ijposs.v2i2.10166

Rahmawanti, N., & Dony, N. (2014). Pembuatan Pupuk Organik Berbahan Sampah Organik Rumah Tangga Dengan Penambahan Aktivator EM 4 Di Daerah Kayu Tangi. Ziraa’ah Majalah Ilmiah Pertanian, 39(1), 1–7.

Sauvé, S., Bernard, S., & Sloan, P. (2016). Environmental sciences, sustainable development and circular economy: Alternative concepts for trans-disciplinary research. Environmental Development, 17, 48–56. https://doi.org/10.1016 /j.envdev.2015.09.002

Setianingrum, R. budi. (2018). Pengelolaan Sampah Dengan Pola 3 R Untuk Memperoleh Manfaat Ekonomi Bagi Masyarakat. BERDIKARI : Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 6(2), 173–183. https://doi.org/10.18196/bdr.6244.

Sutrio, S., Fitriyah, K., Dina, A. M., Naja, F. N., Ikrimah, F., Hakim, L., ... & Hermawan, H. (2023). Menanamkan Karakter Cinta Lingkungan Melalui Program Sabtu Ceria di SDN 1 Sukorejo. JIPM: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(1), 18-23.

Widya, P. R. (2019). Rational Appeal Vs Emotional Appeal In Forming Consumer’s Interest Through Advertisement. 1(1), 60–67

Downloads

Published

2023-07-19