Pelatihan Media Pembelajaran Berbantuan Geogebra Untuk Mengembangkan Kreativitas Guru TK YP Tridaya Mandiri
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i1.32190Keywords:
Pelatihan, GeoGebra, KreativitasAbstract
Kreativitas adalah kemampuan untuk mempergunakan imajenasi dari berbagai kemungkinan yang diperoleh dari interaksi dan ide atau gagasan orang lain untuk membuat koneksi, mendapatkan hasil baru dan bermakna. Oleh karena itu guru perlu mengembangkankreativitas pada saat membuat media pembelajaran. Pelatihan media pembelajaran berbantuan Geo-Gebra guru TK YP Tridaya Mandiri bertujuan memberikan motivasi dan arahan membuat media pembelajaran yang kreatif. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 5 Mei terdiri dari 7 orang peserta dalam bentuk workshop. Evaluasi pelatihan dengan memberikan tugas membuat animasi gerak sesuai ide peserta pelatihan. Hasil yang diperoleh kreativitas guru sangat signifikan. Berdasarkanobservasi pada saat proses pelatihan diperoleh gambaran tentang motivasi dan antusias peserta pelatihan sangat baik.References
Anindita, Anggi Fathya, Tuty Herawati, and Wahyudi Utomo. 2018. “Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Head Office Pada Pt Pam Lyonnase Jaya (Palyja).†Epigram 14, no. 2: 121–30. https://doi.org/10.32722/epi.v14i2.1022.
Haryadi, R. N. (2020). Pengaruh Kebiasaan Membaca terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris SMA Negeri 99 Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis dan Keuangan, 1(2), 14-30.
Ibrahim, Musdalifa, and Muhammad Ahsan. 2023. “Efektivitas Metode Pembelajaran Demonstrasi Berbantuan Geogebra Dalam Meningkatkan Kemampuaan Kognitif Siswa†2, no. 1: 39–52.
Juannita, Eka, and Nenny Mahyuddin. 2022. “Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini†6, no. 4: 3300–3313. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2198.
Myori, Dwiprima Elvanny, Rahmat Hidayat, Fivia Eliza, and Radinal Fadli. 2019. “Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penguasaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android†5, no. 2: 102–9.
Novebri, Novebri. 2021. “Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Smkn 2 Pariaman.†PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 2: 147–57. https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v2i2.2593.
Pendidikan, Bidang, Pengajaran Pembelajaran, Pendidikan Dasar, Sekolah Pascasarjana, and Universitas Pendidikan Indonesia. 2021. “Jurnal Kependidikan : Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Kreatif Pada Mata Pelajaran IPS Di Sekolah Dasar Departemen Pendidikan Sejarah , FPIPS , Universitas Pendidikan Indonesia Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Universitas Kuningan 7, no. 1: 97–109.
Pentury, Helda Jolanda. 2017. “Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Kreatif Pembelajaran Bahasa Inggris.†Jurnal Ilmu Kependidikan 4, no. 3: 265–72.
Priwantoro, Soffi Widyanesti, Syariful Fahmi, and Dian Ariesta Y. 2019. “Pelatihan Peningkatan Kemampuan It Bagi Guru Matematika Menggunakan Geogebra.†Jurnal Terapan Abdimas 4, no. 2: 203. https://doi.org/10.25273/jta.v4i2.4847.
Putra, Windisyah. 2022. “Mutu Pendidikan Dalam Penguatan Kreativitas Anak Prasekolah.†Ta’dib 11, no. 2: 59–67. https://doi.org/10.54604/tdb.v11i2.43.
Semarang, Universitas Terbuka, and Universitas Muria Kudus. 2020. “PENGEMBANGAN E-COMIC SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN Info Artikel Abstrak†10.
Situmorang, Sundy M S, Nuryani Y Rustaman, and Widi Purwianingsih. 2020. “LEVELS OF INQUIRY PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MELALUI ASESMEN KINERJA IDENTIFICATION OF HIGH SCHOOL STUDENTS ’ CREATIVITY IN LEVELS OF INQUIRY LEARNING ON RESPIRATORY SYSTEM MATERIAL†4: 35–43.
Sultan, Universitas, and Ageng Tirtayasa. 2019. “IMPLEMENTASI MEDIA VISUAL DAN AUDIOVISUAL TERHADAP PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4 . 0†2, no. 1.
Suparliadi, Suparliadi. 2022. “Pengaruh Pendidikan Dan Latihan (Diklat) Terhadap Kinerja Guru Di Smp Negeri 1 Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang.†Pionir: Jurnal Pendidikan 11, no. 1. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i1.13088.
Sutisna, Usman, and Mia Fitriah Elkarimah. 2021. “Pendampingan Pengembangan Keterampilan Guru Sekolah Dasar Dalam Soal Evaluasi Pembelajaran Dengan Teka-Teki Silang Berbasis Smartphone†2, no. 1: 15–25. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3249.
Y. 9. Lestari E.K. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).