Replanning Strategi Pemasaran Pelaku UMKM Paguyuban Pedagang Wisata Belanja Tugu Malang Pasca Pandemi Covid 19

Authors

  • Surenggono Surenggono Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Atty Erdiana Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Siti Djamilah Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i1.32191

Keywords:

Strategi Pemasaran, UMKM

Abstract

Pandemic covid-19  telah memberikan pengalaman  yang sangat berarti bagi para pebisnis , tak terkecuali aktivitas perdagangan yang dilakukan oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Pada masa itu mereka harus mampu melakukan banyak cara agar bisa tetap mempertahankan usahanya. Pengalaman tersebut bisa dijadikan motivasi bagi pebisnis untuk mulai memikirkan lagi bagaimana mengelola usahanya agar bisa bangkit dan lebih sukses karena ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan pada masa new normal ini. Untuk itu pebisnis perlu melakukan pengamatan lagi guna mendapatkan informasi-informasi yang bermanfaat pada pasar yang akan dijadikan sebagai targetingnya, setelah itu pebisnis dapat merencanakan kembali cara-cara atau strategi apa yang perlu dilakukan dan sesuai dengan kondisi targetingnya untuk bisa memenangkan persaingan di masa ini. Tujuan  kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membantu para pelaku usaha yang tergabung dalam Paguyuban Pedagang Wisata Belanja Tugu Velodrome Malang  untuk bisa merencanakan kembali strategi pemasaran yang tepat bagi usaha mereka  pasca pendemi covid 19. Tahapan pendampingan dimulai dari pemberian materi tentang pemasaran modern., kemudian dilanjutkan dengan pendampingan pada peserta ataupun anggota paguyuban yang membutuhkan untuk berkonsultasi dalam rangka membuat strategi pemasaran sederhana untuk bisnis mereka. Dengan adanya kegiatan ini Pengabdi berharap para pelaku bisnis UMKM dapat menentukan cara memasarkan bisnisnya dengan tepat dengan kata lain mereka dapat memilih dan menentukan strategi pemasaran yang sudah disesuaikan dengan konsumen sasaran dan tentunya juga disesuaikan dengan lingkungan yang mempengaruhi bisnisnya. Harapan tim Pengabdi pada kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan baru dan mempunyai manfaat yang bermakna bagi keberlanjutan dan keberhasilan usaha pelaku bisnis yang tergabung dalam  Paguyuban ini pada khususnya dan para pelaku usaha ini dapat semakin mengembangkan usahanya dan memperluas pasarnya. Sedang untuk tim Pengabdi, kegiatan ini merupakan bentuk implementasi Tridarma Perguruan Tinggi. Semoga kegiatan ini membawa berkah dan manfaat untuk kemajuan  UMKM di Indonesia.

References

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), 2020, Buletin APJII edisi 71 - september 2020.

Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.

Hanif, H., Hidayat, T., & Haryadi, R. N. (2023). Pelatihan Keterampilan Manajemen Operasional bagi UMKM: Peningkatan Efisiensi dan Produktivitas. JABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 34-38.

Nasrulloh, M. U., Lailiyah, I. N., Ngaeni, K., Febriyanti, N., Nugroho, G. A., ZR, W. A. A., ... & Suyono, N. A. (2023). Gandeng Para Remaja dalam Digitalisasi Pengembangan Pemasaran Produk UMKM di Desa Pucungbedug, Kecamatan Purwanegara, Kabupaten Banjarnegara Melalui Program “Muda Berkaryaâ€. JIPM: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(1), 6-11.

Parmuji, P., Muldani, V., & Busro, M. A. (2023). Pengembangan Inovasi Produk dan Proses Produksi untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM di Rumah Qur'an Baitul Karim. JIPM: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(1), 41-44.

Priansa, Donni Juni. 2017. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Cetakan Kesatu. Bandung. Penerbit Alfabeta.

Prihastuti, A. H., Joesyiana, K., & Al Sukri, S. (2020). Pelatihan Laporan Keuangan Dan Strategi Pemasaran Bagi Kube Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-10.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi Empat. Yogyakarta. Penerbit Andi Offset.

Downloads

Published

2023-07-19