Pengembangan Desain Produk untuk UMKM Fashion Kampoeng Rajoet Binong Jati Kota Bandung

Authors

  • Adam Faritzal Universitas Widyatama, Bandung, Indonesia
  • Gina Apriyani Nurunnisha Universitas Widyatama, Bandung, Indonesia
  • Fadhlan Ridhwana Sujana Universitas Widyatama, Bandung, Indonesia
  • Ismail Solihin Universitas Widyatama, Bandung, Indonesia
  • Keni Kaniawati Universitas Widyatama, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i1.32782

Keywords:

Desain, Produk, Pemasaran

Abstract

Perkembangan fashion terjadi karena hadirnya para fashion designer lokal berbakat yang selalu memiliki ide-ide baru dalam menciptakan model-model pakaian terbaru untuk menarik minat pasar. Brand lokal untuk fashion juga mendapat dukungan dari pemerintah melalui berbagai kementerian maupun perusahaan BUMN, BUMD maupun swasta sehingga dapat semakin memperkuat eksistensi fashion lokal di Indonesia melalui pameran dan seminar bahkan dunia akademisi oleh melakukan pelatihan untuk pengembangan produk baik dari segi desain maupun pemasaran sehingga akan semakin memantapkan keberadaan merek-merek lokal yang telah dikembangkan oleh para UMKM tersebut. Berdasarkan diperbolehkannya kembali pertemuan tatap muka setelah pandemi terjadi, metode yang digunakan dalam pelatihan pengembangan Experiential Product Design dilakukan secara tatap muka di Bale warga di Kampoeng Rajoet Binong Jati. Sehingga mereka dapat memberikan bantuan melalui pendekatan individu dan kelompok. Pendekatan kelompok adalah pada saat memberikan materi tentang Desain Produk. Sedangkan pendekatan individu adalah pada saat diskusi tanya jawab dengan mereka mengangkat atau menanyakan satu per satu kepada pelaku usaha/peserta permasalahan, khususnya dalam proses implementasi desain Desain Produk. Kegiatan PKM yang dilaksanakan telah mencapai target yang diharapkan dari segi jumlah peserta, materi yang disampaikan, dan pencapaian tujuan kegiatan. Dengan mengikuti kegiatan PKM ini, peserta dapat lebih memahami tentang desain produk, dan secara tidak langsung meningkatkan motivasi dari dalam diri peserta kegiatan untuk menjadi wirausahawan usaha yang inovatif.

References

Assauri, Sofyan. 2002.Manajemen Pemasaran: Konsep, Dasar dan Strategi Materi Kelima. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Feigenbaum, AV 2000.

Kontrol Kualitas Terpadu, Volume, Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga Ghozali, Imam. 2005.

Prinsip Pemasaran, Volume 2. Diterjemahkan oleh Benjamin Molan. Jakarta. Jakarta: PT. Prenhallindo_______, dan Amstrong, G.2008.

Prinsip-Prinsip Pemasaran, Volume 1 Edisi Bahasa Inggris. Diterjemahkan oleh Benyamin Molan. Jakarta: PT.Prenhallindo Moore, GF dan Hendrick, E. 1989.

Manajemen Produksi dan Operasi. Bandung: Youth by Mowen, Jhon, C., and Minor, M. 2002. Consumer Behavior Volume 1, Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga Prasetijo, Ristiyanti dan Jhon JOI 20066. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Penerbit Andi Stanton, William J. 1991.

Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Sugiyono. 2010.

Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media Swasta, Basu dan T Hani Handoko. 2000.

Downloads

Published

2023-07-30