Peningkatan Kompetensi dalam Bidang Manajemen Pemasaran melalui Pelatihan Berbasis Andragogi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Mandiri Center - Kota Bandung

Authors

  • Rini Handayani Universitas Widyatama, Bandung, Jawa Barat Indonesia
  • Fansuri Munawar Universitas Widyatama, Bandung, Jawa Barat Indonesia
  • Irma Nilasari Universitas Widyatama, Bandung, Jawa Barat Indonesia
  • Aditya Yudhanegara Universitas Widyatama, Bandung, Jawa Barat Indonesia
  • Ayuningtyas Y. Hapsari Universitas Widyatama, Bandung, Jawa Barat Indonesia
  • Desy Oktaviani Universitas Widyatama, Bandung, Jawa Barat Indonesia
  • Andhi Sukma Universitas Widyatama, Bandung, Jawa Barat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i1.32824

Keywords:

PKBM, Warga Belajar, Marketing Mix, Digital Marketing, Standar Pendidikan Nasional.

Abstract

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) merupakan lembaga  yang   bergerak dalam bidang pendidikkan,  dibentuk oleh masyarakat dan ada dibawah bimbingan dan   pengawasan  Dinas Pendidikan Nasional. PKBM memiliki tujuan  memberi kesempatan kerja yang luas untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam mencari nafkah dan mengembangkan diri , khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu. Pada umumnya PKBM masih mengalami kendala dalam pelaksanaannya  yaitu belum mengacu pada standar nasional pendidikkan, salah satunya meliputi standar kompetensi lulusan, dimana lulusan kurang memiliki keterampilan yang memadai. Program PKM ini  menyasar mitra PKBM  yang berlokasi di  Jl. Tubagus Ismail No. 57 Kel. Sekeloa Kec. Coblong kota Bandung, dengan  memfokuskan pada peningkatan keterampilan warga belajar Bina Mandiri Center melalui pelatihan dalam bidang pemasaran, melalui metode pelatihan Andragogi. Tahapan Pelatihan diawali dengan Training Needs Analysis yang dilanjutkan dengan Achieving  Service Excellence dan Summary Evaluation Report. Penyelenggaraan pelatihan telah dilaksankan dengan baik, berkat persiapan yang baik pada tahap penggalian kebutuhan pelatihan yang tepat sasaran.

References

Basleman, A., & Syamsu, M. (2016). Teori Belajar Orang Dewasa.

Danial, A. D., Syaefudin, S. S., & Yuliani, L. Y. (2018). Pelatihan “ Andragogical Content Knowledge†Bagi Tutor Kesetaraan Paket C Dalam Meningkatkan Kompetensi Personal Proses Pembelajaran Pada Peserta Didik Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Gema Kelurahan Cikalang Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. Abdimas Siliwangi, 1(2), 89. https://doi.org/10.22460/as.v1i2p89-95.1169

Dannur, M. (2017). Fikrotuna: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam. Fikrotuna, 5(1). http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/fikrotuna/article/view/2953

Dini Wahjoe Hapsari. (2019). Mengelola Laporan Keuangan Para Pelaku Usaha Pada PKBM Bina Mandiri Bandung. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(27), 59–66. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.2840

Fajar (2019).Training Of Trainer (TOT) Sertifikasi Berlisensi BNSP. (Artikel Web) Diakses pada 20 Desember 2022 di:https://sertifikasibnsp.org/tot-bnsp/.

Kotler, P., & Keller. (2021). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 & 2. Edisi Ke-13.

Marzuki Saleh. (2012). Pendidikan Non Formal (Dimensi dalam Keasaraan Funsional, Pelatihan dan Andragogi) (Rosda (ed.)).

Mustofa Kamil. (2011). Pendidikan Non Formal Pengembangan Melalui PKBM.

Silberman, M., Biech, E., & Auerbach, C. (2015). Active training: A handbook of techniques, designs, case examples, and tips: Fourth edition. Active Training: A Handbook of Techniques, Designs, Case Examples, and Tips: Fourth Edition, 1–425. https://doi.org/10.1002/9781119154778.

Sukardi, S., Burhanuddin, B., Wardana, L. A., & Hamidsyukrie, Z. M. (2019). Wirausaha Produktif Berbasis Sektor Unggulan Desa Senyiur Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(2).

Downloads

Published

2023-07-30