Pelatihan Kemampuan Dasar Penggunaan Komputer untuk Siswa-siswi Sekolah Dasar YPK Eklesia 1 Klasaman Kota Sorong Sebagai Literasi Digital Industri 4.0
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i2.35259Keywords:
Digital Industri, Komputer, Pelajar, Pelatihan, TeknologiAbstract
Seiring dengan perkembangan teknologi, masyarakat harus mampu memahami dan menguasai penggunaan teknologi, khususnya komputer. Penggunaan komputer telah menjadi suatu keharusan, bahkan bagi kalangan pelajar. Oleh krena itu perlu dilaksanakan pelatihan dasar penggunaan komputer pada anak-anak di SD YPK Eklesia 1 Klasaman. Tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para siswa sekolah mengenai penggunaan komputer. Metode pelatihan yang digunakan yaitu ceramah dan praktek. Secara keseluruhan kegiatan ini berhasil dilaksanakan dengan baik, sebagaimana tercermin dari antusiasme peserta yang sangat tinggi dalam mengikuti pelatihan tersebut. Dalam rangkaian kegiatan ini, para siswa SD YPK Eklesia 1 Klasaman berhasil mengidentifikasi berbagai komponen penting dalam sebuah komputer. Para siswa juga belajar mengenal huruf-huruf yang terdapat pada keyboard dan mendapatkan pemahaman tentang teknik mengetik yang efisien. Diharpkan dari pelatihan ini memberikan kontribusi berharga dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi dunia yang semakin tergantung pada teknologi.References
Ahistasari, A., Setiawan, M. R., Ermin, Tella, F., Faroek, D. A., Mule, M. J., Semunya, A., Solossa, I. J., Ulima, N., & Nugraha, P. D. (2023). Pelatihan Mengenai Ilmu Komputer Tingkat Dasar Di Sd Negeri 6 Klablim Kota Sorong Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri, 6(2), 216–221.
Farolai, N., & Nurjannah, N. (2022). Pelatihan Dasar-Dasar Komputer Sebagai Persiapan Menyambut Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer Pada Siswa SD Negeri 218 Congkoe. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.32764/abdimas_if.v3i1.2525
Haryadi, R. N., Hiererra, S. E., Riyanto, S., Kumala, D., & Muhammad, R. N. (2022). Hybrid Learning Model for Elementary School in Pandemic. In IEOM Conference Proceedings (pp. 3793-3798).
Hiedayatullah, A., Oktalia, C., Siska, D., Awaludin, I., Ghazy, K. F. D., Simanullang, L. F., Huda, M. I., Baihaqi, M. A., Ramadhan, M. F., Firdaus, R. M., & Pebrianto, J. (2022). Pelatihan Penggunaan Dasar Microsoft Word Pada Siswa-Siswi MTS Hidayatul Umam Cinere. Abdi Jurnal Publikasi.
Indrawan, G. B., Sari, G. A. G. M., Putri, K. U. D., Handayani Putri, D. P., & Dewi, L. J. E. (2022). Pelatihan Dasar Penggunaan Aplikasi Microsoft Office Dan Paint Di Sekolah Dasar Negeri 1 Umeanyar. Jurnal Widya Laksana, 11(1), 76. https://doi.org/10.23887/jwl.v11i1.34066
Limbong, T., Rikki, A., & Rajagukguk, D. M. (2021). Pelatihan Office (Microsoft Word dan Microsoft Excel) untuk Anak-anak Panti Asuhan Yacan Kecamatan Namorambe Kabupaten Deli Serdang. Citra Abdimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–7. https://publisher.yccm.or.id/index.php/cab/article/view/11
Polonia, B. S. E., Helanianto., Yusuf., & Ruchiyat, A. (2021). Peningkatan Kompetensi Siswa SMK Negeri 2 Ketapang Jurusan Teknik Pemesinan Melalui Pelatihan Software Autocad. Abdimas Dewantara, 4(1), 76-82. https://doi.org/10.30738/ad.v4i1.8079.
Tella, F., Setyawan, M. R., Ermin, E., Faroek, D. A., Ahistasari, A., & Nurfitri, N. (2023). Pelatihan Microsoft Word pada Panti Asuhan Al-Amin Muhammadiyah (Putri) Kota Sorong. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 5(2), 368. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i2.25693
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).