Pendampingan Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar

Authors

  • Margaretha Lidya Sumarni Institut Shanti Bhuana, Bengkayang Regency, Kalimantan Barat, Indonesia
  • Siprianus Jewarut Institut Shanti Bhuana, Bengkayang Regency, Kalimantan Barat, Indonesia
  • Silvester Silvester Institut Shanti Bhuana, Bengkayang Regency, Kalimantan Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i2.37820

Keywords:

Pendampingan, Keterampilan 4C Abad 21, Pembelajaran di SD

Abstract

Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk dan memberikan ilmu baru dan menambah referensi dalam proses pembelajaran bagi para guru di Sekolah Dasar Negeri 13 Trans Rangkang. Pendampingan ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan sharing pengalaman dengan lima kali pertemuan. Materi sajian berupa keterampilan 4C abad 21, yaitu: keterampilan berpikir kritis (critical thinking) pada abad 21 dan implementasinya, keterampilan berpikir kreatif (creativity thinking) pada abad 21 dan implementasinya, keterampilan berkolaborasi (collaboration) pada abad 21 dan implementasinya, keterampilan berkomunikasi (communication) pada abad 21 dan implementasinya, serta evaluasi dan sharing mengenaim kegiatan yang sudah berlangsung. Kegiatan pelatihan ini diharapkan mampu memberikan ilmu baru bagi para guru di Sekolah Dasar Negeri 13 Trans Rangkang sehingga bisa diimplementasikan pada proses pembelajaran di kelas atau di luar kelas, dapat meningkatkan pemahaman guru di Sekolah Dasar Negeri 13 Trans Rangkang mengenai keterampilan-keterampilan yang terdapat pada keterampilan 4C abad 21, serta busa menjadi alternatif lain bagi para guru untuk menerapkan proses pembelajaran yang terintegrasi (aspek sikap, pengetahuan, dan psikomotor) pada peserta didik.

References

Agung, Leo, W. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Ombak.

Besse, S. (2021). Kemampuan Berkolaborasi dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa: Pengaplikasian Project Based Learning. Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH), Vol 4(No 1).

Lumbantobing, W. L., & Purnasari, P. D. (2021). Pengaruh Peran Orang Tua terhadap Motivasi dan Disiplin Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Selama Pandemi di Wilayah Perbatasan. Sebatik, 25(2), 555-561.

Mahanal, S. (2014). eran Guru dalam Melahirkan Generasi Emas dengan Keterampilan Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan HMPS Pendidikan Biologi FKIP Universitas Halu Oleo, Kendari.

Nestri Indah Wulandari. (2018). ). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Kemampuan Berkomunikasi Siswa. J. Pijar MIPA., Vol. XIII(No.1), 51–55.

Oviyanti, F. (2013). Tantangan Perkembangan Pendidikan Keguruan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam IAIN Raden Fatah Palembang, 7(2).

Siti Zubaidah, Mahanal, S. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa SMA. LP2M Universitas Negeri Malang

Downloads

Published

2024-01-11

Issue

Section

Articles