Sosialisasi Peraturan Daerah Kota Makassar Nomor 4 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Sampah di Kota Makassar

Authors

  • Sitti Sahara Syamel Universitas Handayani Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Jusman Jusman Universitas Handayani Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Abdul Mahsyar Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Abd Rahman Universitas Handayani Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Hermawati Mappiwali Universitas Handayani Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i2.37822

Keywords:

Sosialisasi, Peraturan Daerah, Pengelolaan Sampah

Abstract

Peraturan Daerah Kota Makassar Nomor 4 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Sampah di Kota Makassar adalah sebuah peraturan yang penting dalam upaya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di kota tersebut. Peraturan ini mencakup berbagai aspek terkait manajemen sampah, termasuk pengumpulan, pemilahan, pengolahan, dan pembuangan sampah. Dalam sosialisasi peraturan ini, pemerintah Kota Makassar bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang tata cara pengelolaan sampah yang benar sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Kegiatan Sosialisasi ini mencakup informasi tentang klasifikasi sampah, jadwal pengumpulan sampah, penggunaan tempat sampah yang sesuai, dan tata cara pembuangan yang aman bagi lingkungan. Selain itu, sosialisasi juga melibatkan peran aktif dari masyarakat, termasuk penghargaan terhadap upaya-upaya mereka dalam mendukung program pengelolaan sampah yang berkelanjutan. Dalam jangka panjang, implementasi peraturan ini diharapkan dapat mengurangi dampak negatif dari masalah sampah di Kota Makassar, seperti pencemaran lingkungan dan potensi kesehatan masyarakat. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang Peraturan Daerah Kota Makassar Nomor 4 Tahun 2011, diharapkan masyarakat akan berperan aktif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan kota, serta mendukung upaya pemerintah dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

References

Abdul Jalili. (2019). Efektivitas Pengolahan Sampah di Pulau Kodingareng Kec Sangkarang Kota Makassar ( Telaah atas Ketatanegaraan Islam ). UIN Alauddin Makassar.

Elly, P. K., Aniek, P., & Agoes, D. (2023). Sosialisasi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat Di Desa Tlahab Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga. Media Ganesha FHIS, 4(1), 42–50.

Hendra Yulia. (2016). Perbandingan Sistem Pengelolaan Sampah Di Indonesia Dan Korea Selatan : Kajian 5 Aspek Pengelolaan Sampah. Aspirasi, 7(1), 77–91.

Jumadi, Timang, N. Y., Rachman, T., & Paotonan Chairul. (2019). Analisa Kesadaran Masyarakat tentang Dampak Sampah Terhadap Pencemaran Pantai Losari. Sensite, 185–189.

Karim, R. (2019). Penerapan peraturan daerah no. 10 tahun 2017 tentang pengelolaan sampah di wilayah pesisir kabupaten sinjaI (Issue 10). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Mahyudin Puteri Rizqi. (2017). kajian Permasalahan Pengelolaan Sampah dan Dampak Lingkungan di TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Teknik Lingkungan, 3(1), 66–74.

Rizqi, M. P. (2014). Strategi Pengelolaan Sampah Berkelanjutan. EnviroScienteae, 10(1), 33–40.

Sahil, J., Henie, M., Al, I., Rohman, F., & Syamsuri, I. (2016). Sistem Pengelolaan dan Upaya Penanggulangan Sampah Di Kelurahan Dufa- Dufa Kota Ternate. BIOeduKASI, 4(2), 478–487.

Zulkarnain, M. F. (2017). Pelaksanaan Kemitraan Pemerintah Swasta dalam Pengelolaan Sampah di Kota Makassar. Universitas Hasanuddin Makassar.

Downloads

Published

2024-01-11

Issue

Section

Articles