Meningkatkan Kualitas Objek Wisata dengan Mengoptimalkan Media Sosial di Kampung Inofi
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i2.37823Keywords:
Kualitas, Objek Wisata, Media SosialAbstract
Pariwisata merupakan aspek penting dalam meningkatkan pendapatan daerah jika mampu dikelola dengan baik sehingga memberikan dampak positif kepada perekonomian masyarakat objek wisata di Kampung Inofi Kabupaten Biak Numfor memiliki potensi yang besar, namun belum sepenuhnya dimanfaatkan secara optimal. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas objek wisata adalah dengan mengoptimalkan media sosial, Media sosial telah menjadi alat yang sangat efektif dalam mempromosikan dan memperkenalkan destinasi wisata kepada masyarakat luas upaya meningkatkan kualitas objek wisata di Kampung Inofi dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi. rekomendasi yang diajukan dalam kegiatan Pengabdian ini antara lain adalah peningkatan aktivitas promosi melalui media sosial, pelatihan kepada masyarakat lokal tentang manajemen media sosial, serta kerjasama dengan pihak terkait untuk memaksimalkan penggunaan media sosial sebagai alat promosi wisata. Dengan mengoptimalkan media sosial, diharapkan kualitas objek wisata di Kampung Inofi dapat meningkat, jumlah pengunjung bertambah, dan kontribusi ekonomi masyarakat setempat meningkat pula.
References
Hasim, D. (2020). Peran Pemerintah dalam Pengembangan Objek Wisata Yendi Beach pada Kampung Yendidori Distrik Yendidori Kabupaten Biak Numfor. Sosio E-Kons, 12(02), 138. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v12i02.5124
Ismail, M. (2020). Strategi Pengembangan Pariwisata Provinsi Papua. Matra Pembaruan, 4(1), 59–69. https://doi.org/10.21787/mp.4.1.2020.59-69
Nurjanah, N. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Masyarakat Sadar Wisata Dalam Mempromosikan Potensi Wisata Baru. Medium, 6(2), 39–50. https://doi.org/10.25299/medium.2018.vol6(2).2412
Retnasary, M., Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 76–83. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/JIIP/article/view/130/85
Safitri, B. V., Maulida, N., & Miharja, D. L. (2021). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial dalam Mengembangkan Potensi Desa Wisata Organik pada Kelompok Sadar Wisata Desa Muncan-Lombok Tengah. Journal of Community Development & Empowerment, 2(3), 51–61. https://doi.org/10.29303/jcommdev.v2i3.19
Sofia, L. A., Hidayat, A. S., & Zain, M. A. (2020). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Wisata Pantai Asmara. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 5(2). https://doi.org/10.31602/jpaiuniska.v5i2.2814
Suci Ramadhani, B. (2022). Peran Pemuda dalam Pengembangan Wisata Pantai Lowita di Kabupaten Pinrang, Kasus: Pemanfaatan Media Sosial. TOBA (Journal of Tourism, Hospitality and Destination), 1(4), 169–174. https://doi.org/10.55123/toba.v1i4.1627
Wijaya, S. W. (2012). Media Sosial bagi Desa Wisata: Sebuah Kajian Konseptual. Jurnal Teknologi Media Teknika, 11(1), 55–59.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).