Meningkatkan Kualitas Objek Wisata dengan Mengoptimalkan Media Sosial di Kampung Inofi

Authors

  • Rijal Rijal Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Yapis Biak, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Indonesia
  • Krismiyati Krismiyati Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Yapis Biak, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Indonesia
  • Andy Sahat Sigalingging Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Yapis Biak, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Indonesia
  • Ayu Kurnia Utami Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Yapis Biak, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Indonesia
  • Samar Samar Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Yapis Biak, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i2.37823

Keywords:

Kualitas, Objek Wisata, Media Sosial

Abstract

Pariwisata merupakan aspek penting dalam meningkatkan pendapatan daerah jika mampu dikelola dengan baik sehingga memberikan dampak positif kepada perekonomian masyarakat objek wisata di Kampung Inofi Kabupaten Biak Numfor memiliki potensi yang besar, namun belum sepenuhnya dimanfaatkan secara optimal. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas objek wisata adalah dengan mengoptimalkan media sosial, Media sosial telah menjadi alat yang sangat efektif dalam mempromosikan dan memperkenalkan destinasi wisata kepada masyarakat luas upaya meningkatkan kualitas objek wisata di Kampung Inofi dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi. rekomendasi yang diajukan dalam kegiatan Pengabdian ini antara lain adalah peningkatan aktivitas promosi melalui media sosial, pelatihan kepada masyarakat lokal tentang manajemen media sosial, serta kerjasama dengan pihak terkait untuk memaksimalkan penggunaan media sosial sebagai alat promosi wisata. Dengan mengoptimalkan media sosial, diharapkan kualitas objek wisata di Kampung Inofi dapat meningkat, jumlah pengunjung bertambah, dan kontribusi ekonomi masyarakat setempat meningkat pula.

References

Hasim, D. (2020). Peran Pemerintah dalam Pengembangan Objek Wisata Yendi Beach pada Kampung Yendidori Distrik Yendidori Kabupaten Biak Numfor. Sosio E-Kons, 12(02), 138. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v12i02.5124

Ismail, M. (2020). Strategi Pengembangan Pariwisata Provinsi Papua. Matra Pembaruan, 4(1), 59–69. https://doi.org/10.21787/mp.4.1.2020.59-69

Nurjanah, N. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Masyarakat Sadar Wisata Dalam Mempromosikan Potensi Wisata Baru. Medium, 6(2), 39–50. https://doi.org/10.25299/medium.2018.vol6(2).2412

Retnasary, M., Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 76–83. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/JIIP/article/view/130/85

Safitri, B. V., Maulida, N., & Miharja, D. L. (2021). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial dalam Mengembangkan Potensi Desa Wisata Organik pada Kelompok Sadar Wisata Desa Muncan-Lombok Tengah. Journal of Community Development & Empowerment, 2(3), 51–61. https://doi.org/10.29303/jcommdev.v2i3.19

Sofia, L. A., Hidayat, A. S., & Zain, M. A. (2020). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Wisata Pantai Asmara. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 5(2). https://doi.org/10.31602/jpaiuniska.v5i2.2814

Suci Ramadhani, B. (2022). Peran Pemuda dalam Pengembangan Wisata Pantai Lowita di Kabupaten Pinrang, Kasus: Pemanfaatan Media Sosial. TOBA (Journal of Tourism, Hospitality and Destination), 1(4), 169–174. https://doi.org/10.55123/toba.v1i4.1627

Wijaya, S. W. (2012). Media Sosial bagi Desa Wisata: Sebuah Kajian Konseptual. Jurnal Teknologi Media Teknika, 11(1), 55–59.

Downloads

Published

2024-01-11

Issue

Section

Articles