Strategi Pemasaran bagi UMKM Kelompok Kerajinan Tas Tobek Kamor serta Pembuatan Izin Berusaha di Kampung Kamorfuar Distrik Samofa
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i2.37824Keywords:
Strategi Pemasaran, Kelompok Kerajinan, Tas Tobek KamorAbstract
Mengidentifikasi dan menganalisis strategi pemasaran yang dapat meningkatkan pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelompok Kerajinan Tas Tobek Kamor di Kampung Kamorfuar Distrik Samofa. Selain itu, kegiatan Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang prosedur pembuatan izin berusaha di wilayah tersebut. bahwa UMKM di Kampung Kamorfuar menghadapi berbagai tantangan dalam pemasaran produk mereka, termasuk keterbatasan akses pasar, promosi yang kurang efektif, dan kurangnya pengetahuan tentang teknik pemasaran yang baik. Oleh karena itu, strategi pemasaran dengan memanfaatkan platform media sosial untuk mempromosikan produk mereka secara online, dengan mengunggah gambar produk, testimoni pelanggan, dan informasi kontak dan membangun kemitraan dengan pengecer lokal untuk meningkatkan distribusi produk mereka di pasar lokal. Kemudian diharapkan kedepan memberikan pelatihan kepada anggota kelompok tentang strategi pemasaran yang efektif, penggunaan media sosial, dan teknik penjualan dengan menerapkan strategi pemasaran yang sesuai dan memahami prosedur perizinan usaha, diharapkan UMKM di Kampung Kamorfuar kedepannya agar dapat meningkatkan pendapatan mereka dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.
References
Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing. Ilmiah Manajemen, XII(1), 17–22.
Mashuri. (2019). Analisis strategi pemasaran umkm di era 4.0. Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 215–224.
Narto, & HM Basuki Gatot. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran Pudak di Tengah Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik. INTECH, 6(1), 48–54.
Sri, E., Gemi, R., Norbaiti, Jumirin, A., Rizky, N., Hardi, A. S., & Jamiati. (2023). Pelatihan Strategi Pemasaran Pelaku Usaha Kecil Kelompok Pengrajin Sasirangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan - Kalimantan Selatan. Bakti Banua, 3(May 2022), 35–40. https://doi.org/10.35130/bbjm.v3i1.307
Yohanes, S. D., & Suddin Alwi. (2018). Penyuluhan Tentang Peningkatan Strategi Pemasaran Dan Jiwa Kewirausahaan Pada Kelompok Perempuan Usaha Kecil Di Sukowati Kabupaten Sragen. Adiwidya, II(November), 78–84.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).