Strategi Pemasaran bagi UMKM Kelompok Kerajinan Tas Tobek Kamor serta Pembuatan Izin Berusaha di Kampung Kamorfuar Distrik Samofa

Authors

  • D. Rudolf Leiwakabessy Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Yapis Biak, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Indonesia
  • Andy Sahat Sigalingging Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Yapis Biak, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Indonesia
  • Sutrimono Sutrimono Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Yapis Biak, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Indonesia
  • Musdalifah Haz Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Yapis Biak, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Indonesia
  • Darlin Darlin Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Yapis Biak, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i2.37824

Keywords:

Strategi Pemasaran, Kelompok Kerajinan, Tas Tobek Kamor

Abstract

Mengidentifikasi dan menganalisis strategi pemasaran yang dapat meningkatkan pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelompok Kerajinan Tas Tobek Kamor di Kampung Kamorfuar Distrik Samofa. Selain itu, kegiatan Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang prosedur pembuatan izin berusaha di wilayah tersebut. bahwa UMKM di Kampung Kamorfuar menghadapi berbagai tantangan dalam pemasaran produk mereka, termasuk keterbatasan akses pasar, promosi yang kurang efektif, dan kurangnya pengetahuan tentang teknik pemasaran yang baik. Oleh karena itu, strategi pemasaran dengan memanfaatkan platform media sosial untuk mempromosikan produk mereka secara online, dengan mengunggah gambar produk, testimoni pelanggan, dan informasi kontak dan membangun kemitraan dengan pengecer lokal untuk meningkatkan distribusi produk mereka di pasar lokal. Kemudian diharapkan kedepan memberikan pelatihan kepada anggota kelompok tentang strategi pemasaran yang efektif, penggunaan media sosial, dan teknik penjualan dengan menerapkan strategi pemasaran yang sesuai dan memahami prosedur perizinan usaha, diharapkan UMKM di Kampung Kamorfuar kedepannya agar dapat meningkatkan pendapatan mereka dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

References

Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing. Ilmiah Manajemen, XII(1), 17–22.

Mashuri. (2019). Analisis strategi pemasaran umkm di era 4.0. Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 215–224.

Narto, & HM Basuki Gatot. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran Pudak di Tengah Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik. INTECH, 6(1), 48–54.

Sri, E., Gemi, R., Norbaiti, Jumirin, A., Rizky, N., Hardi, A. S., & Jamiati. (2023). Pelatihan Strategi Pemasaran Pelaku Usaha Kecil Kelompok Pengrajin Sasirangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan - Kalimantan Selatan. Bakti Banua, 3(May 2022), 35–40. https://doi.org/10.35130/bbjm.v3i1.307

Yohanes, S. D., & Suddin Alwi. (2018). Penyuluhan Tentang Peningkatan Strategi Pemasaran Dan Jiwa Kewirausahaan Pada Kelompok Perempuan Usaha Kecil Di Sukowati Kabupaten Sragen. Adiwidya, II(November), 78–84.

Downloads

Published

2024-01-11

Issue

Section

Articles