Edukasi Pembukuan Sederhana dengan Manual dan Aplikasi Buku Kas pada UMKM dan PKK

Authors

  • Aliza Utanti Universitas Muhammadiyah Pekajangan, Pekalongan, Indonesia
  • Ata Milatina Universitas Muhammadiyah Pekajangan, Pekalongan, Indonesia
  • Dhea Navira Universitas Muhammadiyah Pekajangan, Pekalongan, Indonesia
  • Fita Lusiana Universitas Muhammadiyah Pekajangan, Pekalongan, Indonesia
  • Agung Satriyo Wibowo Universitas Muhammadiyah Pekajangan, Pekalongan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i2.37825

Keywords:

KKN, UMKM, Pembukuan Sederhana, Buku Kas, Laporan Keuangan

Abstract

Kuliah Kerja Nyata merupakan kegiatan proses pembelajaran mahasiswa melalui pengabdian kepada masyarakat dengan berbagai bentuk program kerja yang bisa diterapkan atau relevan dengan keadaan masyarakat setempat. Pada kesempatan ini, KKN UMPP ke VIII menggunakan KKN Alternatif yang ditempatkan di Kauman, Desa Tunjungsari, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan. Salah satu permasalahan yang ditemukan adalah keadaan UMKM yang kurang memahami pentingnya pembukuan bahkan tidak menerapkan pembukuan transaksi tercatat pada usahanya. Pelaku UMKM ini masih beranggapan bahwa pembukuan itu tidak penting, yang penting adalah laku, habis, jualan kembali dan bisa memenuhi kebutuhan sehari-harinya tanpa memikirkan bagaimana cara mempertahankan usahanya. Sedangkan, dalam dunia wirausaha pembukuan adalah bagian vital dalam melakukan usaha, baik untuk mempertahankan usahanya untuk berkembang, melihat kerugian dan pendapatan yang jelas, dan mengetahui market pasar yang diminati produk atau jasa pada masa itu. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibuatlah kegiatan KKN yaitu program kerja penerapan pembukuan sederhana dengan manual serta aplikasi Buku Kas melalui sosialisasi UMKM dan PKK di Desa Tunjungsari, Siwalan. Dengan demikian, kami berharap pelaku UMKM dapat mengaplikasikan atau menerapkan pembukuan sederhana untuk mempertahankan dan mengembangkannya agar bisa memiliki relasi yang luas dan mempunyai laporan keuangan yang baik.

References

Administrasi Publik, J., no date, Kecamatan Blimbing, Kota Malang) Feni Dwi Anggraeni, Imam Hardjanto, Ainul Hayat, vol. 1, UMKM.

Aulia Febriyana Desi Nadya Aulena Rama Reksoprodjo, R.M., 2021, Edukasi Pembukuan Sederhana Menggunakan Aplikasi BukuKas Melalui Webinar Kepada UMKM di Desa Bojong Kulur.

Downloads

Published

2024-01-11

Issue

Section

Articles