Program Kampung Ramah Anak dan Perempuan di RW. 04 Kelurahan Kemayoran Kota Surabaya

Authors

  • Anang Subardjo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya, Indonesia
  • Yesa Cahayaning Ramadhani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i2.37826

Keywords:

Kampung Belajar, Kampung Sehat, Kampung Asuh, Kampung Aman, dan Kampung Kreatif – Produktif

Abstract

Surabaya adalah kota terbesar dan tertua di Indonesia, dengan total luas 330,45 km2 dan jumlah penduduk lebih dari 3 juta orang di malam hari dan lebih dari 5 juta orang di jam kerja. Pemerintah Kota Surabaya terus melakukan upaya-upaya demi terwujudnya kota ramah perempuan dan anak serta berkomitmen mewujudkan dan mempertahankan predikat Kota Layak Anak (KLA) selama lima kali berturut-turut, antara lain dengan menjalankan program Kampung Arek Suroboyo Ramah Perempuan dan Anak. Dengan indikator tambahan terkait pemberdayaan perempuan, perlu dilakukan pengembangan dan pembinaan untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam bersinergi membangun kota yang ramah perempuan dan anak. Dalam program KAS-RPA ini terdapat beberapa kategori kampung antara lain kategori Kampung Belajar, Kampung Sehat, Kampung Asuh, Kampung Aman, dan Kampung Kreatif - Produktif.

References

Cahya Ningrum, A., Aulia Sari, N., Fajar Maulana, I., & Puspaningtyas, A. (2023). Pembuatan Taman Baca Ramah Anak Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Pada Anak-Anak Desa Bejijong Kabupaten Mojokerto. Jurnal Pengabdian Nasional, 03(02), 23–33.

Cesarini, S. A., & Priyanto, A. (2020). Analisis Masalah Implementasi Program Kampung Ramah Anak di Badran Rw 09, Kelurahan Bumijo, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta dalam Pemenuhan Hak Anak. Jurnal Pendidikan Kewaraganegaraan Dan Hukum, 9(4), 389–400.

Fitriya, S., Hidayat, R., & Rizki, M. F. (2021). Implementasi Kota Layak Anak Melalui Program Sekolah Ramah Anak (SRA) di Kota Bekasi. Jurnal Kajian Ilmiah, 21(4), 377–390. https://doi.org/10.31599/jki.v21i4.760

Irman Syarif, E. (2020). Pengadaan Taman Baca Dan Perpustakaan Keliling Sebagai Solusi Cerdas Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SDN 30 Parombean Kecamatan Curio. Maspul Journal of Community Empowerment, 1(1), 109–117.

Rusmiyati, C., & Hikmawati, E. (2018). Implementasi Program Kampung Ramah Anak: dari Kampung Hitam Menuju Layak Anak. Jurnal Pelayanan Kesejahteraan Sosial, 17(2), 165–178.

Downloads

Published

2024-01-11

Issue

Section

Articles