Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Melalui Joyful Learning pada Usia Sekolah Dasar

Authors

  • Winda Lidia Lumbantobing Institut Shanti Bhuana, Kalimantan Barat, Indonesia
  • Yeremia Niaga Atlantika Institut Shanti Bhuana, Kalimantan Barat, Indonesia
  • Siprianus Jewarut Institut Shanti Bhuana, Kalimantan Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i2.37916

Keywords:

Bimbingan Belajar, Bahasa Inggris, Joyful Learning

Abstract

Peningkatan Sumber Daya Manusia di era digitalilasi sangat diperlukan terutama di wilayah perbatasan. Peningkatan SDM dapat dilakukan sejak dini. Salah satunya dapat digerakkan melalui bidang pendidikan. Di era perkembangan IPTEK yang pesat ini, pendidikan mendorong setiap individu menguasai bahasa asing, dalam hal ini yakni bahasa internasional yakni bahasa Inggris yang diterapkan melalui pembelajaran di kelas. Namun, berdasarkan diskusi yang dilakukan bersama dengan pihak sekolah SD Negeri 1 Bengkayang, baik kepala sekolah dan guru ditemukan bahwa pembelajaran bahasa Inggris atau pun pembelajaran yang menggunakan bahasa Inggris tidak diterapkan di kelas. Hal tersebut terjadi dikarenakan ketidakadaan SDM yang menguasai bahasa Inggris yang mampu menerapkannya di kelas. Oleh sebab itu, mencermati permasalahan yang dihadapi mitra, maka program pengabdian kepada masyarakat yang diterapkan berfokus pada bimbingan belajar bahasa Inggris kepada peserta didik sekolah dasar melalui joyfull learning. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tahap diskusi, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi dengan menggunakan analisis secara tematik pada setiap notulensi di lapangan. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa peserta didik di Sekolah Dasar di wilayah perbatasan dapat memiliki kontribusi yang besar dalam peningkatan SDM melalui ketertarikan dan peningkatan penguasaan bahasa asing yakni bahasa Inggris. Berdasarkan hasil evaluasi juga ditemukan bahwa peserta didik SD Negeri 1 Bengkayang mengalami peningkatan kesadaran, keingintahuan dan antusias belajar bahasa Inggris serta peningkatan pemahaman berbahasa Inggris melalui Joyful Learning.

References

Hastuti, N., & Roviati, E. (2020). Pendampingan belajar pengenalan bahasa inggris menyenangkan dari rumah di masa pandemi covid 19. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 1–9.

Lumbantobing, W. L., & Sadewo, Y. D. (2022). Menumbuhkan Minat Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Sekolah Dasar di Daerah Perbatasan Kalimantan Barat. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri, 4(2), 218–225.

Maili, S. N., & Hestiningsih, W. (2016). Masalah-Masalah Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar. 11(2), 54–62.

Pišlar, Betka. et. al. (2009). Five Elements of Teaching English to Young Learners: An Example from Little Red Riding Hood. MEXTESOL Journal, Volume 33, No.1, 2009. Retrieved from http://www.mextesol.net/journal/

Singh, S. (2014). Creating a Joyful LearningEnvirontment at Primary Level.

Shaikshik Parisamvad (An International Journal of Education). 4(1), 10.

Waterworth, P. G. (2020). Creating Joyful Learning within a Democratic Classroom. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education, 3(2), 109–116.

Wei C.W et al. (2011). A Joyful Classroom Learning System with Robot Learning Companion for Children to Learn Mathematics Multiplication. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technolog, volume 10 Issue 2.

Downloads

Published

2024-01-15

Issue

Section

Articles