Pelatihan (Short Course) Kemampuan Public Speaking Siswa SMA Negeri 1 Tayan Hilir Kabupaten Sanggau

Authors

  • Syarifah Novieyana Politeknik Negeri Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
  • Evi Sofiana Politeknik Negeri Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
  • Marsela Diaz Politeknik Negeri Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
  • Liliyana Liliyana Politeknik Negeri Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
  • Utin Nina Hermina Politeknik Negeri Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
  • Sunarsih Sunarsih Politeknik Negeri Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
  • Desvira Zain Politeknik Negeri Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
  • Sri Syabanita Elida Politeknik Negeri Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i2.37920

Keywords:

Kemampuan, Public Speaking, Master Of Ceremony

Abstract

SMAN 1 Tayan Hilir Kabupaten Sanggau memiliki 2 jurusan yaitu jurusan IPA dan IPS dengan jumlah siswa sebanyak 637 siswa. SMAN 1 Tayan Hilir ini adalah satu-satunya sekolah menengah atas yang ada di Kecamatan Tayan Hilir. Sekkolah ini sering mengadakan kegiatan yang melibatkan pihak internal dan eksternal sekolah. Pada momen pembukaan acara-acara tersebut tentu saja dibutuhkan seorang MC yang mampu memandu acara dengan baik dan benar. Sekolah bisa memanfaatkan kemampuan dan keterampilan siswa-siswanya yang memiliki kemampuan public speaking yang bagus. Namun faktanya belum semua siswa memiliki kemampuan tersebut. Ada beberapa alasan yang menyebabkan siswa belum memiliki kualitas yang bagus dalam aktivitas public speaking-nya antara lain keterampilan komunikasi dan kepercayaan diri yang masih rendah. Kegiatan PKM ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada siswa SMAN 1 Tayan Hilir Kabupaten Sanggau tentang keterampilan dalam public speaking khususnya keterampilan dalam master of ceremony dan memberikan pelatihan singkat bagi siswa SMAN 1 Tayan Hilir Kabupaten Sanggau untuk menjadi seorang master of ceremony tahap pemula. Kegiatan PKM ini akan dilaksanakan dengan tahapan analisis kondisi dan permasalahan yang dihadapi mitra,pelatihan di lokasi PKM dan pembuatan laporan. Dari hasil penyebaran kuesioner diketahui bahwa 100 % peserta tertarik akan materi public speaking dan 100% juga peserta mengatakan bahwa pelatihan public speaking ini bermanfaat bagi mereka. Disamping itu sebanyak 79,3 % peserta ingin terus mengembangkan kemampuan public speaking mereka setelah selesai pelatihan. Luaran target yang ingin dicapai dalam PKM ini adalah artikel di media massa dan publikasi di Jurnal nasional PKM.

References

Barbara, Angelis, 2003, Percaya Diri, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama

Khoriroh, Nahar, 2008, Pengaruh kepercayaan diri dan Keterampilan Berkomunikasi Terhadap Kemampuan Public Speaking Mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi UNY

Nugrahani, Dyah dkk, 2008, Peningkatan Kemampuan Public Speaking Melalui Metode Pelatihan Anggota Forum Komunikasi Remaja Islam.

Tarmizi, Huzair, 2008, Bimbingan Praktis Menjadi Pembawa Acara (MC) Master of Ceremony, Jakarta, Cerdas Training Center.

Downloads

Published

2024-01-15

Issue

Section

Articles