Pelatihan Pencatatan Keuangan dan Pelaporan SPT Tahunan bagi UMKM Ciketingudik

Authors

  • Sindik Widati Universitas Pelita Bangsa, Cikarang, Bekasi, Indonesia
  • Neng Asiah Universitas Pelita Bangsa, Cikarang, Bekasi, Indonesia
  • Hurian Kamela Universitas Pelita Bangsa, Cikarang, Bekasi, Indonesia
  • Maulina Dyah Permatasari Universitas Pelita Bangsa, Cikarang, Bekasi, Indonesia
  • Lisa Kustina Universitas Pelita Bangsa, Cikarang, Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i2.37935

Keywords:

Pelatihan, Pembukuan, SPT Tahunan

Abstract

UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) memiliki peran yang penting dalam perekonomian global dan lokal. Untuk mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan UMKM, diperlukan keterampilan keuangan dan pemahaman yang kuat dalam hal pencatatan keuangan dan pelaporan pajak. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan UMKM dalam mengelola keuangan dan memenuhi kewajiban pajak mereka. Kegiatan PKM meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Pelaksanaan kegiatan meliputi pemaparam materi pencatatan keuangan dan pelaporan SPT tahunan, serta praktik penyusunan laporan keuangan dan laporan SPT tahunan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa dari total peserta yang mengikuti kegiatan sebanyak 90% mampu melakukan pencatatan keuangan, sedangkan untuk laporan SPT tahunan hanya 30% saja yang mampu. Hal tersebut dikarekan kendala dalam penguasaan teknologi, dikarenakan pelaporan SPT menggunakan aplikasi e-filling atau secara online. Secara keseluruhan hasil kegiatan diharapkan akan memberikan wawasan yang berharga dalam meningkatkan keterampilan keuangan UMKM dan kemampuan mereka untuk memenuhi kewajiban perpajakan. Selain itu, kegiatan ini juga dapat memberikan kontribusi pada upaya pemerintah dan lembaga non-pemerintah dalam mendukung pengembangan UMKM dan memfasilitasi pelaporan pajak yang benar. Dalam jangka panjang, kegiatan ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan UMKM serta kontribusi positif terhadap ekonomi lokal.

References

Nurastuti, P., Dasman, S., Yahya, A., & Wirjawan, T. W. (2022). Pendampingan Implementasi Manajerial dan Aplikasi Akuntansi UMKM Pada Komunitas UMKM BEKEN di Kabupaten Bekasi. IKRAITH-ABDIMAS, 5(3), 79–82.

Nurjanah, R., Surhayani, S., & Asiah, N. (2022). Faktor Demografi, Literasi Keuangan, Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Pada UMKM Di Kabupaten Bekasi. Jurnal Akuntansi Bisnis Pelita Bangsa, 7(1), 1–12.

Putri, A. A., & Thoriq, A. M. (2022). Pelatihan Pencatatan Keuangan Pada UMKM Menggunakan Aplikasi Akuntansi UKM. Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1–5.

Sulistyowati, Y. (2017). Pencatatan Pelaporan Keuangan Umkm (Study Kasus Di Kota Malang). Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 5(2), 49. https://doi.org/10.33366/ref.v5i2.831

Widati, S., Maulana, A., & Hidayat, T. (2022). Penagihan Pajak, Pemeriksaan Pajak Dan Kepatuhan Wajib Pajakterhadap Penerimaan Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi(Studi Empiris Pada WPOP Di KPP Pratama Cianjur). Akuntansi Bisnis Pelita Bangsa, 7(2), 113–125.

Wulandari, D. S., Oktaviano, B., Purba, J., & ... (2022). Penyuluhan Dan Pendampingan Pengisian Spt Op Bagi Karyawan Pt. Astra Honda Motor Cikarang. Jurnal Pengabdian Pelitabangsa, 3(1), 1–10. https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/jabmas/article/view/1432

Yahya, A., Affandy, A., & Narimawati, U. (2020). Pengembangan UMKM Melalui Pemanfaatan Model Layanan Fintech Syariah Ammana.id. Is The Best Accounting Information Systems and Information Technology Business Enterprise This Is Link for OJS Us, 5(2), 106–120. https://doi.org/10.34010/aisthebest.v5i2.3049

Yahya, A., Kosim, M., Achmad, L. I., & Amrulloh, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Pengelolaan Keuangan Keluarga melalui Pelatihan Keuangan Keluarga pada Majelis Taklim Kaum Ibu. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 228–234.

Yahya, A., Wulandari, S., Nurjanah, R., & Nugroho, A. T. (2021). Bimbingan Teknis Pembuatan Proposal Kredit Dan Laporan Keuangan Umkm Beken Kabupaten Bekasi. 200(October), 570–576.

Zakiyyah, A. M. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pencatatan Keuangan di UMKM Rindu.Id di Kabupaten Jember. Journal of Community Development, 1(2), 36–40. https://doi.org/10.47134/comdev.v1i2.9.

Downloads

Published

2024-01-15

Issue

Section

Articles