Penerapan Technopreneurship dalam Pengembangan Produk dan Digital Marketing pada CV. Akhtar Multindo (Rumah Madu Indonesia/RMI) di Kabupaten Bandung Barat

Authors

  • Heri Erlangga Universitas Pasundan, Bandung, Indonesia
  • Ida Hindarsa Universitas Pasundan, Bandung, Indonesia
  • M. Cahya Universitas Pasundan, Bandung, Indonesia
  • Azzahra Silvi Dwi Anjani Universitas Pasundan, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i2.37936

Keywords:

Technopreneurship, Pengembangan Produk Dan Digital Marketing

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah cara hidup manusia dalam era 4.0, terutama dalam pengelolaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). UKM perlu fokus pada pelatihan, pengembangan SDM, dan motivasi untuk menghadapi perubahan. Pengembangan SDM bukan hanya alat produksi, tetapi juga mengadopsi teknologi. Meskipun UKM berkembang pesat, pandemi Covid-19 mengganggu banyak pelaku usaha, terutama di sektor makanan, minuman herbal, fashion, dan kerajinan tangan di Kabupaten Bandung Barat. Mereka menghadapi masalah seperti keterbatasan teknologi dan kebutuhan pelatihan digital marketing. Pengabdian Kepada Masyarakat bertujuan memberikan peralatan teknologi dan pelatihan digital marketing kepada pelaku UKM. Dengan peralatan yang lebih canggih, pengembangan produk dapat ditingkatkan, dan pelatihan membantu mereka mempromosikan produk secara efektif. Metode yang digunakan mencakup observasi, wawancara, dan pelatihan. Hal ini diharapkan dapat membantu pelaku UKM di Kabupaten Bandung Barat mengatasi dampak pandemi dan beradaptasi dengan era digital saat ini.

References

Affandi, A., Sarwani, A. S., Erlangga, H., Siagian, A. O., Purwanto, A., Effendy, A. A., & Juhaeri, G. (2020). Optimization of MSMEs empowerment in facing competition in the global market during the COVID-19 pandemic time. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(11), 1506-1515.

Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.

Kumala, D., & Hidayat, T. (2022). Pelatihan UMKM Berbasis Online di Kantor Pemerintahan Desa Lambangsari Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Jurnal Peradaban Masyarakat, 2(1), 15-19.

Kumala, D., El Hasan, S. S., Mardius, T. A., Sari, P. P., Toyib, M. I., & Supriatal, S. (2022). Pelatihan Digital Marketing pada Unit Produksi di SMK Bina Mandiri Multimedia. Jurnal Abdi Masyarakat Ilmu Pemerintahan (JAMIN), 1(2), 53-63.

Sarwandianto, A., Ariyani, L., & Susano, A. (2022). Sosialisasi Pintar dalam Belanja Online di Marketplace pada RT. 12, RW. 14, Kelurahan Tugu. Kapas: Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat, 1(2).

Wahyuni, I. I., Khoiruddin, M. A., Ardi, B. S. M., Putri, I. F. M., Ananda, Y. F., Pratama, G. W., ... & Santoso, A. (2022). Implementasi Digital Marketing dalam Peningkatan Kredibilitas dan Kapabilitas Usaha Jasa Pemberantas Hama. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 150-153.

Downloads

Published

2024-01-15

Issue

Section

Articles