Penerapan Technopreneurship dalam Pengembangan Produk dan Digital Marketing pada CV. Akhtar Multindo (Rumah Madu Indonesia/RMI) di Kabupaten Bandung Barat
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i2.37936Keywords:
Technopreneurship, Pengembangan Produk Dan Digital MarketingAbstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah cara hidup manusia dalam era 4.0, terutama dalam pengelolaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). UKM perlu fokus pada pelatihan, pengembangan SDM, dan motivasi untuk menghadapi perubahan. Pengembangan SDM bukan hanya alat produksi, tetapi juga mengadopsi teknologi. Meskipun UKM berkembang pesat, pandemi Covid-19 mengganggu banyak pelaku usaha, terutama di sektor makanan, minuman herbal, fashion, dan kerajinan tangan di Kabupaten Bandung Barat. Mereka menghadapi masalah seperti keterbatasan teknologi dan kebutuhan pelatihan digital marketing. Pengabdian Kepada Masyarakat bertujuan memberikan peralatan teknologi dan pelatihan digital marketing kepada pelaku UKM. Dengan peralatan yang lebih canggih, pengembangan produk dapat ditingkatkan, dan pelatihan membantu mereka mempromosikan produk secara efektif. Metode yang digunakan mencakup observasi, wawancara, dan pelatihan. Hal ini diharapkan dapat membantu pelaku UKM di Kabupaten Bandung Barat mengatasi dampak pandemi dan beradaptasi dengan era digital saat ini.
References
Affandi, A., Sarwani, A. S., Erlangga, H., Siagian, A. O., Purwanto, A., Effendy, A. A., & Juhaeri, G. (2020). Optimization of MSMEs empowerment in facing competition in the global market during the COVID-19 pandemic time. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(11), 1506-1515.
Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.
Kumala, D., & Hidayat, T. (2022). Pelatihan UMKM Berbasis Online di Kantor Pemerintahan Desa Lambangsari Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Jurnal Peradaban Masyarakat, 2(1), 15-19.
Kumala, D., El Hasan, S. S., Mardius, T. A., Sari, P. P., Toyib, M. I., & Supriatal, S. (2022). Pelatihan Digital Marketing pada Unit Produksi di SMK Bina Mandiri Multimedia. Jurnal Abdi Masyarakat Ilmu Pemerintahan (JAMIN), 1(2), 53-63.
Sarwandianto, A., Ariyani, L., & Susano, A. (2022). Sosialisasi Pintar dalam Belanja Online di Marketplace pada RT. 12, RW. 14, Kelurahan Tugu. Kapas: Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat, 1(2).
Wahyuni, I. I., Khoiruddin, M. A., Ardi, B. S. M., Putri, I. F. M., Ananda, Y. F., Pratama, G. W., ... & Santoso, A. (2022). Implementasi Digital Marketing dalam Peningkatan Kredibilitas dan Kapabilitas Usaha Jasa Pemberantas Hama. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 150-153.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).