Pendampingan Peningkatan Kapasitas Aparatur Kec. Nagrak Kab. Subang dalam Kehumasan Melalui Sosialisasi Aturan Standar Kompetensi Wartawan dan Standar Perusahaan Pers Terverifikasi Dewan Pers di Kota Bandung

Authors

  • Amin Amin Universitas Pasundan, Bandung, Indonesia
  • Erwin Kustiman Universitas Pasundan, Bandung, Indonesia
  • Kamelia Fazar Rosaeni Universitas Pasundan, Bandung, Indonesia
  • Filyar Rahmi Tausiyah Universitas Pasundan, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i2.37937

Keywords:

Standar Kompetensi Wartawan, Standar Perusahaan Pers, Humas

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Aparatur Kec. Nagrak Kab, Subang, khususnya yang diberikan tugas kehumasan, terkait regulasi Standar Kompetensi Wartawan dan Standar Perusahaan Pers.Kecamatan Nagrak ujung tombak penyangga pariwisata seharusnya memiliki aparatur humas yang punya kemampuan menyampaikan informasi yang baik yang perlu disamapaikan kepada para wartawan dalam rangka promosi dan publikasi potensi daerahnya terutama potensi pariwisata yang menjadi penyangga penting pemberdayaan potensi daerahnya. Pariwisata seperti Ciater telah menjadi pusat destinasi wisatawan local yang paling diminati sampai sekarang yang tentunya mempengaruhi terhadap pendapatan daerah dan peningkatan ekonomi masyarakat . Maka, banyak pihak yang kemudian punya kepentingan terhadap potensi alam tersebut untuk dijadikan senjata atau modal kekuatan ekonomi daerahnya. Adapun masalah yang dimiliki oleh mitra adalah mitra belum memahami aturan terkait regulasi Standar Kompetensi Wartawan dan Standar Perusahaan Pers. Padahal dalam menjalankan aktivitasnya, mitra kerap berhubungan dan berkomunikasi dengan insan pers dan media. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode pendekatan kontekstual yaitu memberikan materi teori terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan pengarahan dan pendampingan mitra dalam membuat materi penyuluhan, dan praktik. Lalu dilanjutkan dengan metode fasilitasi dalam membuat konten yang berisi materi penyuluhan, informasi, dan edukasi baik berupa tulisan maupun video melalui media sosial.

References

Ardianto, Elvinaro. 2011. Handbook of Public Relation. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.

Arsjad, Maidar.G dan U.S., Mukti. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Deddy, Mulyana. 2005. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Dewan Pers (2017, Februari). Etika Menjaga dan Melindungi Kemerdekaan Pers. Berita Dewan Pers. Jakarta: Dewan Pers.

Effendy, Onong. 2002. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung: Citra AdityaBakti.

Kusumaningrat, Hikmat & Purnama Kusumaningrat. (2012). Jurnalistik Teori dan Praktek.Bandung: Remaja Rosdakarya

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Oetama, J. (2001). Pers Indonesia Berkomunikasi dalam Masyarakat Tidak Tulus. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Priyambodo, R.H. & Prawitasari, I. (2015). Buku Saku Wartawan. Jakarta: Lembaga Pers Dr. Soetomo.

Romli, A. S. (2012). Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online.Bandung: Nuansa Cendikia.

Sukardi, W. A. (2010). Standar Kompetensi Wartawan. Jakarta: Dewan Pers.

West, Richard dan Lynn H. Turner. (2008.). Teori Komunikasi; Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Downloads

Published

2024-01-15

Issue

Section

Articles