Marketing Induction: Eksplorasi Pencapaian Terbaru dan Perkembangan untuk UMKM
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i2.37938Keywords:
Pemasaran, Industri Kecil Rumah Tangga, UMKMAbstract
Kegiatan ini difokuskan pada Industri Kecil Rumah Tangga (IKRT) yaitu IKRT Family Care Plus, produsen cairan pembersih ramah lingkungan di Tangerang. Tantangan pemasaran yang dihadapi IKRT/UMKM, seperti kurangnya pemahaman untuk beradabtasi pada pemasaran digital, sumber daya terbatas, persaingan pasar, dan perkembangan teknologi, serta partnership. Solusi diajukan melalui kemitraan dengan perguruan tinggi, di mana UNDIRA memberikan dukungan pendampingan pemasaran dan serta terkait tata Kelola lain serta penerapan iptek dalam produksinya. Strategi pemasaran antara lain: rebranding, redesign kemasan, pengembangan pemasaran digital, pembuatan situs web, media sosial, dan onboard di marketplace. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kemitraan ini mempercepat pemasaran produk IKRT Family Care Plus. Rekomendasi untuk kegiatan serupa, melibatkan pemilihan mitra yang tepat, studi kelayakan, perencanaan matang, implementasi efektif, penyusunan perjanjian kerja sama, dan evaluasi berkala. Pendanaan berasal dari Hibah DIKTI melalui Program Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan 2023.
References
Adel, H. M., Mahrous, A. A., & Hammad, R. (2020). Entrepreneurial marketing strategy, institutional environment, and business performance of SMEs in Egypt. Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies, 12(5), 727-746.
Arman, A., Sawitri, N. N., & Saefuddin, A. (2023). Ketahanan Ekonomi Nasional Masa dan Pasca Covid-19 Melalui Penguatan UMKM Indonesia. e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 10(2), 87-97.
Evans, D., Bratton, S., & McKee, J. (2021). Social media marketing. AG Printing & Publishing.
Fauzi, R. U. A., Kadi, D. C. A., Ernanda, G. K. S., Triwidya, P., & Adhelia, S. (2021). Keefektifan Peran Digital Marketing Melalui Media Sosial Dalam Proses Pemasaran Produk Galeri UMKM Ekawira, Kare Madiun. Indonesia Berdaya, 2(1), 21-30.
Hutto, C. J., & Gilbert, E. (2014). VADER: A Parsimonious Rule-Based Model for Sentiment Analysis of Social Media Text. International Conference on Web and Social Media.
Ibrahim Daud, D. N., Mohyi, A., Ambarwati, T., Cahyono, Y., Haryoko, A. E., Handoko, A. L., Putra, R. S., Wijoyo, H., Ari-yanto, A., & Jihadi, M. (2022). The effect of digital marketing, digital finance and digital payment on finance performance of Indonesian SMEs. International Journal of Data and Network Science.
Karyawan, I. D. M. A., Suteja, I. W., Mahendra, M., Yuniarti, R., Widianty, D., Yasa, I. W., ... & Salsabila, F. F. (2023). Pengembangan UMKM Desa Sapit Melalui Optimalisasi Pemasaran Digital dan Legalitas Usaha. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(3), 735-742.
Malesev, S., & Cherry, M. (2021). Digital and social media marketing-growing market share for construction SMEs. Construction Economics and Building, 21(1), 65-82.
Moorman, C., Zaltman, G., & Deshpandé, R. (1992). Relationships between Providers and Users of Market Research: The Dynamics of Trust within and between Organizations. Journal of Marketing Research, 29, 314–328.
Rudawska, E. (2019). Sustainable marketing strategy in food and drink industry: a comparative analysis of B2B and B2C SMEs operating in Europe. Journal of Business & Industrial Marketing, 34(4), 875-890.
Salam, S., & Hoque, A. S. M. M. (2019). The role of social media and effect of relationship marketing on SME performance in Bangladesh: Multi-group CFA. Asian People Journal (APJ), 2(1), 12-31.
Sanny, L., Arina, A., Maulidya, R., & Pertiwi, R. (2020). Purchase intention on Indonesia male’s skin care by social media marketing effect towards brand image and brand trust. Management Science Letters, 10(10), 2139-2146.
Sugandini, D., Susilowati, C., Siswanti, Y., & Syafri, W. (2020). Green supply management and green marketing strategy on green purchase intention: SMEs cases. Journal of Industrial Engineering and Management (JIEM), 13(1), 79-92.
Sun, Y., & Wang, S. (2020). Understanding consumers’ intentions to purchase green products in the social media marketing context. Asia pacific journal of marketing and logistics, 32(4), 860-878.
Watini, S., Latifah, H., Rudianto, D., & Santoso, N. A. (2022). Adaptation of Digital Marketing of Coffee MSME Products to Digital Transformation in the Era of the Covid-19 Pandemic. Startupreneur Business Digital (SABDA Journal).
Wibowo, A., Chen, S. C., Wiangin, U., Ma, Y., & Ruangkanjanases, A. (2020). Customer behavior as an outcome of social media marketing: The role of social media marketing activity and customer experience. Sustainability, 13(1), 189.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).