Upaya Peningkatan Kompetensi Kaum Ibu Melalui Pelatihan Perencanaan Keuangan Rumah Tangga

Authors

  • Taufik Hidayat Program Studi Akuntansi, Universitas Pelita Bangsa, Bekasi, Indonesia
  • Adibah Yahya Program Studi Akuntansi, Universitas Pelita Bangsa, Bekasi, Indonesia
  • Junedi Junedi Program Studi Akuntansi, Universitas Pelita Bangsa, Bekasi, Indonesia
  • Lisa Molinasari Program Studi Akuntansi, Universitas Pelita Bangsa, Bekasi, Indonesia
  • Winda Aprila Monikawati Program Studi Akuntansi, Universitas Pelita Bangsa, Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i2.37939

Keywords:

Perencanaan, Keuangan, Rumah Tangga

Abstract

Pelatihan perencanaan keuangan rumah tangga bagi Majelis Ta'lim Kaum Ibu Al Barokah bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam mengelola keuangan rumah tangga. Majelis Ta'lim Kaum Ibu Al Barokah adalah sebuah komunitas yang terdiri dari ibu-ibu yang aktif dalam kegiatan sosial dan keagamaan. Program pelatihan ini dirancang untuk membantu para ibu anggota majelis Ta'lim memahami pentingnya perencanaan keuangan, pengelolaan anggaran, investasi, serta bagaimana membangun keuangan yang sehat. Pelatihan ini mencakup berbagai topik penting, seperti pemahaman dasar tentang pengelolaan uang, menyusun anggaran rumah tangga, mengelola utang, investasi yang cerdas, dan perencanaan untuk masa depan. Selain itu, peserta juga akan belajar bagaimana membangun tujuan keuangan yang realistis, memprioritaskan pengeluaran, dan mengelola risiko keuangan. Metode pelatihan yang digunakan mencakup ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan sesi tanya jawab. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa kaum ibu yang tergabung dalam Mejelis Taklim Al Barokah sangat antusias dalam mengikuti seluruh kegiata. Hasil dari latihan mandiri yang diberikan menunjukkan tingkat pemahaman peserta sebesar 80% dari keseluruhan latihan yang diberikan.

References

Dalimunthe, S., Mardiyati, U., Handarini, D., & Safitri, N. (2022). Upaya Peningkatan Kesejahteraan Keluarga melalui Pelatihan Perencanaan Keuangan. PROGRESIF: Jurnal Pengabdian Komunitas Pendidikan, 2(2), 30–36. https://doi.org/10.36406/progresif.v2i2.683

Mardiani, I. N., & Yahya, A. (2021). Stik Ikan Patin: Wujud Ekonomi Kreatif Ibu Rumah Tangga Desa Jatibaru Cikarang. Jurnal Abdimas Pelita …, 2(02), 1–8.

Marsudi, M., & Robbie, R. I. (2020). Pelatihan Perencanaan Keuangan Dan Pembukuan Sederhana Pada Ibu Rumah Tangga Di Desa Pendem Kecamatan Junrejo Kota Batu. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 22. https://doi.org/10.30997/qh.v6i1.1951

Mulyanti, D., & Nurdin, S. (2022). Pelatihan Perencanaan Keuangan Rumah Tangga Sederhana pada PKK Desa Sambirejo, Geger, Madiun. Indonesian Journal of …, 1(2), 1–15.

Rotikan, M. A. A., & Palupi, A. (2022). Pelatihan Perencanaan Keuangan Keluarga Sebagai Strategi Ketahanan Ekonomi Keluarga. Suluh: Jurnal ABdimas, 4(1), 1–7.

Yahya, A., Kosim, M., Achmad, L. I., & Amrulloh, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Pengelolaan Keuangan Keluarga melalui Pelatihan Keuangan Keluarga pada Majelis Taklim Kaum Ibu Al-Barokah Tambun Selatan. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 228–234. https://doi.org/10.31334/jks.v5i2.2032.

Downloads

Published

2024-01-15

Issue

Section

Articles