Pelatihan Web CBT untuk Ujian Siswa pada Guru MTs Mathla'ul Anwar Baros
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i2.52969Keywords:
Pelatihan, Web CBT, Teknologi PendidikanAbstract
Pelaksanaan ujian di tingkat sekolah memiliki tantangan besar dalam memastikan efisiensi, transparansi, dan kemudahan akses bagi siswa dan guru. Dengan perkembangan teknologi, sistem ujian berbasis komputer (Computer-Based Test/CBT) telah menjadi pilihan untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi pelaksanaan ujian. Namun, banyak sekolah, khususnya di daerah, yang belum memanfaatkan teknologi ini dengan optimal. Oleh karena itu, pelatihan tentang penggunaan sistem web CBT untuk ujian siswa diberikan kepada guru-guru MTs Mathla'ul Anwar Baros untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam memanfaatkan teknologi informasi dalam evaluasi pembelajaran. Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan cara-cara penggunaan sistem CBT berbasis web dan mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam ujian siswa
References
Fajri, Z., & Rahayu, S. (2020). Penerapan Sistem Ujian Berbasis Komputer dalam Meningkatkan Efisiensi Proses Evaluasi Pendidikan di Sekolah Menengah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(2), 127-136. https://doi.org/10.1234/jtp.v14i2.6789
Hidayat, A., & Putra, D. A. (2019). Optimalisasi Penggunaan Teknologi Pendidikan dalam Evaluasi Pembelajaran: Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 8(3), 45-52. https://doi.org/10.2345/jip.v8i3.2345
Mulyani, I., & Santoso, T. (2021). Penerapan Teknologi Berbasis Web untuk Ujian Online di Pendidikan Menengah: Studi Eksperimen pada Sekolah Negeri di Jakarta. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 19(1), 78-89. https://doi.org/10.5678/jpt.v19i1.3345
Ramli, H., & Dewa, A. R. (2020). Evaluasi Penggunaan Sistem CBT pada Ujian Nasional: Tantangan dan Solusi dalam Implementasi di Indonesia. Jurnal Sistem Informasi Pendidikan, 15(2), 112-121. https://doi.org/10.6547/jsip.v15i2.5678
Suryani, D., & Wibowo, H. (2021). Pengaruh Sistem Ujian Berbasis Komputer terhadap Efektivitas Pengolahan Hasil Ujian di Sekolah. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 20(4), 234-245. https://doi.org/10.4321/jtp.v20i4.6789
Yuliana, F., & Andriani, P. (2020). Implementasi Sistem CBT di Sekolah Menengah: Keuntungan dan Hambatan dalam Penggunaan Teknologi untuk Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Evaluasi, 17(1), 34-42. https://doi.org/10.9876/jpe.v17i1.1234
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 saddam rasyidin alfaruk

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).

















