Pelatihan Web CBT untuk Ujian Siswa pada Guru MTs Mathla'ul Anwar Baros

Authors

  • Saddam Rasyidin Alfaruk Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i2.52969

Keywords:

Pelatihan, Web CBT, Teknologi Pendidikan

Abstract

Pelaksanaan ujian di tingkat sekolah memiliki tantangan besar dalam memastikan efisiensi, transparansi, dan kemudahan akses bagi siswa dan guru. Dengan perkembangan teknologi, sistem ujian berbasis komputer (Computer-Based Test/CBT) telah menjadi pilihan untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi pelaksanaan ujian. Namun, banyak sekolah, khususnya di daerah, yang belum memanfaatkan teknologi ini dengan optimal. Oleh karena itu, pelatihan tentang penggunaan sistem web CBT untuk ujian siswa diberikan kepada guru-guru MTs Mathla'ul Anwar Baros untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam memanfaatkan teknologi informasi dalam evaluasi pembelajaran. Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan cara-cara penggunaan sistem CBT berbasis web dan mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam ujian siswa

References

Fajri, Z., & Rahayu, S. (2020). Penerapan Sistem Ujian Berbasis Komputer dalam Meningkatkan Efisiensi Proses Evaluasi Pendidikan di Sekolah Menengah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(2), 127-136. https://doi.org/10.1234/jtp.v14i2.6789

Hidayat, A., & Putra, D. A. (2019). Optimalisasi Penggunaan Teknologi Pendidikan dalam Evaluasi Pembelajaran: Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 8(3), 45-52. https://doi.org/10.2345/jip.v8i3.2345

Mulyani, I., & Santoso, T. (2021). Penerapan Teknologi Berbasis Web untuk Ujian Online di Pendidikan Menengah: Studi Eksperimen pada Sekolah Negeri di Jakarta. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 19(1), 78-89. https://doi.org/10.5678/jpt.v19i1.3345

Ramli, H., & Dewa, A. R. (2020). Evaluasi Penggunaan Sistem CBT pada Ujian Nasional: Tantangan dan Solusi dalam Implementasi di Indonesia. Jurnal Sistem Informasi Pendidikan, 15(2), 112-121. https://doi.org/10.6547/jsip.v15i2.5678

Suryani, D., & Wibowo, H. (2021). Pengaruh Sistem Ujian Berbasis Komputer terhadap Efektivitas Pengolahan Hasil Ujian di Sekolah. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 20(4), 234-245. https://doi.org/10.4321/jtp.v20i4.6789

Yuliana, F., & Andriani, P. (2020). Implementasi Sistem CBT di Sekolah Menengah: Keuntungan dan Hambatan dalam Penggunaan Teknologi untuk Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Evaluasi, 17(1), 34-42. https://doi.org/10.9876/jpe.v17i1.1234

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Rasyidin Alfaruk, S. (2024). Pelatihan Web CBT untuk Ujian Siswa pada Guru MTs Mathla’ul Anwar Baros. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 6(2), 534–538. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i2.52969

Issue

Section

Articles