Belajar Kemampuan Information Technology Motivasi untuk Meningkatkan Keterampilan di SMA Maflahul Ummah
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v8i1.54225Keywords:
Belajar, Information Technology, Motivasi, Meningkatkan, KeterampilanAbstract
Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat menuntut generasi muda untuk memiliki kemampuan dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan era digital. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi serta keterampilan siswa SMA Maflahul Ummah dalam bidang Teknologi Informasi (IT) melalui kegiatan pelatihan dan pembelajaran berbasis praktik. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan pelaksanaan kegiatan berupa workshop, pelatihan dasar pemrograman, dan pengenalan aplikasi digital yang mendukung produktivitas. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan kuesioner kepada peserta kegiatan. Hasil Kegiatan ini program pelatihan dan pendampingan yang diberikan memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kompetensi siswa. Hasil evaluasi melalui Pre-Test dan Post-Test menunjukkan adanya peningkatan rata-rata sebesar +29 poin atau sekitar 49,6% pada seluruh aspek penilaian. Peningkatan yang merata pada seluruh aspek tersebut menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan tidak hanya memperkuat pengetahuan dan keterampilan teknis siswa, tetapi juga meningkatkan motivasi, kedisiplinan, serta kemampuan kolaboratif mereka dalam dunia IT
References
Aminullah, A., & Irwansya, I. (2024). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Matematika. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(4), 678–687. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i4.721
Bethary, R. T., Krisdianto, N., Intari, D. E., Budiman, A., Soelarso, S., Purnaditya, N. P., & Asyiah, S. (2024). Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Program Keahlian Desain Pemodelan Informasi Bangunan SMKN 1 Tanara Banten. Civil Engineering for Community Development (CECD), 3(1), 8. https://doi.org/10.36055/cecd.v1i2.24931
Choirunnisa, S C Wirasti, M K Hidayat, D. R. (2020). Strategi pengembangan soft skill siswa SMK melalui media video. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(3), 99–106. https://doi.org/10.26539/teraputik.33276
Gustiana, Z., & Satria, W. (2024). Meningkatkan Akses dan Kemampuan Literasi Digital di Era Informasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 20–27. https://doi.org/10.70340/japamas.v3i1.126
Hardiansyah, H., & Suciyati, S. (2024). Pemanfaatan Sumber Belajar Melalui Internet Dalam Rangka Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SMK. Inventor: Jurnal Inovasi Dan Tren Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 42–53. https://doi.org/10.37630/inventor.v2i1.1464
Hayati, F. A., Rahman, A. S., & Jumhana, R. C. S. (2018). Pelatihan Menulis Cerita Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bagi Anak Yatim Piatu Di Yayasan Mata Hati Noer Salamah – Gunung Kidul. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(1), 41–50.
Imran, B., & Zaenudin. (2022). Peningkatan Kemampuan Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Dalam Mendukung Gerakan Literasi Digital Pada SMKN 1 Sakra. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(3), 313–319. https://doi.org/10.55123/abdikan.v1i3.652
Lestari, P. M. (2025). EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Volume 1 Nomor 5, Oktober 2021. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(5), 773.
M, M., Iriani, N., Amang, B., Muchtar, A., & Putera, W. (2023). Pengaruh Keterampilan, Kreativitas, dan Motivasi Terhadap Kualitas Pembelajaran Siswa SMP. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 4(4), 229–237. https://doi.org/10.47065/tin.v4i4.4225
Ningsih, L. N., Pramadjaya, A., Fadlullah, A., Farhan, T., Hakim, N., Alwi, A., … Info, A. (2025). Penerapan Strategi Search Engine Marketing Untuk Meningkatkan Traffic Penjualan Produk Sebagai Persiapan Siswa Menjadi Wirausaha, 19(1).
Pramadjaya, A., Ningsih, L. N., Jaeningsih, R. A., Nopiyanti, N., & ... (2025). Penerapan Strategi Search Engine Optimization Untuk Meningkatkan Visibilitas Penjualan Produk. Lebah, 19(1). Retrieved from https://www.plus62.isha.or.id/index.php/abdimas/article/view/408%0Ahttps://www.plus62.isha.or.id/index.php/abdimas/article/download/408/308
Rahmadani, N., Mallongi, S., & Arifin, Z. (2024). Pengaruh Pelatihan It Fundamental, Keterampilan, Dan Pengalaman Kerja Terhadap ProduktivitasKerja Karyawan. Jurnal Online Manajemen ELPEI (JOMEL), 4(2), 1030–1040.
Simanjuntak, M. S., Simangunsong, J., & ... (2023). Peningkatan Kemampuan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi Guru dan Siswa SMK dalam Era Digital. Unggul Imperial …, 2(September), 7–12. Retrieved from https://universal.ac.id/jurnal/index.php/unggulimperial/article/view/17%0Ahttps://universal.ac.id/jurnal/index.php/unggulimperial/article/download/17/14
Taufik Syastra, M., Soleh Fajari, M., Novarini, R., Karim Harahap, A., Khaerullah, A., Kurniawan, R., … Kurnia Wijayanti, E. (2023). Memahami Perkembangan Dunia IT Serta Prospek Kariernya. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 3644–3648. Retrieved from https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6884
Wibowo, H. A. C., & Wilujeng, I. (2021). Pengaruh Keterampilan dan Kesadaran Teknologi Informasi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 55–64. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i2.1024
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Istiqomah Rohmawati, Andi Romansyah, Angga Pramadjaya, Mugni; Halvino Panji Wicaksono; Gusmaniar Al Husaini Hadi, Mahfud Shidiq, Sherly Mentari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).

















