Strategi Branding Digital Dengan Pengelolaan Konten untuk Meningkatkan Penjualan
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v8i1.54310Keywords:
Strategi, Branding, Digital, Pengelolaan Konten, PenjualanAbstract
Perkembangan teknologi digital telah mengubah paradigma pemasaran konvensional menjadi berbasis digital, di mana pengelolaan konten berperan penting dalam membangun citra merek (brand image) dan meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi branding digital melalui pengelolaan konten yang efektif guna meningkatkan penjualan produk, khususnya pada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta analisis media sosial yang digunakan oleh pelaku usaha. Hasil kegiatan ini menegaskan bahwa digital branding bukan hanya tentang promosi, tetapi juga tentang membangun identitas dan nilai merek yang kuat melalui komunikasi visual dan naratif yang konsisten. Tingkat pemahaman branding digital meningkat dari 40% menjadi 83%. Aktivitas digital peserta meningkat hingga 300% dalam jumlah posting dan interaksi. Omzet rata-rata meningkat sebesar 33% dalam satu bulan. 90% peserta menyatakan strategi branding digital membantu meningkatkan daya saing usaha mereka.
References
Anjar Setiawan, Angga Pramadjaya, Dimas Permana, Dyas Rasyid, Evan Musa Pratama, Fikri Maulana Iqbal, & Zoe Zia Sidan. (2025). Pengembangan Sistem Informasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Cloud Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Di SMKN 7 Kota Serang. Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 170–180. https://doi.org/10.32493/abdilaksana.v6i1.47057
Aradhana, M. L., Lumowa, M. P., Polii, L. S., Rondonuwu, E. T., Langi, E., & Yusupa, A. (2025). Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 352–360.
Arta, K. A. D. P., & Basmantra, I. N. (2024). Strategi pengelolaan media sosiall untuk menciptakan branding, engagement dan followers perusahaan PT Bina Sarana Cipta. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 126–135.
Dewi, C. F., & Sari, D. (2023). Green Packaging and Branding Impact on Green Purchase Intention With Green Brand Image As a Mediator: Study At Love Beauty and Planet of Gen Z in West Java. Journal of Business Studies and Mangement Review, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.22437/jbsmr.v7i1.29550
Fitriyana, N. A., Suryadi, N., & Hapsari, R. D. V. (2025). The Role of Social Media and Online Reviews in Building Brand Loyalty Through Trust. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 13(5), 3324–3336. https://doi.org/10.37641/jimkes.v13i5.3602
Kade, D., Dharma, A., & Seminari, N. K. (2022). The Role of Brand Awareness in Mediating the Effect of Social Media Marketing on Purchase Intention ( A Study on Prospective Consumers of Fore Coffee in Denpasar City ). Digital Innovation : International Journal of Management.
Mayhilda Nitami, Rina Novi Yani, Firdaus, Dimas Bagus Susanto, Banta Diman, Nahya Fadillah, … Ida Fujari. (2024). Digital Marketing as A Strategy to Increase Sales and Consumer Satisfaction. Journal Informatic, Education and Management (JIEM), 6(2), 54–69. https://doi.org/10.61992/jiem.v6i2.104
Razak, I. (2024). Content Marketing Strategy in Increasing Consumer Interaction on Social Media. Journal Of Data Science, 2(01), 14–21. https://doi.org/10.54209/Science.v2i01
Rohmawati, I., Kristiyanto, A., Pramadjaya, A., Rohmah, R. M., Stevanes, S., & Putranto, B. F. D. (2022). Pelatihan Penulisan dan Pengiriman Surat Lamaran Pekerjaan Online Pada Siswa SMK Pembangunan Terpadu Al-Ischakiyah Pasca Covid-19. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 497. https://doi.org/10.33633/ja.v5i3.712
Rohmawati, T., Selvia, E., Monica, E., Welizaro, R., & Saputra, H. (2021). Teknologi pemasaran digital untuk branding. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(3), 638. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i3.479
Shams, R., Chatterjee, S., & Chaudhuri, R. (2024). Developing brand identity and sales strategy in the digital era: Moderating role of consumer belief in brand. Journal of Business Research, 179(April), 114689. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2024.114689
Silalahi, H., & Guna, S. (2024). Enhancing Brand Awareness through Content Marketing Strategy Analysis in the Digital Landscape. Journal on Economics, Management and Business Technology, 3(1), 9–18. Retrieved from www.plus62.isha.or.id/index.php/JEMBUT
Susanti, L., Zainudin, Z., & Larasati, H. S. (2024). Pelatihan Pembuatan Website dengan Menggunakan Media Wordpress untuk Siswa Siswi PKBM Intan Tangerang Selatan. JIPM: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 2(1), 11–15. https://doi.org/10.55903/jipm.v2i1.140
syahputra eko, novianty lily, sembiring juhardi. (2023). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Journal of Engineering Research, 10(1), 35–45.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Angga Pramadjaya; Adi Saefullah; Anjani Surya Ningrum, Febi Rohtafia, Sendi Dwi Putra, Siti Nurhalisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).

















