Strategi Branding Digital Dengan Pengelolaan Konten untuk Meningkatkan Penjualan

Authors

  • Angga Pramadjaya Universitas Pamulang
  • Adi Saefullah Universitas Pamulang
  • Anjani Surya Ningrum Universitas Pamulang
  • Febi Rohtafia Universitas Pamulang
  • Sendi Dwi Putra Universitas Pamulang
  • Siti Nurhalisa Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v8i1.54310

Keywords:

Strategi, Branding, Digital, Pengelolaan Konten, Penjualan

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah paradigma pemasaran konvensional menjadi berbasis digital, di mana pengelolaan konten berperan penting dalam membangun citra merek (brand image) dan meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi branding digital melalui pengelolaan konten yang efektif guna meningkatkan penjualan produk, khususnya pada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta analisis media sosial yang digunakan oleh pelaku usaha. Hasil kegiatan ini menegaskan bahwa digital branding bukan hanya tentang promosi, tetapi juga tentang membangun identitas dan nilai merek yang kuat melalui komunikasi visual dan naratif yang konsisten. Tingkat pemahaman branding digital meningkat dari 40% menjadi 83%. Aktivitas digital peserta meningkat hingga 300% dalam jumlah posting dan interaksi. Omzet rata-rata meningkat sebesar 33% dalam satu bulan. 90% peserta menyatakan strategi branding digital membantu meningkatkan daya saing usaha mereka.

References

Anjar Setiawan, Angga Pramadjaya, Dimas Permana, Dyas Rasyid, Evan Musa Pratama, Fikri Maulana Iqbal, & Zoe Zia Sidan. (2025). Pengembangan Sistem Informasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Cloud Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Di SMKN 7 Kota Serang. Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 170–180. https://doi.org/10.32493/abdilaksana.v6i1.47057

Aradhana, M. L., Lumowa, M. P., Polii, L. S., Rondonuwu, E. T., Langi, E., & Yusupa, A. (2025). Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 352–360.

Arta, K. A. D. P., & Basmantra, I. N. (2024). Strategi pengelolaan media sosiall untuk menciptakan branding, engagement dan followers perusahaan PT Bina Sarana Cipta. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 126–135.

Dewi, C. F., & Sari, D. (2023). Green Packaging and Branding Impact on Green Purchase Intention With Green Brand Image As a Mediator: Study At Love Beauty and Planet of Gen Z in West Java. Journal of Business Studies and Mangement Review, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.22437/jbsmr.v7i1.29550

Fitriyana, N. A., Suryadi, N., & Hapsari, R. D. V. (2025). The Role of Social Media and Online Reviews in Building Brand Loyalty Through Trust. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 13(5), 3324–3336. https://doi.org/10.37641/jimkes.v13i5.3602

Kade, D., Dharma, A., & Seminari, N. K. (2022). The Role of Brand Awareness in Mediating the Effect of Social Media Marketing on Purchase Intention ( A Study on Prospective Consumers of Fore Coffee in Denpasar City ). Digital Innovation : International Journal of Management.

Mayhilda Nitami, Rina Novi Yani, Firdaus, Dimas Bagus Susanto, Banta Diman, Nahya Fadillah, … Ida Fujari. (2024). Digital Marketing as A Strategy to Increase Sales and Consumer Satisfaction. Journal Informatic, Education and Management (JIEM), 6(2), 54–69. https://doi.org/10.61992/jiem.v6i2.104

Razak, I. (2024). Content Marketing Strategy in Increasing Consumer Interaction on Social Media. Journal Of Data Science, 2(01), 14–21. https://doi.org/10.54209/Science.v2i01

Rohmawati, I., Kristiyanto, A., Pramadjaya, A., Rohmah, R. M., Stevanes, S., & Putranto, B. F. D. (2022). Pelatihan Penulisan dan Pengiriman Surat Lamaran Pekerjaan Online Pada Siswa SMK Pembangunan Terpadu Al-Ischakiyah Pasca Covid-19. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 497. https://doi.org/10.33633/ja.v5i3.712

Rohmawati, T., Selvia, E., Monica, E., Welizaro, R., & Saputra, H. (2021). Teknologi pemasaran digital untuk branding. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(3), 638. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i3.479

Shams, R., Chatterjee, S., & Chaudhuri, R. (2024). Developing brand identity and sales strategy in the digital era: Moderating role of consumer belief in brand. Journal of Business Research, 179(April), 114689. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2024.114689

Silalahi, H., & Guna, S. (2024). Enhancing Brand Awareness through Content Marketing Strategy Analysis in the Digital Landscape. Journal on Economics, Management and Business Technology, 3(1), 9–18. Retrieved from www.plus62.isha.or.id/index.php/JEMBUT

Susanti, L., Zainudin, Z., & Larasati, H. S. (2024). Pelatihan Pembuatan Website dengan Menggunakan Media Wordpress untuk Siswa Siswi PKBM Intan Tangerang Selatan. JIPM: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 2(1), 11–15. https://doi.org/10.55903/jipm.v2i1.140

syahputra eko, novianty lily, sembiring juhardi. (2023). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Journal of Engineering Research, 10(1), 35–45.

Downloads

Published

2025-11-24

How to Cite

Angga Pramadjaya, Adi Saefullah, Anjani Surya Ningrum, Febi Rohtafia, Sendi Dwi Putra, & Siti Nurhalisa. (2025). Strategi Branding Digital Dengan Pengelolaan Konten untuk Meningkatkan Penjualan. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 8(1), 39–50. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v8i1.54310