PELATIHAN ARDUINO UNTUK SISWA SISWI MTS SWASTA AL-MURSYIDIYYAH BENDA BARU PAMULANG
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i1.6270Keywords:
Teknologi, Mikrokontroller, Arduino, PelatihanAbstract
Arduino merupakan jenis mikrokontroller papan tunggal yang bersifat open-source. Prosesornya merupakan Atmel AVR dan softwarenya yang memiliki bahasa pemrograman sendiri menjadikan arduino mudah digunakan sebagai peralatan otomasi dan pengendali berbagai peralatan elektronika.
Didasari gagasan untuk menumbuhkan kreatifitas dikalangan siswa-siswi MTs agar mereka turut berpartisipasi dalam perkembangan teknologi dan kelak dapat menciptakan teknologi baru berbasis Arduino yang berguna bagi masyarakat, maka dosen dan mahasiswa dari Prodi Teknik Elektro Universitas Pamulang melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Sekolah MTs Swasta Al-Mursyidiyyah Benda Baru Pamulang. Pelaksanaan PKM ini berupa edukasi pelatihan mikrokontroller arduino yang meliputi: pengenalan dasar komponen elektronika dan arduino, pengenalan dasar pemrograman arduino IDE, dan cara merangkai komponen elektronika dengan Arduino.
Pelatihan arduino yang dikemas sedemikian rupa dalam bentuk yang menyenangkan dan mudah difahami ini ternyata mampu menciptakan kegiatan pelatihan yang memenuhi unsur-unsur pengetahuan, keterampilan, teknik, sikap, dan etika siswa-siswi MTs Al Mursyidiyyah dalam menerima materi pelatihan. Selain itu, peserta juga mampu mengenali komponen elektronika dan arduino, mampu mengupload program arduino IDE kedalam mikrokontroller, dan mampu merepresentasikan pengetahuan baru yang mereka peroleh kedalam bentuk eksperimen perakitan komponen elektronika menggunakan arduino secara mandiri dan berhasil.
Kata Kunci: Teknologi, Mikrokontroller, Arduino, Pelatihan
References
A Sobarna, S Hambali, S Sutiswo, D Sunarsi. (2020). The influence learning used ABC run exercise on the sprint capabilities. Jurnal Konseling dan Pendidikan 8 (2), 67-71
Abdul Kadir, 2015 Zero to a Pro Arduino Panduan Mempelajari Aneka Proyek Berbasis Mikrokontroller. Andi Yogyakarta.
Badan Pusat Statistik. 2018. Statistik Gender Tematik, Profil Generasi Milenial Indonesia. Kementrian Pemberdayaan Perempuan
dan perlindungan Anak.
Kalfaris Lalo, 2018 .Menciptakan Generasi Milenial Berkarakter dengan Pendidikan karakter Guna Menyongsong Era Globalisasi. Jurnal Ilmu Kepolisian.Vol 12.No.2. Juli 2018.
Mardikanto, Totok. 2014. CSR (Corporate Social Responsibility) (Tanggung jawab Sosial Korporasi). Bandung: Alfabeta.
Rusti Lumban Gaol, 2015. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Listrik Dinamis melalui Implementasi Virtual laboratorium Berbasis Komputer di SMPN 9 Tebing Tinggi, Jurnal Teknologi & komunikasi dalam Pendidikan Vol 2 No 1 Juni 2015 p-ISSN 2355-4983;e-ISSN:2407-7488.
Sunarsi, D., & Asmalah, L. (2018). Pelatihan Manajemen Pengembangan Diri Bagi Penerima Beasiswa RZIS UGM Dan Dompet Shalahuddin Jogjakarta. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(1), 51-60.
Sunarsi, D., Kusjono, G., & Nuryana, I. (2019). Pelatihan Manajemen Penguasaan Kelas Dan Pembuatan Bahan Ajar Bagi Tenaga Pengajar Sukarela Taman Belajar Kreatif Mekarsari. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 2(1), 41-44.
Sunarsi, D., Kustini, E., Lutfi, A. M., Fauzi, R. D., & Noryani, N. (2019). Penyuluhan Wirausaha Home Industry Untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga Dengan Daur Ulang Barang Bekas. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(4), 188-193.
Susanto, S., Sarwani, S., & Afandi, S. (2018). Analisis Kinerja Keuangan Untuk Mengetahui Tingkat Kesehatan, Pertumbuhan Dan Prospek Usaha Pada Unit Usaha Koperasi (Studi Kasus Koperasi Awak Pesawat Garuda Indonesia di Tangerang). INOVASI, 1(1).
Yuyun Elizabeth Patras, Ini Tantangan Guru Mengajar Siswa Milenial, https://almursyidiyyah.webs.com/, diakses tanggal 15 oktober 2019
https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/18/02/03/p3kdiu374-initantangan - guru -mengajar - siswa-milenial, di akses tanggal 20 oktober 2019
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).