BAGAIMANA MENJADI GENERASI MILENIAL YANG KREATIF DAN MANDIRI DI SMK NEGERI 2 TANGERANG SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i1.6282Keywords:
Generasi Milenial, Kreatif, Mandiri, SiswaAbstract
Seluruh kehidupan manusia pada hakikatnya bergelut dalam dimensi waktu. Manusia tidak hanya bergerak dalam lingkungan, tetapi juga saling berinteraksi dalam kehidupan sosial yang melibatkan emosi, etika, pendidikan, dll. karena manusia berada dalam siklus waktu, maka setiap aktivitasnya bermula dalam orientasi berhubungan dengan orang lain.
Siswa adalah bagian dari masyarakat, mereka tidak bisa menghindarkan diri mereka dari masalah interaksi dengan orang lain. Siswa harus dikondisikan untuk mempunyai jiwa mandiri dan diarahkan untuk kreatif dalam kegiatan belajar mengajar oleh karena itu diharapkan para siwa untuk bisa mempersiapkan diri menghadapi perubahan- perubahan di era digital dengan memaksimalkan kegiatan-kegiatan pelatihan sebagai upaya siap menghadapi perubahan- perubahan di era modern.
Salah satu kegiatan yang dapat menopang adanya kemampuan para siswa dalam mengembangkan diri dan meningkatlkan kreatifitas mereka adalah dengan adanya motivasi dan membuka wawasan yang lebih luas melalui sinergitas antara para pendidik di lingkungan perguruan tinggi dengan berbagi ilmu dan pengetahuan mengenai kesiapan secara mental dan intelektual dalam menghadapi berbagai masalah dan tantangan dalam era globalisasi dan digital saat ini.
Maka dengan adanya kegiatan ini diharapkam dapat memberikan manfaat dalam mengarahkan para siswa SMK Negeri 2 Tangerang Selatan sebagai bagian dari generasi milenial, selain untuk menambah wawasan mereka agar menjadi generasi milenial yang sesuai dengan cita-cita sebagai penerus bangsa di masa depan, juga membantu mereka menemukan solusi terbaik untuk bagaimana dapat menjadi generasi milenial yang kreatif, mandiri dan bermanfaat bagi orang banyak.
Kata Kunci: Generasi Milenial, Kreatif, Mandiri, Siswa
References
A Sobarna, S Hambali, S Sutiswo, D Sunarsi. (2020). The influence learning used ABC run exercise on the sprint capabilities. Jurnal Konseling dan Pendidikan 8 (2), 67-71
A Sudarsono, D Sunarsi. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Varian Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Laboratorium Klinik Kimia Farma-Bintaro. Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi 15 (1), 16-26
Astuti, Ana Puji dan Anike Nurmalita. Teknologi Komunikasi dan Perilaku Remaja.Jurnal Analisa Sosiologi, Vol. 3 No. 1 April 2014
D Sunarsi. (2014). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pendidik. Universitas Pamulang
D Sunarsi. (2014). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pendidik. Universitas Pamulang
Gumilar, I., Sunarsi, D. (2020). Comparison of financial performance in banking with high car and low car (Study of banks approved in the kompas 100 index for the period 2013-2017). International Journal of Psychosocial Rehabilitation. Volume 24 - Issue 7
Koesoema A, D. 2007. Pendidikan Karakter : Strategi Mendidik Anak di Zaman Globalâ€. Jakarta : Grasindo
Maddinsyah, A., Sunarsi, D., Hermawati, R., Pranoto. (2020). Analysis of location selection effect on the user decision that influcence the success of the service business of micro, small and medium enterprise (MSME) in bandung timur region. International Journal of Advanced Science and Technology. Vol. 29 No. 06
Muhari.Pengaruh Penggunaan Teknologi Handphone terhadap Moral Siswa MI Muhammadiyah Gondang Mungkid Magelang. Universitas Islam Indonesia 2018
Panjaitan, Poppy,dan Arik Prasetya. Pengaruh Sosial Media terhadap Produktivitas Kerja Generasi Millenial : Studi pada Karyawan PT. Angkasa Pura I cabang Bandara Internasional Juanda. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)Vol. 48 No. 1 Juli 2017
Purwanti, P., Sarwani, S., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt. Unilever Indonesia. Inovasi, 7(1), 24-31.
Sarwani, S. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Strategi Komunikasi Sekda Terhadap Kinerja Pegawai di Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan, 19(1).
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Sunarsi, D., & Asmalah, L. (2018). Pelatihan Manajemen Pengembangan Diri Bagi Penerima Beasiswa RZIS UGM Dan Dompet Shalahuddin Jogjakarta. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(1).
Sunarsi, D., & Asmalah, L. (2018). Pelatihan Manajemen Pengembangan Diri Bagi Penerima Beasiswa RZIS UGM Dan Dompet Shalahuddin Jogjakarta. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(1), 51-60.
Sunarsi, D., & Erlangga, A. (2020). The Effect of Leadership Style and Work Environment on the Performance of Stationary Pump Operators in the Water Resources Office of West Jakarta City Administration. International Journal of Advances in Social and Economics, 2(3).
Sunarsi, D., Kustini, E., Lutfi, A. M., Fauzi, R. D., & Noryani, N. (2019). Penyuluhan Wirausaha Home Industry Untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga Dengan Daur Ulang Barang Bekas. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(4), 188-193.
Sunarsi, D., Kusjono, G., & Nuryana, I. (2019). Pelatihan Manajemen Penguasaan Kelas Dan Pembuatan Bahan Ajar Bagi Tenaga Pengajar Sukarela Taman Belajar Kreatif Mekarsari. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 2(1), 41-44.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).