BERTAHAN USAHA PADA UMKM DI TENGAH PANDEMIC COVID-19

Authors

  • Darwis Agustriyana Universitas Widyatama
  • Nabilah Ramadhan Universitas Widyatama
  • Shinta Oktavien Universitas Widyatama
  • Rd.Herman Sofyandi Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i2.8787

Abstract

ABSTRAK

 

            UMKM mempunyai peran yang sangat penting dalam menggerakkan roda perekonomian Jawa Barat. Oleh sebab itu, aktivitas UMKM merupakan kegiatan ekonomi yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan masyarakat dalam mencukupi kebutuhan hidup. Meskipun demikian, seiring dengan semakin meluasnya pandemic wabah virus Covid-19 mengakibatkan banyak para pelaku usaha yang kesulitan dalam menjalankan aktivitas bisnisnya, tanpa terkecuali para pelaku UMKM yang mendapatkan dampak yang cukup tinggi. Yang menjadi tujuan diadakannya kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk menjaga semangat berwirausaha bagi UMKM di Jawa Barat dalam menghadapi masa sulit selama pandemic covid-19 serta membentuk dan memberikan pengarahan dalam menyusun strategi bertahan bagi UMKM yang terdampak covid-19. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah ceramah dengan menggunakan media daring (online) melalui youtube live dengan menghadirkan narasumber dari unsur pemerintah dan praktisi serta akademisi. Target materi pada kegiatan Pengabdian kepada Masayarakat ini tercapai dengan cukup baik dengan ketercapaian target jumlah peserta, tujuan kegiatan, serta ketercapaian target materi yang telah direncanakan yakni pembahasan mengenai situasi yang terjadi saat ini pada UMKM dengan merebaknya wabah virus Covid-19, serta inovasi dan strategi yang dapat dilakukan para pelaku UMKM untuk bertahan di tengah kondisi pandemic Covid-19.

 

Kata Kunci : UMKM, Sumber Daya Manusia, Inovasi

References

Anggraita Primatami, N. H. (2019). Perkembangan Usaha Mikro Kecil (UMK) Di Provinsi Jawa Barat Tahun 2006 – 2016. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 203-212.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. (2017). Provinsi Jawa Barat dalam Angka 2017. Bandung: BPS Provinsi Jawa Barat.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. (2018). Potensi Usaha Mikro Kecil Provinsi Jawa Barat. Bandung: BPS Provinsi Jawa Barat.

Bessant, John., dan Joe Tidd. (2011). Innovation and Entrepreneurship. Second Edition. John Wiley & Sons, Ltd.

Effendy, A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 702-714. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss3.pp702-714

Lukiastuti, Fitri, et.al (2020). The Influence of Entrepreneur’s Personal Characteristics on SMES Performance Mediated by Entrepreneurial Orientation. International Journal of Psychosocial Rehabilitation. Volume 24 - Issue 8

Primiana, I. (2015). Peningkatan Daya Saing UMKM Jawa Barat dalam Menopang Perekonomian Nasional Menghadapi Persaingan Global ditinjau dari sisi Supply Chain. Bandung: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran.

Robbins, S. P. (2013). Organizational Behavior. New Jersey: Pearson Education.

Sunarsi, D. (2020). The Influence of Supply Chain Strategy on Employee Performance on Small and Medium Business in Beringharjo Market, Yogyakarta- Indonesia. International Journal of Supply Chain Management. Vol. 9, No. 5.

Website :

http://www.depkop.go.id/data-umkm. Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) Tahun 2017 – 2018, diakses 24 Agustus 2020 pukul 14.00.

http://www.depkop.go.id/uploads/tx_rtgfiles/04._Paparan_Rakornas_Yogyakarta_2018_-_Jawa_Barat.pdf, diakses 24 Agustus 2020 pukul 14.35.

https://www.bappenas.go.id/files/1814/2057/0437/RPJP_2005-2025.pdf, diakses 24 Agustus 2020 pukul 14.25.

Downloads

Published

2021-01-06