PELATIHAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM BINAAN KADIN JAWA BARAT DALAM MENGHADAPI ERA NEW NORMAL
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i2.8792Abstract
ABSTRAK
Pemberdayaan UMKM merupakan usaha yang tampil sebagai salah satu kelompok usaha yang dapat dijadikan penentu atau andalan dalam mengelola tata kota usaha daerah. Dengan demikian UMKM mendapat perhatian dari semua kalangan, karena dianggap mampu menggerakkan minat usaha yang berbasis ekonomi kerakyatan dan mampu memotivasi dalam mengembangkan potensi daerah dalam menyongsong era globalisasi. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan penyelenggaraan pelatihan kewirausahaan mengenai pentingnya manajemen keluarga sebagai pembentuk keberhasilan wirausahawan, memberikan penyelenggaraan pelatihan kewirausahaan mengenai inovasi sebagai modal penting dalam kegiatan bisnisnya, memberikan penyelenggaraan pelatihan kewirausahaan mengenai kreativitas sebagai modal penting dalam kegiatan bisnisnya. Metode pelaksanaan adalah dengan memberikan pelatihan, memberikan implementasi digital marketing dalam mengembangkan usaha selama pandemi corona. Target materi pada kegiatan Pengabdian kepada Masayarakat ini tercapai dengan cukup baik karena materi webinar dan implementasi digital marketing agar dapat mengembangkan peluang usaha terbatas menjadi peluang usaha yang dapat menghasilkan profit secara maksimal.
Kata Kunci : Pelatihan,Implementasi, Digital Marketing
References
Adisasmita, R. (2005). Dasar-dasar Ekonomi Wilayah. Graha Ilmu.
Ardianto, Elvinaro dan Qomaruzzaman, Bambang. (2016). Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
Belinda, Ocie P., dan Yuwono, Susatyo. (2017). Hubungan Social Competence Dengan Intensi Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Creeber, G. dan Martin, R. (2009). Digital Cultures: Understanding New Media. Berkshire- England: Open University Press
Darroch, J. (2005). Knowledge Management, Innovation and Firm Performance.Journal of Knowledge Management, pp. 101-115.
Diamond, Stephanie. (2015). The Visual Marketing Revolution. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.
Effendy, A. A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 702-714.
Former. (2011). Direct Marketing Executives Launch Full Service Online Marketing. Journal Web Design Company, pp. 24.
Gitman, L.J., Joehnk, M.D, dan Billingsley, R. (2014). Personal Financial Planning 13rd Edition/cencage learning. South-westerns.
Haque, MG., Munawaroh, Sunarsi, D., (2020). Analysis of SMEs Culinary Marketing Strategy During Covid 19 Pancemic: A Study at “Sate Bebek Cilegon†Resto in Cilegon, Banten. International Journal of Education, Information Technology, and Others. Vol.3. Issue 2
Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus - Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Hatem. (2011). The Effect of E-Marketing on the Marketing Performance : A Comparative study between Egyp and the UK. France: EDAMBA Summer Academy.
Hisrich, D. Robert, Peters, Michael P., dan Shepherd, Dean A. (2008). Entrepreneurship 7th ed. NY 1221 Avenue of the Americas:McGraw-Hill.
J, R. (2010). Remodelling Marketing in an Internet environment. Internet research : electronic networking applications and policy volume 11, 203 - 212.
James, D. (2011). Convenience drives online banking : bid on dreamgirls costumes for charity. reed business information, 24.
Kingsnorth, Simon. (2016). Digital Marketing Strategy. London: Koran Page.
Lukiastuti, Fitri, et.al (2020). The Influence of Entrepreneur’s Personal Characteristics on SMES Performance Mediated by Entrepreneurial Orientation. International Journal of Psychosocial Rehabilitation. Volume 24 - Issue 8
Maddinsyah, A., Sunarsi, D., Hermawati, R., Pranoto. (2020). Analysis of location selection effect on the user decision that influcence the success of the service business of micro, small and medium enterprise (MSME) in bandung timur region. International Journal of Advanced Science and Technology. Vol. 29 No. 06
McQuail, Denis. (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika
Mohammed, R. (2003). Internet Marketing : Building Advantage in a Networked Economy. USA: McGraw Hill.
Nisrina, M.(2015). Bisnis Online : Manfaat Media Sosial dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis.
Rahab, Sulistyandari dan Sudjono. (2011). The Development of Innovation Capability of SME Through Knowledge Sharing Process: An Empirical Study of Indonesian Creative Industry.International Journal of Business and Social Science, Vol. 2, No. 21, pp. 112-123.
Rayner, A. (2010). Put the E-mphasis on local internet marketing. Journal of internet marketing, pp. 4-15.
Roe. (2010). Bright Wave Marketing. USA: American Marketing Association.
Supriatna. (2000). Birokrasi Pemberdayaan dan Pengentasan Kemiskinan. Bandung: Humaniora Utama Pr.
Suryana, Yuyus dan Bayu, Kartib. (2010). Kewirausahaan Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Williams, B.K. and Sawyer, S.C. (2011). Using Information Technology: A Practical Introduction to Computers & Communications9th edition. New York: McGraw-Hill
Zimmerer, Thomas W., Scarborough, Norman M., dan Wilson, Doug. (2008). Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management 5th ed. Upper Saddle River New Jersey: Pearson Education, Inc.
www.bit.bppt.go.id
www.wirausahabarujabar.net
www.dbs.com
www.tekno.kompas.com
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).