DAMPAK COVID-19 BAGI UMKM DI INDONESIA PADA ERA NEW NORMAL

Authors

  • Dede Hertina Universitas Widyatama
  • Susanto Hendiarto Universitas Widyatama
  • John Henry Wijaya Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i2.8798

Abstract

ABSTRAK

 

            Dampak UMKM di masa Pandemi Covid 19 dan Strategi Menghadapi Era New Normal sangat berpengaruh sekali terhadap keberlangsungan UMKM di Indonesia khususnya UMKM binaan Kadin Jawa Barat yang berasal dari berbagai kota, diseluruh Jawa Barat.  UMKM yang dijadikan sampel adalah sebanyak 22 mitra usaha binaan Kadin Jawa Barat yang sebagian besar atau sekitar 70 persennya wanita dan mitra lainnya laki-laki. Metode kegiatan yang digunakan pada artikel Pengabdian Kepada Masyarakat ini diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada peserta UMKM binaan Kadin Jawa Barat. Kesimpulan menyatakan Strategi Menghadapi Era New Normal Kenali perubahan perilaku konsumen dan bertransformasi secara proaktif,perkuat strategi pemasaran digital untuk tetap terhubung dengan pelanggan Untuk menghadapi pandemi global dan situasi new normal saat ini, para pelaku bisnis harus mencari cara untuk tetap terhubung dengan para pelanggan, tetap optimis di tengah masa sulit.

           

Kata Kunci : Masa Pandemi Covid 19 dan Strategi Menghadapi Era New

          Normal

References

DAFTAR PUSTAKA

Ajimat, A., Sunarsi, D., & Sidiq, F. (2020). Berwirausaha Memanfaatkan Media Sosial Pada Daerah Sepatan. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 69-76.

Ananda Muhammad Firdaus, Masalah UMKM Tidak Hanya Terpaku di Modal, pada URL http://www.ayopurwakarta.com/read/2020/07/16/5517/masalah-umkm-tidak-hanya-terpaku-di-modal,Republika.co.id

D, S., & Preswari. (2011). strategi pengembangan industri kreatif untuk meningkatkan daya saing pelaku ekonomi lokal. jurnal aplikasi managemen, 9, 301-308.

Darwanto. (2013). peningkatan daya saing UMKM berbasis inovasi dan kreatifitas (strategi penguatan property right terhadap inovasi dan kreatifitas. jurnal bisnis dan ekonomi, 20, 142-149.

Effendy, A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 702-714. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss3.pp702-714

Hamid, E. S., & Susilo, Y. S. (2011). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Profinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Haque, MG., Munawaroh, Sunarsi, D., (2020). Analysis of SMEs Culinary Marketing Strategy During Covid 19 Pancemic: A Study at “Sate Bebek Cilegon†Resto in Cilegon, Banten. International Journal of Education, Information Technology, and Others. Vol.3. Issue 2

Hutabarat, L., & M, R. F. W. (2015). Strategi Pengembangan Usaha Kuliner di Kota Malang Berbasis Ekonomi Kreatif.

Indonesia, D. p. r. (2008).cetak biru pengembangan ekonomi kreatif indonesia 2025. jakarta.

RI, M. P. d. K. (2014). Paparan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Bidang Pendidikan Retrieved 23 Januari, 2018, from https://kemdikbud.go.id/kemdikbud/dokumen/Paparan/Paparan%20Wamendik.pdf

Ritzer, George dan Douglas J. Goodman, Teori Sosiologi Modern, Jakarta: Prenada Media, 2004

Ritzer, George, Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2010

Sunarsi, D. (2020). Implikasi Digitalisasi Umkm. Digitalisasi UMKM, 57. books.google.com

Wahyudi, S. (2012).usaha pengembangan industri kreatif desa.

West, Ricard & Lynn H. Turner. 2012. Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Terjemahan dari Introducing Communication Theory: Analysis and Application. Jakarta: Salemba Humanika

Downloads

Published

2021-01-06