MENCIPTAKAN UMKM UNGGUL DAN TERSTANDARRISASI DALAM MEMASUKI PASAR GLOBAL

Authors

  • Mariana Rachmawati Universitas Widyatama
  • Annisa Lisdayanti Universitas Widyatama
  • Gallang Perdana Dalimunthe Universitas Widyatama
  • Dinda Kayani Putri Bestari Universitas Widyatama
  • Fansuri Munawar Universitas Widyatama
  • Iwan Ridwansyah Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i2.8800

Abstract

ABSTRAK

 

            Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) saat ini bisa dibilang sebagai motor penggerak roda perekonomian bangsa. Pengangguran banyak diserap, meski tidak terlihat tapi itu nyata. Untuk melebarkan sayap usaha, UMKM perlu dorongan supaya bisa terus berkembang sehingga kestabilan ekonomi negeri tetap terjaga. Hal itu tentu saja perlu perhatian dari pihak terkait sehingga umkm tidak lagij alan di tempat melainkan melaju pesat. Revolusi industri 4.0 yang cenderung memasarkan memasarkan produknya di pasar ekspor atau pasar global, oleh karna itu para pengusaha UMKM ini perlu diberi arahan dan informasi bagaimana memasuki pasar ekspor-mister exporter dengan sasaran kegiatan memberikan Edukasi dan Pembinaan Prosedur dan Standarisasi UMKM dalam Memasuki Pasar Global seperti: Bagaimana mengembangkan bisnis UMKM agar siap bersaing dengan pasar global,bagaimana tahapan prosedur ekspor dan Standarisasi produk UMKM ini dapat memasuki Pasar Global, Memahami dan menganalisa karakteristik budaya untuk penetrasi pasar Internasional dengan memahami bagaimana karakteristik dari masing – masing negara yang berbeda. Tujuan Kegiatan Menciptakan UMKM Unggul dalam Menghadapi Pasar Global. Metode pelaksanaan PKM dengan Pemaparan Materi, Forum diskusi dan Tanya Jawab dengan virtual conference menggunakan Zoom Meeting berkaitan dengan pandemic corona. Peserta kegiatan ini adalah para Pengusaha UMKM di Wilayah Kota Bandung.

 

Kata Kunci: Perkembangan Bisnis Pasar Global, Prosedur Ekspor,

          Standarisasi, Produk Ekspor, Analisa Karakteristik Budaya

          Suatu Negara.

References

Alan dkk. 2014. Center of Indonesian Sharia Investment (CISI) Sebagai

Amir MS, Pengetahuan Bisnis Ekspor Impor Seri Umum No 8, PT. Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta, 2009.

Departemen Perdagangan RI, Buku Panduan Peraturan dan Prosedur Ekspor Indonesia, Departemen Perdagangan RI bekerjasama dengan Dewan Penunjang Ekspor, Jakarta, 2005.

DepartemenPerdaganganRepublik Indonesia. Menuju ASEAN Economic Community 2015, E-book. DepartemenPerdaganganRepublik Indonesia

Haque, MG., Munawaroh, Sunarsi, D., (2020). Analysis of SMEs Culinary Marketing Strategy During Covid 19 Pancemic: A Study at “Sate Bebek Cilegon†Resto in Cilegon, Banten. International Journal of Education, Information Technology, and Others. Vol.3. Issue 2

KementerianPerdaganganRepublik Indonesia. Menuju ASEAN Economic Community2015.

Letter Of Credit :Dalam Bisnis Ekspor Impor, Seri ke9, PPM, Jakarta, 2011.

Lukiastuti, Fitri, et.al (2020). The Influence of Entrepreneur’s Personal Characteristics on SMES Performance Mediated by Entrepreneurial Orientation. International Journal of Psychosocial Rehabilitation. Volume 24 - Issue 8

Maddinsyah, A., Sunarsi, D., Hermawati, R., Pranoto. (2020). Analysis of location selection effect on the user decision that influcence the success of the service business of micro, small and medium enterprise (MSME) in bandung timur region. International Journal of Advanced Science and Technology. Vol. 29 No. 06

Seluk Beluk dan Teknik Perdagangan Luar Negeri, Seri BisnisInternasional No 4 PPM, Jakarta, 2000.

Suroyo, Arif, danHarmanti, KepabeanandanCukai, Universitas Terbuka, Jakarta,2009.

Sutarto, Eddhi, RekonstruksiSistemHukumPabean Indonesia, Erlangga, Jakarta, 2010.

Upaya Peningkatan dan Penguatan Perekonomian Indonesia Dalam Arus Bebas Investasi AEC 2015, karya tulis ilmiah FEB Undip. Semarang: FEB.

Downloads

Published

2021-01-06