HOW TO UPGRADE YOUR BUSINESS FACING THE PANDEMIC COVID-19 (MENGUBAH PETAKA MENJADI PELUANG) PADA UMKM BINAAN KADIN PROVINSI JAWA BARAT

Authors

  • Neneng Susanti Universitas Widyatama
  • Tanti Irawati Mukhlis Universitas Widyatama
  • Vincentia Wahju Widajatun Universitas Widyatama
  • Nugi Muhammad Nugraha Universitas Widyatama
  • Muhammad Bayu Aji Sumantri Universitas Widyatama
  • Supardi Supardi Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i2.8801

Abstract

ABSTRAK

                                                                                                   

            Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan penyuluhan dan menggerakkan masyarakat agar berusaha lagi mencari peluang dalam siatusi pandemik ini sehingga bisa bertahan dalam perekonomian dengan menciptakan inovasi baru.

 Metode pelaksanaan pengabdian dengan mengadakan penyuluhan, sistem pemaparan secara online, diskusi dan tanya jawab. Dalam materi penyuluhan diberikan gambaran mengenai cara mencari peluang pada masa pandemik inidenga harapan  memberikan wawasan baru bagi parapelaku usaha yang nantinya dapat diterapkan dan ditularkan ke masyarakat luas.

Target materi pada kegiatan penyuluhan PKM tercapai dengan cukup baik, dapat dilihat dari hasil pemahamana dari  materipenyuluhan. Untuk menerapkan hasil dari penyuluhan masih diperlukan kepercayaan masyarkakat untk menggunakan media aplikasi, meskipunbanyak  keuntungan yang ditawarkan cara belanja online. Beberapa langkah untuk dapat mempertahankan eksistensinya di pasar di era digital seperti, refokus pelanggan  dan industri rethinking, merancang strategi sosial dan digital dan mengembangkan kapabilitas organisasi.

 

Kata Kunci : Pelatihan, UMKM, Online

References

Amri, Andi. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap UMKM Di Indonesia. Jurnal Brand, Volume 2 No. 1, Juni 2020 ISSN: 2715-4920

Bhargavaa, A., Dean T. Jamisonb, Lawrence J. Lauc, Christopher J.L. Murray, 2020, “Modeling the effects of health on economic growthâ€, Journal of Health Economics. 20, 423– 440

Gunartin, Soffi, Feb Amni, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Sebagai Tempat Alternatif Menumbuhkan Kemandirian Wirausaha Warga Belajar (Studi pada PKBM Insan Karya Pamulang Tangerang Selatan, Jurnal PEKOBIS Volume 3 Nomor 2 Oktober 2018

Haque, MG., Munawaroh, Sunarsi, D., (2020). Analysis of SMEs Culinary Marketing Strategy During Covid 19 Pancemic: A Study at “Sate Bebek Cilegon†Resto in Cilegon, Banten. International Journal of Education, Information Technology, and Others. Vol.3. Issue 2

Maddinsyah, A., Hidayat, D., Juhaeri, J., Susanto, D., & Sunarsi, D. (2020). Desain Formulasi Dan Implementasi Bisnis Strategik Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) Terintegrasi Kerangka Integrated Performance Management System (IPMS) Pada Koperasi Asperindo. Inovasi, 7(2), 67-76.

Rohmah, Farida dan Husni Awali. 2020. Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan UMKM di Kota Pekalongan di Tengah Dampak Covid-19. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. Volume2 Nomor 1, Januari –Juni 2020

Suci, Fellyanda. 2020. Cerita Lengkap Asal Mula Munculnya Virus Coronadi Wuhan

Sunarsi, D. (2020). Implikasi Digitalisasi Umkm. Digitalisasi UMKM, 57. books.google.com

_________. (2020). The Influence of Supply Chain Strategy on Employee Performance on Small and Medium Business in Beringharjo Market, Yogyakarta- Indonesia. International Journal of Supply Chain Management. Vol. 9, No. 5

Susanti, Neneng dan Sakina Ichsani. 2012. Industri Kreatif Memerlukan Banyak Promosi. Seminar Nasional Kewirausahaan dan Inovasi Bisnis II 2012 (SNKIB II 2012) Universitas Tarumanagara, Jakarta, 18 September 2012ISSN No: 2089-1040

Taufik dan Eka Avianti Ayuningtyas. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Bisnis dan Eksistensi Platform Online. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta p-ISSN 1411-710X e-ISSN 2620-388X

Downloads

Published

2021-01-06