PELATIHAN PERSIAPAN UMKM BINAAN KADIN JAWA BARAT MENGHADAPI FASE NEW NORMAL PASCA PANDEMIK COVID-19

Authors

  • Sakina Ichsani Universitas Widyatama
  • Helin G. Yudawisastra Universitas Widyatama
  • Kharisya Ayu Effendi Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i2.8802

Abstract

ABSTRAK

 

            Pandemi COVID-19 telah mempengaruhi tatanan hidup dan kebiasaan masyarakat di dunia pada umumnya dan di Indonesia pada khususnya. Masyarakat yang pada kesehariannya telah terbiasa untuk berinteraksi secara langsung, karena adanya COVID-19 maka masyarakat harus mulai terbiasa dengan pola hidup dengan social distancing. UMKM menjadi salah satu sektor yang terpuruk akibat pandemi Covid-19. Metode pelaksanaan adalah dengan memberikan pengajaran lewat daring yaitu menggunakan aplikasi googlemeet dan kemudian dilanjutkan dengan melakukan forum diskusi tanya jawab dengan mitra yang tergabung dalam KADIN Jawa Barat. Pada era new normal, UMKM mampu meningkatkan konsumsi nasional yang selanjutnya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional. Strategi yang dapat di terapkan oleh UMKM dalam menghadapi kondisi new normal adalah dengan melakukan penyesuaian transaksi bisnis perusahaan yang bersifat konvensional dan memanfaatkan berbagai jejaring social sehingga akan membuat kontak fisik akan berkurang. Perusahaan juga dapat mengadopasi panduan keselamatan kerja yang tetap memberikan rasa aman dan nyaman bagi karyawan dan konsumen.

 

Kata Kunci: Pandemi COVID-19, New normal, UMKM

 

References

Ajimat, A., Sunarsi, D., & Sidiq, F. (2020). Berwirausaha Memanfaatkan Media Sosial Pada Daerah Sepatan. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 69-76.

Baas, T. dan M. Schrooten. 2006. Relationship Banking and SMEs: A Theoretical Analysis. Small Business Economics, 27.

Basri, Y.Z. and M. Nugroho. 2009. Ekonomi Kerakyatan: Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jakarta: Penerbit Universitas Trisakti.

Das, A.K. and N.B. Dey. 2005. Financial Management and Analysis Practices in Small Business: An Exploratory Study in India. Working Paper, http://sbaer.uca. edu/research/icsb/2005/paper53.pdf.

Effendy, A. A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 702-714.

Haque, MG., Munawaroh, Sunarsi, D., (2020). Analysis of SMEs Culinary Marketing Strategy During Covid 19 Pancemic: A Study at “Sate Bebek Cilegon†Resto in Cilegon, Banten. International Journal of Education, Information Technology, and Others. Vol.3. Issue 2

Hidayat, Rahmad. Utami, Issa Dyah dan Romadhani, Sari. 2011. Pengembangan Strategi Komunikasi Pemasaran Industri Kecil Menengah (IKM). CoverAge : Journal of Strategic Communication. Vol. 1 No. 2. Hal. 2005-221.

Indra dan Lestari, S. 2009. Kajian Efektivitas Model Promosi Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Pengkajian Koperasi dan UKM. Vol. 4. Hal. 116- 139.

Jati, H., B. Bala, dan O. Nisnoni. 2004. Menumbuhkan Kebiasaan Usaha Kecil Menyusun Laporan Keuangan. Jurnal Bisnis dan Usahawan, II (8), 210-218

Kirschenmann, K. and L. Norden. 2010. The Relation between Borrower Risk and Loan Maturity in Small Business Lending. Working paper. http://terberger. bwl.uni-annheim.de/fileadmin/images/mitarbeiter/ KirschenmannNorden /Aug2010.pdf

Lukiastuti, Fitri, et.al (2020). The Influence of Entrepreneur’s Personal Characteristics on SMES Performance Mediated by Entrepreneurial Orientation. International Journal of Psychosocial Rehabilitation. Volume 24 - Issue 8

Mac an Bhaird, C. and B.M. Lucey. 2010. Determinants of Capital Structure in Irish SMEs. Small Business Economics, 35 (3), 357-375.

Mazanai, M. and O. Fatoki. 2012. Perceptions of Start-up Small and Medium-Sized Enterprises (SMEs) on the Importance of Business Development Services Providers (BDS) on Improving Access to Finance in South Africa. Journal of Social Science, 30 (1), 31-41.

Mehta, P., McAuley, D. F., Brown, M., Sanchez, E., Tattersall, R. S., Manson, J. J., & HLH Across Speciality Collaboration. (2020). COVID-19: consider cytokine storm syndromes and immunosuppression. Lancet (London, England), 395(10229), 1033.

Murniati. 2002. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyiapan dan Penggunaan Informasi Akuntansi pada Pengusaha Kecil dan Menengah di Jawa Tengah. Tesis, Universitas Diponegoro.

Pinasti, M.2001.Penggunaan Informasi Akuntansi dalam Pengelolaan Usaha Para Pedagang Kecil di Pasar Tradisional Kabupaten Banyumas. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, 1 (3).

Siregar, S.V., S.N. Harahap, dan Wasilah. 2011. Evaluasi Tantangan Penerapan Standar Akuntansi Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) untuk Usaha Kecil dan Menengah. Proposal Hibah RUUI

Van Hemert, P., E. Masurel, and P. Nijkamp. 2011. The Role of Knowledge Sources of SME’s for Innovation Perception and Regional Innovation Policy. Working paper. http://dare.ubvu.vu.nl/ bitstream/1871/24072/1/ rm%202011- 39.pdf.

Warsono, S. dan E. Murti. 2010. Akuntansi UMKM Ternyata Mudah Dipahami dan Dipraktikkan. Yogyakarta: Asgard Chapter Winarno.

World Health Organization. (2020). Coronavirus disease 2019 (COVID-19): situation report, 72.

Downloads

Published

2021-01-06