STUDI ETNOMATEMATIKA PADA AKTIVITAS MASYARAKAT DALAM MEMBUAT PAKAIAN SEHARI – HARI.

Authors

  • Irma Siti Rohimah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Agung Prasetyo Abadi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Haerudin Haerudin Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jsmu.v4i1.10914

Abstract

Matematika dan budaya memiliki kaitan yang sangat dekat. Salah satu hasil dari budaya adalah pakaian yang digunakan sehari – hari. Proses dalam membuat pakaian memerlukan keterampilan yang memuat konsep matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi konsep matematika yang ada dalam aktivitas masyarakat dalam membuat pakaian sehari – hari. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi.  Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung karena terdapat masyarakat yang bekerja sebagai penjahit.  Subjek penelitian dipilih secara purposive. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat konsep matematika dalam aktivitas membuat pakaian sehari – hari, seperti : logika, pengukuran, skala, operasi hitung bilangan, simetri lipat dan geometri.

References

Ayu, G., Hartoyo, A., & Nursangaji, A. (2020). Study Etnomatematika Pada Aktivitas Pengrajin Anyaman Bambu Masyarakat Sejangkung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(9), 1–8.

Firdaus, B. A. B., Widodo, S. A., Taufiq, I., & Irfan, M. (2020). STUDI ETNOMATEMATIKA : AKTIVITAS PETANI PADI DUSUN PANGGANG. Derivat, 7(2), 85–92.

Kemendikbud. (2017). Matematika untuk SMP/MTs Kelas VII Semester 2.

Misbahuddin, M., & Sholihah, A. M. (2018). PAKAIAN SEBAGAI PENANDA: KONTRUKSI IDENTITAS BUDAYA DAN GAYA HIDUP MASYARAKAT JAWA (2000-2016). El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 6(2), 114–133.

Mulyo, R. N., Monalisa, L. A., Setiawan, T. B., & Murtikusuma, R. P. (2018). ETNOMATEMATIKA PADA AKTIVITAS PETANI JERUK DI KECAMATAN PESANGGARAN BANYUWANGI SEBAGAI BAHAN AJAR SISWA. Kadikma, 9(2), 175–184.

Setialesmana, D., & Nurhayati, E. (2020). Eksplorasi etnomatematika dalam merancang kebaya dilihat dari filosofi dan pelajaran matematika. JP3M : Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 6(1), 43–52.

Sunandar, M. A. (2017). Pembelajaran Matematika SMK Bernuansa Etnomatematika. PRISMA, Prosiding Seminar Pendidikan Matematika, 95–105.

Published

2022-01-31

Issue

Section

Articles