KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MAHASISWA PROGRAM STUDI MATEMATIKA FMIPA UNIVERSITAS PAMULANG
DOI:
https://doi.org/10.32493/jsmu.v4i2.17855Keywords:
Kemampuan berfikir Logis MatematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran kemampuan berfikir logis matematis mahasiswa Program Studi Matematika FMIPA Universitas Pamulang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah aljabar abstrak lanjutan. Dalam pengumpulan data menggunakan instrument berupa test yang di desain dengan menggunakan indikator kemampuan berfikir logis. Analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan hasil jawaban mahasiswa, selanjutnya data disajikan dalam bentuk gambar atau grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berfikir logis mahasiswa kelas 05MATP001 dan 05MATM001 berada pada kategori sedang. Dari hasil penelitian terlihat juga, bahwa indikator kemampuan berfikir logis yang paling sulit oleh mahasiswa adalah kemampuan memberikan kesimpulan secara logis. Peneliti menyarankan untuk dapat dilakukan kajian yang mendalam terkait penyebab rendahnya kemampuan berfikir logis serta melatih mahasiswa untuk dapat memberikan kesimpulan yang logis dari hasil yang mereka dapatkan pada indikator sebelumnya.References
Noviani, J., Hakim, H., & Jarwandi, J. 2020. Analisis Kemampuan Berpikir Logis Pada Materi Peluang Di Kelas IX SMP Negeri 1 Takengon. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi. 4(1), 14-23
Ainur Rahman Hidayat. (2018). Filsafat Berfikir : Teknik-teknik berfikir logis, Kontra kesesatan berfikir. In Duta Media (Issue April).
Novia Sari, R. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Logis Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pasir Pengaraian. Jurnal Absis : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 188–193. https://doi.org/10.30606/absis.v2i2.412
Octaria, D. (2017). Kemampuan Berpikir Logis Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Pgri Palembang Pada Mata Kuliah Geometri Analitik. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(2), 181–194. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i2.1740
Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Systematic literature review : pengaruh motivasi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa 1). Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(2), 236–248.
Utama, A. K. S., & Haerudin. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berfikir Logis Matematis. Anargya : Jurnal Pendidikan Matematka, 4(1), 55–61.
Wulandari, L., & Fatmahanik, U. (2020). Kemampuan Berpikir Logis Matematis Materi Pecahan pada Siswa Berkemampuan Awal Tinggi. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 43–57. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i1.312
Downloads
Published
Issue
Section
License
This content licensing is in accordance with a CC license: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/ CC-BY-NC-SA.