ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA FMIPA UNJ DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN REGRESI LOGISTIK MULTINOMIAL

Authors

  • Vera Maya Santi Universitas Negeri Jakarta
  • Syarifah Ayu Angela Pogram Studi Matematika, FMIPA Universitas Negeri Jakarta
  • Yudi Mahatma Pogram Studi Matematika, FMIPA Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32493/jsmu.v4i2.18245

Keywords:

Covid-19, Pembelajaran Jarak Jauh, Regresi Logistik Multinomial.

Abstract

Perubahan pola pendidikan yang terjadi dikarenakan pandemi Covid-19 mengharuskan kegiatan pembelajaran dilakukan melalui pembelajaran jarak jauh. Dalam hal ini, berbagai platfrom telah meluncurkan aplikasi-aplikasi yang dapat memfasilitasi kegiatan pembelajaran antara lain Zoom, Google Classroom, Google Meet, Microsoft Teams, WhatsApp dan aplikasi lainnya. Masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan. Penelitian ini mengamati tiga aplikasi pembelajaran jarak jauh, yaitu Zoom, Google Meet dan Microsoft Teams. Analisis lebih mendalam perlu dilakukan untuk mengetahui persepsi mahasiswa FMIPA UNJ dalam menggunakan aplikasi pembelajaran jarak jauh dan mengetahui aspek-aspek penilaian yang mempengaruhi persepsi mahasiswa FMIPA UNJ dalam menggunakan aplikasi pembelajaran jarak jauh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi logistik multinomial. Dari hasil analisis diperoleh model logit persepsi mahasiswa FMIPA UNJ dalam menggunakan aplikasi pembelajaran jarak jauh dengan regresi logistik multinomial adalah  dan  serta dari hasil analisis uji serentak diperoleh bahwa aspek penilaian kemudahan mengakses , tampilan aplikasi , fitur-fitur yang tersedia  dan penggunaan kuota  mempengaruhi persepsi mahasiswa FMIPA UNJ dalam menggunakan aplikasi pembelajaran jarak jauh.

Author Biography

Vera Maya Santi, Universitas Negeri Jakarta

Program Studi Statistika

References

Agresti, A. (2002). Logit models for multinomial responses. Categorical data analysis (Vol. 2). Wiley Series in Probability and Statistics.

Chatterjee, S., & Hadi, A. S. (2015). Regression Analysis by Example. John Wiley & Sons.

Firdaus, A. A., Nashiroh, P. K., & Djuniadi, D. (2020). Hubungan Nilai Matematika dengan Prestasi Belajar Pemrograman Berorientasi Objek pada Siswa Kelas XII Jurusan RPL SMK Ibu Kartini Semarang. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI,.

Gusniar, L. A., & Listyani, E. (2018). Analisis Regresi Logistik Multinomial pada Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kadar Gula Darah Penderita Diabetes Mellitus. Jurnal Matematika-S1.

Hermawan, T. (2020). Aplikasi Regresi Logistik dalam Analisis Kepuasan Penggunaan Layanan Bimbel.

Hosmer, D. W., & Lemeshow, S. (2000). Applied Logistic Regression (2nd Edition ed.). New York: John Wiley.

Puspaningtyas, N. D., & Dewi, P. S. (2020). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Daring. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif).

Santi, V. M., Japar, M., & Rahayu, W. (2017). Klasifikasi Kejahatan Narapidana Berdasarkan Karakteristik Wajah Menggunakan Model Regresi Logistik Multinomial. Seminar Nasional Pendidikan Matematika UHAMKA. Jakarta Timur.

Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat COVID 19. JURNAL MAPPESONA.

Taufiqurrahman, M. (2020). Perkuliahan daring mata kuliah Ilmu Pendidikan Islam pada masa darurat Covid-19. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 213-224.

Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan Media dan Strategi Pembelajaran untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh di Pandemi Covid-19. JGK (Jurnal Guru Kita), 51-58.

Published

2022-01-31

Issue

Section

Articles