ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA FMIPA UNJ DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN REGRESI LOGISTIK MULTINOMIAL
DOI:
https://doi.org/10.32493/jsmu.v4i2.18245Keywords:
Covid-19, Pembelajaran Jarak Jauh, Regresi Logistik Multinomial.Abstract
Perubahan pola pendidikan yang terjadi dikarenakan pandemi Covid-19 mengharuskan kegiatan pembelajaran dilakukan melalui pembelajaran jarak jauh. Dalam hal ini, berbagai platfrom telah meluncurkan aplikasi-aplikasi yang dapat memfasilitasi kegiatan pembelajaran antara lain Zoom, Google Classroom, Google Meet, Microsoft Teams, WhatsApp dan aplikasi lainnya. Masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan. Penelitian ini mengamati tiga aplikasi pembelajaran jarak jauh, yaitu Zoom, Google Meet dan Microsoft Teams. Analisis lebih mendalam perlu dilakukan untuk mengetahui persepsi mahasiswa FMIPA UNJ dalam menggunakan aplikasi pembelajaran jarak jauh dan mengetahui aspek-aspek penilaian yang mempengaruhi persepsi mahasiswa FMIPA UNJ dalam menggunakan aplikasi pembelajaran jarak jauh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi logistik multinomial. Dari hasil analisis diperoleh model logit persepsi mahasiswa FMIPA UNJ dalam menggunakan aplikasi pembelajaran jarak jauh dengan regresi logistik multinomial adalah dan serta dari hasil analisis uji serentak diperoleh bahwa aspek penilaian kemudahan mengakses , tampilan aplikasi , fitur-fitur yang tersedia dan penggunaan kuota mempengaruhi persepsi mahasiswa FMIPA UNJ dalam menggunakan aplikasi pembelajaran jarak jauh.
References
Agresti, A. (2002). Logit models for multinomial responses. Categorical data analysis (Vol. 2). Wiley Series in Probability and Statistics.
Chatterjee, S., & Hadi, A. S. (2015). Regression Analysis by Example. John Wiley & Sons.
Firdaus, A. A., Nashiroh, P. K., & Djuniadi, D. (2020). Hubungan Nilai Matematika dengan Prestasi Belajar Pemrograman Berorientasi Objek pada Siswa Kelas XII Jurusan RPL SMK Ibu Kartini Semarang. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI,.
Gusniar, L. A., & Listyani, E. (2018). Analisis Regresi Logistik Multinomial pada Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kadar Gula Darah Penderita Diabetes Mellitus. Jurnal Matematika-S1.
Hermawan, T. (2020). Aplikasi Regresi Logistik dalam Analisis Kepuasan Penggunaan Layanan Bimbel.
Hosmer, D. W., & Lemeshow, S. (2000). Applied Logistic Regression (2nd Edition ed.). New York: John Wiley.
Puspaningtyas, N. D., & Dewi, P. S. (2020). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Daring. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif).
Santi, V. M., Japar, M., & Rahayu, W. (2017). Klasifikasi Kejahatan Narapidana Berdasarkan Karakteristik Wajah Menggunakan Model Regresi Logistik Multinomial. Seminar Nasional Pendidikan Matematika UHAMKA. Jakarta Timur.
Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat COVID 19. JURNAL MAPPESONA.
Taufiqurrahman, M. (2020). Perkuliahan daring mata kuliah Ilmu Pendidikan Islam pada masa darurat Covid-19. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 213-224.
Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan Media dan Strategi Pembelajaran untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh di Pandemi Covid-19. JGK (Jurnal Guru Kita), 51-58.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This content licensing is in accordance with a CC license: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/ CC-BY-NC-SA.