Kepraktisan Model Pembelajaran PBL Dengan Menggunakan Buku Ajar Matematika Berbasis Literasi dan Numerasi Untuk Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Erlin Ladyawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Sri Rahayu Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32493/jsmu.v5i2.19688

Keywords:

Literasi, Numerasi, Project Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keptraktisan penerapan model pembelajaran PBL dengan menggunakan buku ajar matematika berbasis literasi dan numerasi. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik adalah model pembelajaran PBL (Project Based Learning). Penelitian yang telah dilakukan ini merupakan penelitian kuantitatif diskripstif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas XI SMA Mutiara Bunda Sidoarjo, sedangkan sampel yang dipakai adalah kelas XI -A sebagai kelas eksperimen dan XI-B untuk kelas kontrol tahun ajaran 2021/2022. Sedangkan teknik yang digunakan adalah teknik tes. Data yang telah terkumpul yaitu  nilai prestes dan postes akan dianalisis menggunakan SPPS V.21 dengan signifikasi 5%. Dari perolehan data homogenitas menghasilkan nilai sigifikan 0,065. Karena nilai Sig ≥ 0,05, maka gagal tolak H0. Artinya kedua kelas mempunyai nilai varian yang sama atau dengan kata lain kedua kelas merupakan kelas yang homogen. Selanjutnya diperoleh nilai data posttest dengan nilai sig (0,2 < 0,05) maka H0 ditolak, artinya data berdistribusi normal. diketahui nilai N-Gain kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 71,82% dengan memperoleh kriteria cukup efektif. Sedangkan kelas eksperimen memperoleh nilai n-gain sebesar 77,26 dengan kriteria efektif. Dari kedua nilai N-Gain diatas maka dapat diketahui bahwa nilai N-Gain kelas eksperimen memenuhi syarat indikator keberhasilan daripada kelas kontrol. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran PBL (Project Based Learning) dan menggunanakan buku ajar matematika berbasis literasi dan numerasi menmperoleh kriteria praktis. Hal itu diperoleh dari data yang menghasilkan nilai N-Gain kelas eksperimen lebih bagus daripada kelas kontrol. Ada beberapa kelebihan dari pembelajaran dan buku ajar yang digunakan untuk kelas XI SMA Mutiara Bunda yaitu dapat meningkatkan pengetahuan matematika peserta didik, dapat meningkatkan keterampilan matematika, dan dapat langsung menyentuh aktivitas peserta didik dalam memahami masalah sehari-hari melalui pembelajaran berbasis literasi dan numerasi matematika.

 

References

Corebima, M. A., Garak, S. S., & Samo, D. D. (2020). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PROGRAM LINEAR. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i1.569

Hidayah, I. R., Kusmayadi, T. A., & Fitriana, L. (2021). Minimum Competency Assessment (Akm): An Effort To Photograph Numeracy. Journal of Mathematics and Mathematics Education. https://doi.org/10.20961/jmme.v11i1.52742

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Http://Kemdikbud.Go.Id/.

Khikmiyah, F., & Midjan, M. (2017). PENGEMBANGAN BUKU AJAR LITERASI MATEMATIKA UNTUK PEMBELAJARAN DI SMP. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya. https://doi.org/10.24269/js.v1i2.275

Purpura, D. J., & Lonigan, C. J. (2013). Informal Numeracy Skills. American Educational Research Journal. https://doi.org/10.3102/0002831212465332

Rahmat, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i2.12955

Sanjaya, W. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran : Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). In Jakarta :Kencana Prenada Media Group.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. In AR-RUZZ MEDIA.

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Students’ Difficulties Analysis in Problem Solving Process of Geometry Based on Van Hiele Thinking Stages. Jurnal Mosharafa.

Suharyono, E., & Rosnawati, R. (2020). Analisis Buku Teks Pelajaran Matematika SMP ditinjau dari Literasi Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.819

Teledahl, A. (2017). How young students communicate their mathematical problem solving in writing. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology. https://doi.org/10.1080/0020739X.2016.1256447

Triandi, D., Nuryani, P., & Djumhana, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2019). Project Based Learning Model Based on Simple Teaching Tools and Critical Thinking Skills. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ). https://doi.org/10.37891/kpej.v1i1.33

Published

2023-02-02

Issue

Section

Articles