Pembuktian Rumus Luas Lingkaran Melalui Penemuan Terbimbing
DOI:
https://doi.org/10.32493/jsmu.v5i2.26102Keywords:
penemuan terbimbing, pembuktian luas lingkaranAbstract
Kegiatan pembelajaran matematika seringkali memberikan tidak memberikan makna yang berkesan bagi peserta didik, sehingga rumus atau formula yang dipelajari lebih mudah dilupakan ketika pelajaran dilanjutkan pada topik lain. Salah satu cara yang bisa dilakukan guru untuk menjadikan pembelajaran matematika bermakna adalah dengan menggunakan metode penemuan terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana proses penemuan terbimbing berkaitan dengan pembuktian rumus luas lingkaran yang dialami peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2022 dengan melibatkan dua orang peserta didik kelas VIII di salah satu SMP di Kota Yogyakarta. Data penelitian dikumpulkan melalui hasil kerja siswa, hasil tes tulis siswa, catatan lapangan dan observasi. Seluruh data yang dikumpulkan kemudian disusun dan dideskripsikan untuk ditarik simpulannya. Penelitian menunjukkan bahwa proses penemuan terbimbing yang dilakukan peserta didik yaitu stimulasi, pernyataan masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan penarikan simpulan. Melalui penemuan terbimbing peserta didik dapat membuktikan rumus luas lingkaran menggunakan rumus luas persegi panjang. Selain itu, kegiatan pembelajaran melalui penemuan terbimbing juga memberi motivasi pada peserta didik dan mendorongnya pada kegiatan kemandirian dan meningkatkan kepercayaan diri. Penggunaan alat peraga atau media dalam penelitian ini juga memberi dampak pada meningkatnya minat peserta didik belajar matematika dan menjadikan alat peraga sebagai jembatan pemahaman konkret dan abstrak peserta didik.References
Azizah, J., & Sarumaha, Y. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran dalam Membantu Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Persamaan Linier Satu Variabel. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika, Statistika, 3(2), 397–405.
Betyka, F., Putra, A., & Erita, S. (2019). Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Segitiga. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 179–189. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7684
Cheng, L. P., Tay, E. G., & Lee, T. Y. (2010). On the Area of Circle. In Technical Report ME2010-01 July 2010 Mathematics & Mathematics Education National Institute of Education Singapore (Issue July, pp. 1–5).
Fitriyanti, F. (2019). Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Ketrampilan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik SDN 3 Candimulyo Tahun 2018/2019. Indonesian Journal of Education and Learning, 3(1), 318–323. https://doi.org/10.31002/ijel.v3i1.1742
Hamidah, H., & Kusuma, J. W. (2021). Pendampingan Belajar Matematika Membuktikan Luas Lingkaran Dengan Pendekatan Luas Bangun Datar Lainnya. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 385–395.
http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/4047
Harnenotuan, K., Maifa, T. S., & Salsinha, C. N. (2021). Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Lingkaran Kelas VIII Smp Negeri 1 Biboki Utara. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Timor, 9(September), 16–22.
Hermawan, A. S., & Hidayat, W. (2018). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Smp Melalui Pendekatan Penemuan Terbimbing. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 7–12.
https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i1.p7-12
Huda, N., & Yuni, Y. (2022). Pembuktian Nilai “pi†pada Siswa SMP dengan Metode Penemuan Terbimbing. Jendela Pendidikan, 2(02), 235–244.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Perancangan Pembelajaran Prosedur Pembuatan RPP yang Sesuai dengan Kurikulum 2013. Kata Pena.
Masruroh, F. (2014). MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS LINGKARAN DENGAN MEDIA ViRuS ( VISUAL RUMUS ). Jurusan Tadris Matematika IAIN Tulungagung, D.
Mauludya, N., & Supriyo. (2021). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Pembuktian Rumus Luas Lingkaran Menggunakan Integral. Transformasi Pembelajaran Nasional 2021, 1, 254–262.
Maure, Y. L., Djong, K. D., & Dosinaeng, W. B. N. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA pada Materi Program Linear. ASIMTOT: Jurnal Kependidikan Matematika, 2(1), 47–56.
Nasruddin, N., Mashuri, S., & Nafiah, U. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Segitiga Melalui Pendekatan Penemuan Terbimbing Siswa SMP. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 80. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.169
Nuraini, N. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Keliling dan Luas Lingkaran Pada Peserta Didik Melalui Metode Diskusi di Kelas IV SDN 156/X Tanjung Solok Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. Journal on Education, 4(2), 644–656. https://doi.org/10.31004/joe.v4i2.474
Nurlitaningsih, R., & Sarumaha, Y. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Presentasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIIISekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Sosial Sains, 2(1), 135–148. https://doi.org/10.36418/sosains.v2i1.319
O’Dell, J. R., Rupnow, T. J., Cullen, C. J., Barrett, J. E., Clements, D. H., Sarama, J., & Van Dine, D. W. (2016). Developing an Understanding of Children’s Justifications for the Circle Area Formula. North American Chapter of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, 235–242.
Pasaribu, E. (2017). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Maju, 4(2), 70–81.
Riyadi, A., Mulyono, D., & Purwasi, L. A. (2018). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika Siswa SMP. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 1(1), 51–58. https://doi.org/10.31539/joeai.v1i2.394
Sarumaha, Y. A. (2016). Perubahan Pembelajaran yang Berpusat pada Guru ke Berpusat pada Siswa. Intersections, 1(1), 1–10.
Sarumaha, Y. A., & Kurniasih, A. (2022). Pemanfaatan Alat Peraga untuk Melatih Pemahaman Peserta Didik terhadap Operasi Aljabar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 369–380.
Tan, S., Wijaya, T. T., Zou, L., & Hermita, N. (2020). Proving the Formula for the Area of a Circle using Hawgent Dynamic Mathematics Software. Journal of Physics: Conference Series, 1655(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1655/1/012052
Tang, M. (2022). J . A . I : Jurnal Abdimas Indonesia. Abdimas Indonesia, 2(3), 349–365. https://dmi-journals.org/jai/article/view/226
Tayibu, N. Q., & Faizah, A. N. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 117–128. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.728
Van Den Heuvel-Panhuizen, M. (2000). Mathematics education in the Netherlands: A guided tour. Freudenthal Institute CD-Rom for ICME9, 2(March 1999), 1–32. http://www.staff.science.uu.nl/~heuve108/download/VandenHeuvel-Panhuizen_papers-about-RME/RME-topics/other-rme-topics/vdHeuvel-2000_rme-guided-tour.pdf
Yuwono, T., Ningrum, A. D. I., & Susilo, D. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Discovery Learning Membuktikan Luas Dan Keliling Lingkaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 479. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3091.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This content licensing is in accordance with a CC license: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/ CC-BY-NC-SA.