Analisis Kepuasan Siswa Terhadap Proses Pembelajaran Pasca Pandemi Covid 19 Studi Kasus SMK dan MA AL-MANAR Kabupaten Bogor

Authors

  • Gerry Sastro Universitas Pamulang
  • Yulianti Rusdiana Universitas Pamulang
  • Andi Nur Rahman Universitas Pamulang
  • Mohamad Nuryadi Sirajudin Universitas Pamulang
  • Fikria Fauziah Universitas Pamulang
  • Fince Rauna Rehi Bota Universitas Pamulang
  • Sri Intani Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jsmu.v5i2.33315

Abstract

Salah satu acuan penting suatu lembaga pendidikan dalam meningkatkan kualitasnya adalah dengan meningkatkan proses pembelajaran di sekolah. Indikator keberhasilan dalam proses pembelajaran dapat diamati dari kepuasan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran. Terjadinya perubahan proses pembelajaran yang dilakukan disekolah SMK/MA Al-Manar sebelum dan setelah pandemi COVID-19 berdampak secara tidak langsung terhadap kepuasan peserta didik. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menganalisa kepuasan adalah dengan Metode Servqual dan IPA. Metode Servqual digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan peseta didik dan kesuksesan layanan yang diberikan sekolah dan dijadikan acuan untuk menyusun strategi baru dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan survey. Servqual menggunakan skala likert dengan kisaran 1 (Stronglydisagree) hingga 5 (stronglyagree). Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan sekunder. Berdasarkan nilai CSI-nya yaitu sebesar 64,24553, maka dapat disimpulkan bahwa siswa SMK/MA Al Manar cukup puas terhadap kualitas pelayanan dalam proses pembelajaran pasca pandemi COVID-19. Terdapat 6 Faktor yang berada di kuadran I yang artinya harapannya masih lebih tinggi dibandingkan kenyataan, 1 faktor di kuadran II yang sesuai harapan, 4 faktor di kuadran III yang artinya harapan dan kenyataannya sama-sama rendah dan terdapat 4 faktor yang kenyataaanya melebihi harapan

Author Biographies

Gerry Sastro, Universitas Pamulang

Dosen prodi matematika unpam

Yulianti Rusdiana, Universitas Pamulang

Dosen prodi matematika unpam

Andi Nur Rahman, Universitas Pamulang

Dosen prodi matematika unpam

Mohamad Nuryadi Sirajudin, Universitas Pamulang

Program Studi Matematika Unpam

Fikria Fauziah, Universitas Pamulang

Program Studi Matematika Unpam

Fince Rauna Rehi Bota, Universitas Pamulang

Program Studi Matematika Unpam

Sri Intani, Universitas Pamulang

Program Studi Matematika Unpam

References

Ilmadi, I. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Perusahaan Jasa Pengiriman Terbaik Dengan Menggunakan Metode AHP dan TOPSIS. Statmat : Jurnal Statistika Dan Matematika, 1(1), 78–87. https://doi.org/10.32493/sm.v1i1.2374

Irawati, D. Y., & Jonatan, J. (2020). Evaluasi Kualitas Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Kasus di Fakultas Teknik, Universitas Katolik Darma Cendika. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 9(2), 135–144. https://doi.org/10.26593/jrsi.v9i2.4014.135-144

Musyarofah, B., & ilmadi. (2021). PELAYANAN DENGAN METODE IMMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS ( IPA ) ( Studi Kasus Di Rumah Makan Pecak Bandeng Bunda Fiqrah ). 2(1), 85–95.

Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23–33. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32771

Nurdianti, R. R. S., & Suhendra. (2019). Analisis Kepuasan Mahasiswa Melalui Metode Service Quality ( Servqual ) Pada Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi. Jurnal Siliwangi : Seri Pendidikan, 5(1).

Pramasatya, A. G., Wulandari, S., & Tripiawan, W. (2017). Peningkatan Kualitas Layanan Pendidikan Pada TK Sandhy Putra Menggunakan Metode QFD. eProceeding of Engineering, 4(3), 4278-4285.

Kamble, A.A., & Sarangdhar, P. (2015). Assessing Service Quality and Customer Satisfaction in Management Education Using SERVQUAL Model. Journal of Commerce & Management Thought, 6(2), 369-382.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Surya, C. (2018). Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode TOPSIS (Studi Kasus : Amik Mitra Gama). Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 2(1), 322–329. https://doi.org/10.29207/resti.v2i1.119

Soares, M.C., Novaski, O., & Anholon, R. (2017). Servqual Model Applied to Higher Education Public Administrative Services. Brazilian Journal of Operations & Production Management, 14(3), 338-349.

Wagner, A., Merino, E.A.D., Martinelli, M., Polacinski, E., Wegner, R.S., & Godoy, L.P. (2017). The Quality of Services in a Higher Education Institution: An Evaluation for The Integration of AHP, Servqual and QFD Methods. Disciplinarum Scientia, 12(1), 109-129.

Wijaya, I. G. N. S., & Suwastika, I. W. K. (2017). Analisa Kepuasan Pengguna E-Learning Menggunakan Metode Kano. Jurnal Sistem Dan Informatika, 12(1), 128– 138.

Published

2023-07-01

Issue

Section

Articles