ANALISIS KONTEN EDUKATIF SIMPLE FLASHLIGHT UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Lukmanto Lukmanto IAIN KUDUS
  • Khoirul Nikmah IAIN Kudus
  • Eva Anastasya Mellinia IAIN Kudus
  • Noviatul Munawaroh
  • Yuli Indriyani
  • Alfiatur Rohmaniyah
  • Hanik Malichatin

DOI:

https://doi.org/10.32493/jsmu.v4i1.6894

Keywords:

Keywords, Educational Content, Simple Flashlight, Online Learning.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi secara objektif tentang penayangan video edukasi Simple Flashlight dan efektifitas video sebagai media pembelajaran daring bagi peserta didik tingkat SMP/MTs. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik komunikasi secara tidak langsung dengan alat pengumpulan data berupa angket menggunakan media Google Form  dan dokumentasi. Responden pada penelitian ini berjumlah 80 peserta didik kelas IX dan 13 guru IPA. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas penonton video adalah perempuan dan rata-rata durasi tontonan hanya sampai menit ke 02.24 yaitu pada tahap pembuatan. Hal ini disebabkan penonton dari kalangan perempuan kurang tertarik dengan sesuatu yang berkaitan dengan kelistrikan. Selain itu pula, penggunaaan alat dan bahan yang biasa saja dianggap kurang menarik.  Hasil penelitian lain menunjukkan 59% responden peserta didik dan 51% responden guru menyatakan media tersebut layak sebagai media pembelajaran daring. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan video “How To Make A Simple Flaslight†efektif sebagai  media pembelajaran IPA. Hal ini disebabkan konten video tersebut bukan hanya berisi cara pembuatan tetapi juga terdapat pembahasan teori sains yang sesuai dengan kompetensi dasar dalam mata pelajaran IPA.

References

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Lampuhyang, 11(2), 13–25. https://doi.org/https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v11i2.194

Atsani, L. G. M. Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Al Hikmah : Jurnal Studi Islam, 1(1).

Kozikoğlu, İ., & Babacan, N. (2019). The investigation of the relationship between Turkish EFL teachers’ technological pedagogical content knowledge skills and attitudes towards technology. Journal of Language and Linguistic Studies, 15(1), 20–33. https://doi.org/10.17263/jlls.547594

Lestari, R. (2013). Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan Dan Menggembirakan (The Second Progressive and Fun Education Seminar), 607–612. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/9566/68.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Luhsasi, D. I., & Sadjiarto, A. (n.d.). YOUTUBE: TROBOSAN MEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI BAGI MAHASISWA.

Renawati, D. (2012). enelitian Tindakan Kelas (PTK) Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Metode Belajar Kreatif Dan Mandiri Melalui Pembuatan Senter Sederhana Pada Siswa Kelas VI Semester II SDN Sumber Kejayan 03 Kecamatan Mayang Kabupaten Jember.

Ririn Puspita, T., Niko Kurniawan, L., & Karim, N. (2020). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa di Tengah Pandemi Covid-19. Juurnal Komunikasi Masyarakat Dan Keamanan (KOMASKAM), 2(2), 1–15.

Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Muthaharah : Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2). https://doi.org/https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Samosir, F. T., Pitasari, D. N., Purwaka, & Tjahjono, P. E. (2018). Efektivitas Youtube sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa (Studi Di Fakultas FISIP Universitas Bengkulu). Record and Library Journal, 4(81–91).

Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawadi, J. (2019). Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial. Journal of Civic Education, 2(3), 313–323. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jce.v2i4.135

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Janapati Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 8(1), 81–86. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sularno. (2017). Peningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Membuat Senter Sederhana Dengan Metode Demonstrasi. Indonesian Journal on Education and Research, 2(1), 68–72.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. PT. Remaja Rosdakarya.

Utami, A. septi A., Chodzirin, M., & Khasanah, N. (n.d.). VIDEO BLOG (VLOG) SISTEM REPRODUKSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Bioeduin : Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 9(2), 53–64.

Wekke, I. S., & Hamid, S. (2013). Technology on Language Teaching and Learning: A Research on Indonesian Pesantren. Procedia - Social and Behavioral Sciences 83, 585–589.

Yusri, Y., Rosida, A., Jufri, J., & R, M. (2018). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE BERBASIS VARIOUS APPROACHES DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 2(2), 77–82.

Downloads

Published

2021-07-31

Issue

Section

Articles