PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII SMP

Authors

  • Sefrinal Sefrinal STKIP Pesisir Selatan
  • Melia Roza STKIP AHLUSSUNNAH

DOI:

https://doi.org/10.32493/jsmu.v3i2.7384

Keywords:

Two Stay Two Stray (TSTS), Pemahaman Konsep Matematis.

Abstract

Proses pembelajaran matematika di siswa SMP Negeri 2 Sutera belum sepenuhnya terlibat secara aktif selama proses pembelajaran, sehingga pemahaman konsep matematis siswa kurang baik. Upaya yang dapat dilakukan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Penelitian bertujuan mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi perbandingan SMP Negeri 2 Sutera kelas VII. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 13 Januari 2020 sampai 14 Februari 2020 dengan menggunakan metode Kuantitatif,  pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes berupa soal essay yang menguji pemahaman konsep matematis siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih baik daripada model pembelajaran konvensional.

Author Biographies

Sefrinal Sefrinal, STKIP Pesisir Selatan

Dosen Prodi Matematika STKIP Pesisir Selatan

Melia Roza, STKIP AHLUSSUNNAH

Dosen Prodi Matematika STKIP Ahlussunnah Bukittinggi

References

Handayani, Mimi. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 3 No 1. Hal 56-60.

Shadiq, Fadjar. 2009. Kemahiran Matematika. Ypgyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ.MEDIA.

UPI.

Sumarmo, Utari. 2014. Berpikir Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya. Bandung: UPI.

Published

2021-01-31

Issue

Section

Articles