PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK
DOI:
https://doi.org/10.32493/jsmu.v3i2.7398Keywords:
Berpikir Kreatif, Pembelajaran Matematika RealistikAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP melalui Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Peningkatan ditinjau berdasarkan kemampuan peserta didik menjawab pertanyaan yang telah disusun berdasarkan aspek kemampuan berpikir kreatif. Metode penelitian menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan memberikan soal pretest dan postest. Sample penelitian melibatkan 82 peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al-Kamil, terdiri dari satu kelas eskperimen dan satu kelas control yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian menggunakan soal berbentuk esai sebanyak 4 butir pertanyaan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini berupa uji normalitas, homogenitas, dan uji normalized gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan PMR dinilai kurang efektif sehingga peningkatan yang terjadi pun sangat rendah.References
Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. Unpublished.[Online] URL: Http://Www. Physics. Indiana. Edu/~ Sdi/AnalyzingChange-Gain. Pdf.
Handoko, H. (2017). Pembelajaran Matematika Model Savi Berbasis Discovery Strategy Materi Dimensi Tiga Kelas X . EduMa.
Huda, C. (2011). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah Matematika dengan model Pembelajaran Treffinger pada materi pokok Keliling dan Luas Persegi dan Persegipanjang. Digital Library: UIN Sunan Ampel.
Iskandar, J. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY.
Kartiwa, I. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Universitas Pasundan: Institutional repositories & scientific journals.
Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA.
Mayasari, M., Ratnapuri, S., Nursafitri, N., Handayani, N., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII SMP pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jurnal Pendidikan Tambusai.
Meika, I., & Sujana, A. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika.
Muhtadi, D., & Sukirwan, S. (2018). Implementasi Pendidikan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika.
Putri, C. A., Munzir, S., & Abidin, Z. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Brain-Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika.
Saefudin, A. A. (2012). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan PMRI. Al-Bidayah.
Sari, V. A., Studi, P., Matematika, P., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2019). Dampak Strategi Pembelajaran dan Tingkat Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/71794/11/NASKAH PUBLIKASI-37.pdf
Sumarmo, U. (2014). Berpikir dan Disposisi Matematika Serta Pembelajarannya. Kumpulan Makalah Pendidikan Matematika FPMIPA UPI Bandung.
Usdiyana, D., Purniati, T., Yulianti, K., & Harningsih, E. (2009). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMP melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Wijaya, A. (2012). Pendidikan matematika realistik: suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This content licensing is in accordance with a CC license: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/ CC-BY-NC-SA.