PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM PADA MASYARAKAT

Authors

  • Hasruddin Dute Universitas Yapis Papua Jayapura
  • Zaidir Zaidir Universitas Yapis Papua Jayapura

DOI:

https://doi.org/10.32493/kahpi.v3i1.p34-45.12952

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan fungsi seorang pendidik di masyarakat. Pada dasarnya pendidikan Islam merupakan suatu proses yang berlangsung secara terus menerus dan mengalir ke dalam kehidupan manusia dan berlangsung sepanjang hayat. Tugas dan fungsi pendidikan ditujukan kepada anak sekolah yang berkembang dan
berkembang secara dinamis dari isi sampai akhir hayat dan yang tidak dapat memisahkan keberhasilan pendidikan dari sisi pedagogis. Pendidik pada hakikatnya adalah orang yang diamanahkan yang bertanggung jawab atas dunia akhirat dengan mendidik, membimbing,
membimbing dan menuntun peserta didik ke pintu gerbang kesuksesan baik dunia maupun akhirat. Untuk menjadi berkualitas dan profesional, kriteria dan persyaratan tertentu harus dipenuhi dalam konteks tujuan hidup dan juga kualitas yang harus dibawa oleh pendidik dalam melaksanakan tugasnya dan sebagai pendidik. Metode yang dipakai di
dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, atau dapat digunakan dalam bahan pustaka sebagai sumber informasi untuk menjawab permasalahan tentang pendidik dalam pendidikan. Sebagai seorang pendidik seorang guru memainkan peran yang sentral bagi
peserta didik. Peran guru dalam membina siswa agar menjadi manusia yang berkarakter sangat dibutuhkan. Pertama sebagai pendidik dan pengajar. Kedua sebagai pemberi keteladanan dan menjadi teladan. Ketiga, menjadi solusi di tengah-tengah masyarakat.

Kata Kunci: Pendidik; Pendidikan Islam.

Author Biographies

Hasruddin Dute, Universitas Yapis Papua Jayapura

Dosen Pendidikan Agama Islam di Universitas Yapis Jayapura

Zaidir Zaidir, Universitas Yapis Papua Jayapura

Dosen Pendidikan Agama Islam di Universitas Yapis Jayapura

References

AKBAR, T. (2021). Pendidik dalam Pendidikan

Islam (Religius-Rasional) Studi Tokoh

Mohammad Natsir dan Harun Nasution.

UIN Raden Intan Lampung.

Almujtaba, P. W., Mangkurat, U. L., & Profesi,

A. K. (2021). Guru dan profesionalitas

dalam pendidikan. 1(2), 1–10.

Anam, K., & Amri, A. (2020). Pendidik dalam

Perspektif Pendidikan Islam. Akademika:

Jurnal Keagamaan Dan Pendidikan, 16(1),

–94.

Ariani, N. (2021). Profesi Keguruan. PUBLIKASI

PEMBELAJARAN, 1(2), 68–72.

Arista, O. (2020). Komitmen guru sertifikasi

dalam melaksanakan tugas mengajar di

Sekolah Menengah Atas Negeri

Kecamatan Pauh Padang. Jurnal Bahana

Manajemen Pendidikan, 2(1), 542–549.

Aslamiah, S. (2020). KESULITAN BELAJAR

BAHASA INGGRIS DALAM PERSPEKTIF

PENDIDIKAN. PrimEarly: Jurnal Kajian

Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini,

(2), 134–146.

Dute, H. (2019). Kebijakan Pemerintah

Terhadap Pendidikan Agama di Sekolah

Umum Pra Kemerdekaan dan Pasca

Kemerdekaan. 309. 3(1), 309–331.

Dute, H. (2020). Peranan Lingkungan Keluarga

dan Lingkungan Sekolah Terhadap

Pembentukan Akhlak SIswa. Jurnal

Kependidikan Dan Keagamaan, 4(1), 303–

Fatmawati, E. (2020). Kerjasama Orang Tua

Dan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi

Belajar Peserta Didik. IBTIDA’, 1(2), 135–

Haniyyah, Z. (2021). Peran Guru PAI dalam

Pembentukan Karakter Islami SIswa di

SMPN 03 Jombang. Irsyaduna: Jurnal

Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 75–86.

Hasan, I. (2021). Tugas Pendidik Dalam Al-

Quran. Universitas Islam Negeri

Sumatera Utara.

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019).

Keterlibatan Orang Tua dalam

Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal

Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia

Dini, 3(1), 214.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152

Johar, R., & Hanum, L. (2021). Strategi Belajar

Mengajar: Untuk Menjadi Guru yang

Profesional. Syiah Kuala University Press.

Kasih, F., Suryadi, S., & Triyono, T. (2021).

Kolaborasi Pendidik Dan Peserta Didik

Dalam Proses Belajar Mengajar Pada

Masa New Normal. Wahana Dedikasi:

Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 4(1), 46–

Mardiah, F. (2020). Analisis kandungan buku

sirah nabawiyah tentang suri teladan

nabi muhammad saw untuk membina

karakter siswa di MI. UIN Sunan Gunung

Djati Bandung.

Marlina. (2017). Pendidik dalam Konteks

Pendidikan Islam. Al I’tibar, 3(1), 27–40.

Marlina, R. (2020). Identifikasi kesulitan

belajar sains dan upaya yang dilakukan

guru sekolah menengah untuk

mengatasinya. Jurnal Pendidikan

Informatika Dan Sains, 9(1), 13–20.

Mustafa, M. S. (2020). Pengabdian Tanpa

Pamrih Tangguru Jahido’untuk

Masyarakat Pangkep. PUSAKA, 8(1), 1–20.

Muvid, M. B. (2020). Konsep Pendidikan

Agama Islam Dalam Tinjauan Hadits

(Studi Analisis Tentang Hadits-Hadits

Pendidikan). Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah

Pendidikan, 4(1), 1–27.

Parda, A., Kohar, A., Tinggi, S., & Islam, A.

(2021). Strategi Kepala Sekolah dalam

Mengembangkan Profesionalisme dan

Kompetensi Tenaga Pendidik di Ma Al-

Hidayah. 1(2), 163–182.

Rosyid, U. S. (2020). METODE

PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF

NABI MUHAMMAD SHALLALLAHU

‘ALAIHI WASALLAM. Jurnal Aksioma Ad-

Diniyyah: The Indonesian Journal of

Islamic Studies, 8(1).

S, M. T., Muslimah, M., Riadi, A., & Mukmin,

M. (2021). Implikasi pedagogis al-Qur’an

surah Al-Ahzab ayat 45-48 mengenai

tugas dan fungsi guru sebagai pendidik.

Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1),

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i1.418

Sanjani, M. A. (2020). Tugas dan Peranan

Guru Dalam Proses Peningkatan Belajar

Mengajar. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu

Pendidikan, 6(1), 35–42.

Saputri, I. (2021). KEPRIBADIAN GURU

MENURUT KI HAJAR DEWANTARA

DAN RELEVANSINYA DENGAN

UNDANG-UNDANG TENTANG GURU

DAN DOSEN DAN PENDIDIKAN ISLAM.

IAIN Bengkulu.

Sholich, M. (2020). Peranan Guru Agama

Islam Dalam Meningkatkan Religiusitas

Siswa Di Era Digital. Jurnal Ats-Tsaqofi,

(1), 85–95.

Siwi, K. (2020). PROGRAM KEMITRAAN

MASYARAKAT (PKM) PENINGKATAN

KEMAMPUAN MENGAJAR UNTUK

GURU-GURU SD DI KECAMATAN

TOMOHON TENGAH KOTA

TOMOHON. ABDIMAS: JURNAL

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT,

(2).

Sun’iyah, S. L. (2020). Sinergi Peran Guru dan

Orang Tua Dalam Mewujudkan

Keberhasilan Pembelajaran PAI Tingkat

Pendidikan Dasar di Era Pandemi CovidVol.

DAR EL-ILMI: Jurnal Studi

Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora,

(2), 1–16.

Toyibatin, S. (2021). Peningkatan Kinerja Guru

Melalui Pelatihan Berkelanjutan Sebagai

Upaya Pengembangan Kualitas. 11(1), 1–10.

Uhbiyati, N., & Ahmadi, A. (1997). Ilmu

Pendidikan Islam (IPI) untuk Fakultas

tarbiyah Komponen MKDK. Cet. I.

Bandung: Pustaka Setia.

Utami, F. N. (2020). Peran Guru dalam

Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa

Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL

ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 93–100.

Wahyu Tuti, M. (2021). KONSEP PENDIDIKAN

ISLAM ANAK USIA DINI MENURUT

ABDULLAH NASHIH ULWAN (TELAAH

TANGGUNG JAWAB PENDIDIK DALAM

KITAB TARBIYATUL AULAD FIL ISLAM).

IAIN Purwokerto.

Wekke, I. S. (2017). Integrasi Pendidikan Islam.

Fenomena, 9(1), 103–110.

https://doi.org/10.48094/raudhah.v2i1.17

Yunus, Nurseha, M. (2020). Culture of Siri’ in

Learning Akidah Akhlak in MAN Suli

Luwu District Budaya Siri’ dalam.

JIEBAR : Journal of Islamic Education:

Basic and Applied Research, 01, 107–120.

Yunus, Y. (2021). Education in Learning

Religious Education in College Education

in Palopo City. Journal on Education,

(02), 186–195. Retrieved from

https://jonedu.org/index.php/joe/article/vi

ew/349

Downloads

Published

2021-09-04