PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM PADA MASYARAKAT
DOI:
https://doi.org/10.32493/kahpi.v3i1.p34-45.12952Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan fungsi seorang pendidik di masyarakat. Pada dasarnya pendidikan Islam merupakan suatu proses yang berlangsung secara terus menerus dan mengalir ke dalam kehidupan manusia dan berlangsung sepanjang hayat. Tugas dan fungsi pendidikan ditujukan kepada anak sekolah yang berkembang dan
berkembang secara dinamis dari isi sampai akhir hayat dan yang tidak dapat memisahkan keberhasilan pendidikan dari sisi pedagogis. Pendidik pada hakikatnya adalah orang yang diamanahkan yang bertanggung jawab atas dunia akhirat dengan mendidik, membimbing,
membimbing dan menuntun peserta didik ke pintu gerbang kesuksesan baik dunia maupun akhirat. Untuk menjadi berkualitas dan profesional, kriteria dan persyaratan tertentu harus dipenuhi dalam konteks tujuan hidup dan juga kualitas yang harus dibawa oleh pendidik dalam melaksanakan tugasnya dan sebagai pendidik. Metode yang dipakai di
dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, atau dapat digunakan dalam bahan pustaka sebagai sumber informasi untuk menjawab permasalahan tentang pendidik dalam pendidikan. Sebagai seorang pendidik seorang guru memainkan peran yang sentral bagi
peserta didik. Peran guru dalam membina siswa agar menjadi manusia yang berkarakter sangat dibutuhkan. Pertama sebagai pendidik dan pengajar. Kedua sebagai pemberi keteladanan dan menjadi teladan. Ketiga, menjadi solusi di tengah-tengah masyarakat.
Kata Kunci: Pendidik; Pendidikan Islam.
References
AKBAR, T. (2021). Pendidik dalam Pendidikan
Islam (Religius-Rasional) Studi Tokoh
Mohammad Natsir dan Harun Nasution.
UIN Raden Intan Lampung.
Almujtaba, P. W., Mangkurat, U. L., & Profesi,
A. K. (2021). Guru dan profesionalitas
dalam pendidikan. 1(2), 1–10.
Anam, K., & Amri, A. (2020). Pendidik dalam
Perspektif Pendidikan Islam. Akademika:
Jurnal Keagamaan Dan Pendidikan, 16(1),
–94.
Ariani, N. (2021). Profesi Keguruan. PUBLIKASI
PEMBELAJARAN, 1(2), 68–72.
Arista, O. (2020). Komitmen guru sertifikasi
dalam melaksanakan tugas mengajar di
Sekolah Menengah Atas Negeri
Kecamatan Pauh Padang. Jurnal Bahana
Manajemen Pendidikan, 2(1), 542–549.
Aslamiah, S. (2020). KESULITAN BELAJAR
BAHASA INGGRIS DALAM PERSPEKTIF
PENDIDIKAN. PrimEarly: Jurnal Kajian
Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini,
(2), 134–146.
Dute, H. (2019). Kebijakan Pemerintah
Terhadap Pendidikan Agama di Sekolah
Umum Pra Kemerdekaan dan Pasca
Kemerdekaan. 309. 3(1), 309–331.
Dute, H. (2020). Peranan Lingkungan Keluarga
dan Lingkungan Sekolah Terhadap
Pembentukan Akhlak SIswa. Jurnal
Kependidikan Dan Keagamaan, 4(1), 303–
Fatmawati, E. (2020). Kerjasama Orang Tua
Dan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi
Belajar Peserta Didik. IBTIDA’, 1(2), 135–
Haniyyah, Z. (2021). Peran Guru PAI dalam
Pembentukan Karakter Islami SIswa di
SMPN 03 Jombang. Irsyaduna: Jurnal
Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 75–86.
Hasan, I. (2021). Tugas Pendidik Dalam Al-
Quran. Universitas Islam Negeri
Sumatera Utara.
Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019).
Keterlibatan Orang Tua dalam
Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal
Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia
Dini, 3(1), 214.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152
Johar, R., & Hanum, L. (2021). Strategi Belajar
Mengajar: Untuk Menjadi Guru yang
Profesional. Syiah Kuala University Press.
Kasih, F., Suryadi, S., & Triyono, T. (2021).
Kolaborasi Pendidik Dan Peserta Didik
Dalam Proses Belajar Mengajar Pada
Masa New Normal. Wahana Dedikasi:
Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 4(1), 46–
Mardiah, F. (2020). Analisis kandungan buku
sirah nabawiyah tentang suri teladan
nabi muhammad saw untuk membina
karakter siswa di MI. UIN Sunan Gunung
Djati Bandung.
Marlina. (2017). Pendidik dalam Konteks
Pendidikan Islam. Al I’tibar, 3(1), 27–40.
Marlina, R. (2020). Identifikasi kesulitan
belajar sains dan upaya yang dilakukan
guru sekolah menengah untuk
mengatasinya. Jurnal Pendidikan
Informatika Dan Sains, 9(1), 13–20.
Mustafa, M. S. (2020). Pengabdian Tanpa
Pamrih Tangguru Jahido’untuk
Masyarakat Pangkep. PUSAKA, 8(1), 1–20.
Muvid, M. B. (2020). Konsep Pendidikan
Agama Islam Dalam Tinjauan Hadits
(Studi Analisis Tentang Hadits-Hadits
Pendidikan). Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah
Pendidikan, 4(1), 1–27.
Parda, A., Kohar, A., Tinggi, S., & Islam, A.
(2021). Strategi Kepala Sekolah dalam
Mengembangkan Profesionalisme dan
Kompetensi Tenaga Pendidik di Ma Al-
Hidayah. 1(2), 163–182.
Rosyid, U. S. (2020). METODE
PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF
NABI MUHAMMAD SHALLALLAHU
‘ALAIHI WASALLAM. Jurnal Aksioma Ad-
Diniyyah: The Indonesian Journal of
Islamic Studies, 8(1).
S, M. T., Muslimah, M., Riadi, A., & Mukmin,
M. (2021). Implikasi pedagogis al-Qur’an
surah Al-Ahzab ayat 45-48 mengenai
tugas dan fungsi guru sebagai pendidik.
Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1),
https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i1.418
Sanjani, M. A. (2020). Tugas dan Peranan
Guru Dalam Proses Peningkatan Belajar
Mengajar. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu
Pendidikan, 6(1), 35–42.
Saputri, I. (2021). KEPRIBADIAN GURU
MENURUT KI HAJAR DEWANTARA
DAN RELEVANSINYA DENGAN
UNDANG-UNDANG TENTANG GURU
DAN DOSEN DAN PENDIDIKAN ISLAM.
IAIN Bengkulu.
Sholich, M. (2020). Peranan Guru Agama
Islam Dalam Meningkatkan Religiusitas
Siswa Di Era Digital. Jurnal Ats-Tsaqofi,
(1), 85–95.
Siwi, K. (2020). PROGRAM KEMITRAAN
MASYARAKAT (PKM) PENINGKATAN
KEMAMPUAN MENGAJAR UNTUK
GURU-GURU SD DI KECAMATAN
TOMOHON TENGAH KOTA
TOMOHON. ABDIMAS: JURNAL
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT,
(2).
Sun’iyah, S. L. (2020). Sinergi Peran Guru dan
Orang Tua Dalam Mewujudkan
Keberhasilan Pembelajaran PAI Tingkat
Pendidikan Dasar di Era Pandemi CovidVol.
DAR EL-ILMI: Jurnal Studi
Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora,
(2), 1–16.
Toyibatin, S. (2021). Peningkatan Kinerja Guru
Melalui Pelatihan Berkelanjutan Sebagai
Upaya Pengembangan Kualitas. 11(1), 1–10.
Uhbiyati, N., & Ahmadi, A. (1997). Ilmu
Pendidikan Islam (IPI) untuk Fakultas
tarbiyah Komponen MKDK. Cet. I.
Bandung: Pustaka Setia.
Utami, F. N. (2020). Peran Guru dalam
Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa
Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL
ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 93–100.
Wahyu Tuti, M. (2021). KONSEP PENDIDIKAN
ISLAM ANAK USIA DINI MENURUT
ABDULLAH NASHIH ULWAN (TELAAH
TANGGUNG JAWAB PENDIDIK DALAM
KITAB TARBIYATUL AULAD FIL ISLAM).
IAIN Purwokerto.
Wekke, I. S. (2017). Integrasi Pendidikan Islam.
Fenomena, 9(1), 103–110.
https://doi.org/10.48094/raudhah.v2i1.17
Yunus, Nurseha, M. (2020). Culture of Siri’ in
Learning Akidah Akhlak in MAN Suli
Luwu District Budaya Siri’ dalam.
JIEBAR : Journal of Islamic Education:
Basic and Applied Research, 01, 107–120.
Yunus, Y. (2021). Education in Learning
Religious Education in College Education
in Palopo City. Journal on Education,
(02), 186–195. Retrieved from
https://jonedu.org/index.php/joe/article/vi
ew/349