POLA INTERAKSI ANTARA GURU DENGAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP N 2 RANDUDONGKAL

Authors

  • Muhammad Mualif Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kahpi.v3i1.p62-71.12954

Abstract

Guru dan siswa merupakan dua komponen pendidikan yang tidak terpisahkan. Guru adalah orang yang memberi ilmu pengetahuan kepada siswa. Siswa sendiri merupakan sebuah subjek belajar yang akan selalu menghantarkan kehadiran seorang guru untuk membimbingnya. Interaksi antara guru dengan siswa dalam
konteks pendidikan adalah suatu proses menunjukkan pada hubungan-hubungan yang dinamis. Interaksi di sini merupakan syarat utama adanya aktivitas dari hubungan dinamis yang bermuara kepada siswa sebagai objek satuan pendidikan. Hubungan yang dilakukan antara individu kadang-kadang hanya berlangsung singkat, tetapi dapat berlangsung lama. Hubungan yang berlangsung lama biasanya ditandai oleh derajat keeratan yang semakin kuat. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan
data dalam penelitian ini observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pola interaksi antara guru dengan siswa ada tiga pola, yaitu pola interaksi demokratis, pola interaksi liberalis, dan pola interaksi feodalis. Adapun dalam pelaksanaannya pola interaksi antara guru dengan siswa pada mata pelajaran PAI di SMP N 2 Randudongkal menerapkan pola interaksi demokratis. Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi pola interaksi antara guru dengan siswa pada mata pelajaran PAI di SMP N 2 Randudongkal, antara lain: keadaan guru, keadaan siswa,keadaan lingkungan, sarana dan prasarana, dan kurikulum.

Kata Kunci : Pola Interaksi, Guru, Siswa.

Author Biography

Muhammad Mualif, Universitas Pamulang

Dosen PAI Prodi Teknik Industri Universitas Pamulang

References

Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati. (2008).

Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT.

Rineka Cipta

Alim, Mohammad, dkk. (2005).

Psikologi Remaja perkembangan

Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi

aksara

Arifin, H.M. (1996). Ilmu Pendidikan

Islam (Suatu Tinjauan Teoritis

dan Praktis Berdasarkan

Pendekatan Interdisipliner).

Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsini. (2002). Manajemen

Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsini. (2006). Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan

Praktik. Jakarta: PT. Rineka

Cipta

Bahreisy, Salim. 1976. Tarjamah Riadhus

Shalihin Jilid 1. Bandung: PT. Al-

Ma’arif

Burhanudin. (2004). Pengantar

Pedagogik Dasar-dasar Ilmu

Mendidik. Cet. 6 Jakarta: Rineka

Cipta

Departemen Agama RI. (2004).

Pedoman Pendidikan Agama

Islam. Jakarta: Direktorat

Jenderal Kelembagaan Agama

Islam

Departemen Pendidikan dan

Kebudayaan. (1988).Kamus

Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:

Balai Pustaka

Departemen Pendidikan Nasional.

(2005). Kamus Besar Bahasa

Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Djamarah, Syaiful Bahri. (2000). Guru

dan Anak Didik dalam Interksi

Edukatif. Jakarta: PT. Rineka

Cipta

Hisbullah. (2008). Dasar-Dasar Ilmu

Pendidikan. Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada

Ismail, Imanuddin. (1998).

Pengembangan Kemampuan

Belajar Pada Anak. Jakarta:

Bulan Bintang

Kembara, M.D. (2007). Panduan

Lengkap Home Schooling.

Bandung: Progresio

Lebar, A. Shaleh. (1998). Pengenalan

Tingkat Sosiologi Sekolah dan

Pendidikan. Selangor: Thinker

Library SDN BND

Moleong, Lexy J. (2004). Metodologi

Penelitian Kualitatif. Bandung:

PT. Remaja Rosdakarya

Mu’arif. (2008). Liberalisasi Pendidikan.

Yogyakarta: Pinus Book

Publisher

Muhadjir, Noeng. (1993). Ilmu

Pendidikan dan Perubahan

Sosial Suatu Teori Pendidikan.

Yogyakarta: Rake Surasin

Mulyasa, E. (2001). Menjadi Guru

Profesional Menciptakan

pembelajaran Kreatif dan

Menyenangkan. Bandung : PT.

Remaja Rosdakarya

Mustakim, Zaenal Mustakim. (2013).

Strategi Dan Metode

Pembelajaran. Pekalongan:

STAIN Pekalongan Press

Naim, Ngainun dan Ahmad Syauqi.

(2008). Pendidikan

Multikultural : Konsep dan

Aplikasi, Jogjakarta : Ar. Ruzz

Media

Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi.

(2005). Metodologi Penelitian :

Memberi Bekal Teoritispada

Mahasiswa tentang Metodologi

Penelitian serta diharapkan

dapatMelaksanakan Penelitian

dengan Langkah-Langkah yang

Benar. Jakarta: PT. Bukti Aksara

Nurdin, M. (2005). Pendidikan yang

Menyebalkan. Yogyakarta: Ar

Ruzz

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah.

(2010). Metodologi Penelitian

Pendekatan Praktis dalam

Penelitian. Yogyakarta: CV Andi

Offcet

Sanjaya, Wina. (2012). Media

Komunikasi Pembelajaran.

Jakarta: Kencana Prenada Media

Group

Sholehudin, M. Sugeng. (2009).

Psikologi Perkembangan dalam

Perspektif Pengantar.

Pekalongan: STAIN Pekalongan

Press

Singarimbun, Masri. Sofian Efendi.

(2001). Metodologi Penelitian

Survey. Jakarta: LP3ES

Sudijono, Anas. (2006). Pengantar

Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.

Raja Grafindo Persada

Vol.3 No.1 Juli 2021

Jurnal Kajian Agama Hukum dan Pendidikan Islam

(KAHPI)

p-ISSN 2685-8401 e-ISSN 2685-7502

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian

Pendidikan Kompetensi dan

Praktiknya. Jakarta: BumiAksara

Tanpa Nama,

http://id.shvoong.com/socialscience/

education/2175377-

pengertianliberalism/#

ixzz1VpdEP5Di.

Diakses tanggal 22 Januari 2020

Tanpa Nama,

http://id.wikipedia.org/wiki/feoda

lisme. Diakses tanggal 22

Januari 2020

Tanpa Nama,

http://sosbud.kompasiana.com/2

/07/08/fenomena-feodalismedalam-

karya-sastra-pramoedyabumi-

manusia/. Diakses tanggal

Januari 2020

Tanpa Nama,

idb1.wikispaces.com/file/view/jj10

pdf. Diakses tanggal 16

Februari 2020

Tim Penyusun PBM PAI di Sekolah.

Yogyakarta: Pustaka

Pelajar

Undang-undang Republik Indonesia

Nomor 20 tahun 2003 tentang

Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2021-09-04