PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL
DOI:
https://doi.org/10.32493/kahpi.v3i1.p72-81.12955Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Mengetahui pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru. (2) Mengetahui pengaruh motivasi kerja guru terhadap kompetensi profesional. (3) Mengetahui pengaruh secara bersama-sama supervisi akademik dan motivasi kerja terhadap kompetensi profesional guru SD Al-Ikhlas Cipete. Populasi dalam
penelitian ini adalah guru SD Al-Ikhlas Cipete dengan jumlah 84 orang.
Sedangkan jumlah sampel penelitian adalah 84 orang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan, sebagai berikut: 1) Ada pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru SD Al-Ikhlas Cipete. Pengaruh positif dan signifikan dari supervisi akademik terhadap kompetensi profesional guru SD Al-Ikhlas Cipete sebesar 53,5%. 2) Ada pengaruh motivasi kerja guru terhadap kompetensi profesional guru SD Al-Ikhlas Cipete.
Motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kompetensi profesional sebesar 42,8%. 3) Ada pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara brsama-sama terhadap kompetensi profesional guru SD Al-Ikhlas Cipete sebesar 54,65%.
Kata Kunci : Supervisi Akademik, Motivasi, dan Kompetensi Profesional
References
Aribowo., Su’ad. Dan Madjdi, Achmad
Hilal. 2020. Pengaruh Supervisi
Akademik dan Pelayihan
Penelitian Tindakan Kelas
Terhadap Kompetensi
Profesional Se-Kecamatan
Undaan Kabupaten Kudus.
Jurnal Ilmiah Kependidikan.
Volume 10 Nomor 2 Tahun
ISSN 2087-9385.
Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur
Penelitian suatu Tindakan
Praktik. Jakarta: PT Rineka
Cipta.
Bangun, Wilson. 2012. Manajemen
Sumber Daya Manusia. Jakarta:
Penerbit Erlangga.
Kurniawan, Agus. 2017. Pengaruh
Motivasi Kerja dan
Kesejahteraan Guru Terhadap
Kompetensi Profesional Guru
Pada MIN Air Joman Dan MIS
MIPI Binjai Serbangan
Kabupaten Asahan. Tesis :
Universitas Islam Negeri
Sumatera Utara.
Muhajirin. Prihatin, Titi., dan Yusuf,
Amin. 2017. Pengaruh Supervisi
Akademik dan Partisipasi Guru
Pada MGMP Melalui Motivasi
Kerja Terhadap Profesionalisme
Guru SMA/MA. Educational
Management. P.ISSN : 2252-
Mulyasa, E. 2013. Standar Kompetensi
dan Sertifikasi Guru. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya.
______. 2015. Manajemen dan
Kepemimpinan Kepala Sekolah.
Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Cetakan Ketiga.
Sagala, Syaiful. 2013. Kemampuan
Profesional Guru dan Tenaga
Kependidikan. Bandung:
Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian
Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif
dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: PT
Raja Grafindo Persada.
Suryadi, Ace. 2014. Pendidikan Indonesia
Menuju 2015. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya
Undang-undang RI No. 14 Tahun 2005
tentang Guru dan Dosen.
Diperbanyak oleh PB PGRI.
Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional. Semarang: CV. Duta
Nusindo.
Uno, Hamzah B. 2013. Teori Motivasi
dan Pengukurannya. Jakarta:
Bumi Aksara.