PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL

Authors

  • Nurjaya Nurjaya Universitas Pamulang
  • Anis Syamsu Rizal Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kahpi.v3i1.p72-81.12955

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Mengetahui pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru. (2) Mengetahui pengaruh motivasi kerja guru terhadap kompetensi profesional. (3) Mengetahui pengaruh secara bersama-sama supervisi akademik dan motivasi kerja terhadap kompetensi profesional guru SD Al-Ikhlas Cipete. Populasi dalam
penelitian ini adalah guru SD Al-Ikhlas Cipete dengan jumlah 84 orang.
Sedangkan jumlah sampel penelitian adalah 84 orang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan, sebagai berikut: 1) Ada pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru SD Al-Ikhlas Cipete. Pengaruh positif dan signifikan dari supervisi akademik terhadap kompetensi profesional guru SD Al-Ikhlas Cipete sebesar 53,5%. 2) Ada pengaruh motivasi kerja guru terhadap kompetensi profesional guru SD Al-Ikhlas Cipete.
Motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kompetensi profesional sebesar 42,8%. 3) Ada pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara brsama-sama terhadap kompetensi profesional guru SD Al-Ikhlas Cipete sebesar 54,65%.

Kata Kunci : Supervisi Akademik, Motivasi, dan Kompetensi Profesional

Author Biographies

Nurjaya Nurjaya, Universitas Pamulang

Dosen Agama Islam Prodi Akuntansi S1 Universitas Pamulang

Anis Syamsu Rizal, Universitas Pamulang

Dosen Manajemen Universitas Pamulang

References

Aribowo., Su’ad. Dan Madjdi, Achmad

Hilal. 2020. Pengaruh Supervisi

Akademik dan Pelayihan

Penelitian Tindakan Kelas

Terhadap Kompetensi

Profesional Se-Kecamatan

Undaan Kabupaten Kudus.

Jurnal Ilmiah Kependidikan.

Volume 10 Nomor 2 Tahun

ISSN 2087-9385.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur

Penelitian suatu Tindakan

Praktik. Jakarta: PT Rineka

Cipta.

Bangun, Wilson. 2012. Manajemen

Sumber Daya Manusia. Jakarta:

Penerbit Erlangga.

Kurniawan, Agus. 2017. Pengaruh

Motivasi Kerja dan

Kesejahteraan Guru Terhadap

Kompetensi Profesional Guru

Pada MIN Air Joman Dan MIS

MIPI Binjai Serbangan

Kabupaten Asahan. Tesis :

Universitas Islam Negeri

Sumatera Utara.

Muhajirin. Prihatin, Titi., dan Yusuf,

Amin. 2017. Pengaruh Supervisi

Akademik dan Partisipasi Guru

Pada MGMP Melalui Motivasi

Kerja Terhadap Profesionalisme

Guru SMA/MA. Educational

Management. P.ISSN : 2252-

Mulyasa, E. 2013. Standar Kompetensi

dan Sertifikasi Guru. Bandung:

PT Remaja Rosdakarya.

______. 2015. Manajemen dan

Kepemimpinan Kepala Sekolah.

Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Cetakan Ketiga.

Sagala, Syaiful. 2013. Kemampuan

Profesional Guru dan Tenaga

Kependidikan. Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian

Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif

dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: PT

Raja Grafindo Persada.

Suryadi, Ace. 2014. Pendidikan Indonesia

Menuju 2015. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya

Undang-undang RI No. 14 Tahun 2005

tentang Guru dan Dosen.

Diperbanyak oleh PB PGRI.

Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003

tentang Sistem Pendidikan Nasional. Semarang: CV. Duta

Nusindo.

Uno, Hamzah B. 2013. Teori Motivasi

dan Pengukurannya. Jakarta:

Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-09-04