PENERAPAN HUMANIS RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN PAI (STUDI PADA UNIVERSITAS PAMULANG)

Authors

  • Mukhoyyaroh Mukhoyyaroh Universitas Pamulang
  • Kamil Falahi Universitas Pamulang
  • Mukhlisin Mukhlisin Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kahpi.v3i1.p1-10.12956

Abstract

Terminologi pendidikan humanis religius diperkenalkan akhir-akhir ini sebagai konsep pendidikan yang menarik dibincangkan lebih lanjut, setidaknya karena dipandang sesuai dengan dasar falsafah pendidikan di Indonesia: Pancasila. Walaupun demikian, secara konseptual belum banyak ahli yang membahasnya. Penjelasan konsep pendidikan
humanis religius perlu dilakukan sebagai upaya merumuskan teori pendidikan yang khas Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Penerapan humanis Religius dalam Pembelajaran PAI Studi Pada Universitas Pamulang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan pedagogis, psikologis, dan teologis normatif.
Sumber data yaitu data primer bersumber dari, Ketua LKK, Dosen PAI, Mahasiswa, sedangkan data sekunder diambil dari dokumen yang ada kaitannya dengan penelitian. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah peneliti sendiri yang berfungsi menetapkan dan memilih informan sebagai sumber data, analisis data, menafsirkan data, serta instrumen dalam mengumpulkan data adalah observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Dengan konsep humanis religius, maka mahasiswa mengembangkan karakter yang teraktualisasi dalam sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, cinta damai, responsif dan proaktif; bertanggung jawab atas keputusan yang diambil berdasar prinsip musyawarah serta mengaktualisasikan nilai-nilai agama yang terkandung di dalamnya sebagai paradigma berpikir, bersikap, dan berperilaku.

Kata Kunci : Humanis, Religius, Pendidikan Agama Islam.

Author Biographies

Mukhoyyaroh Mukhoyyaroh, Universitas Pamulang

Dosen Agama Islam Universias Pamulang

Kamil Falahi, Universitas Pamulang

Dosen Agama Islam Universitas Pamulang

References

Abdullah, Taufik, (2010), Metodologi

Penelitian Agama sebuah

Pengantar, Yogyakarta: Tiara

Wacana.

Alim, Muhammad, (2011), Pendidikan

Agama Islam: Upaya Pembentuka

Pemikirandan Kepribadian

Muslim, Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Baidhawy, Zakiyuddin, (2005), Pendidikan

Agama Berwawasan Multikultural,

Jakarta: Erlangga.

Muhaimin et.al, (2012), Paradigma

Pendidikan Islam, Bandung:

Remaja Rosdakarya,.

Mastuhu, (2014) ‚Pendidikan Agama Islam

di PerDosenan Tinggi Umum,‛ dalam

Dinamika Pemikiran Islam di

PerDosenan Tinggi, Jakarta: Logos

Wacana Ilmu.

Mas’ud, Abdurrahman, (2002), Menggagas

Format Pendidikan Nondikotomik:

Humanisme Religius sebagai

Paradigma Pendidikan Islam.

Yogyakarta: Gama Media.

Downloads

Published

2021-09-04