PENERAPAN HUMANIS RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN PAI (STUDI PADA UNIVERSITAS PAMULANG)
DOI:
https://doi.org/10.32493/kahpi.v3i1.p1-10.12956Abstract
Terminologi pendidikan humanis religius diperkenalkan akhir-akhir ini sebagai konsep pendidikan yang menarik dibincangkan lebih lanjut, setidaknya karena dipandang sesuai dengan dasar falsafah pendidikan di Indonesia: Pancasila. Walaupun demikian, secara konseptual belum banyak ahli yang membahasnya. Penjelasan konsep pendidikan
humanis religius perlu dilakukan sebagai upaya merumuskan teori pendidikan yang khas Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Penerapan humanis Religius dalam Pembelajaran PAI Studi Pada Universitas Pamulang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan pedagogis, psikologis, dan teologis normatif.
Sumber data yaitu data primer bersumber dari, Ketua LKK, Dosen PAI, Mahasiswa, sedangkan data sekunder diambil dari dokumen yang ada kaitannya dengan penelitian. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah peneliti sendiri yang berfungsi menetapkan dan memilih informan sebagai sumber data, analisis data, menafsirkan data, serta instrumen dalam mengumpulkan data adalah observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Dengan konsep humanis religius, maka mahasiswa mengembangkan karakter yang teraktualisasi dalam sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, cinta damai, responsif dan proaktif; bertanggung jawab atas keputusan yang diambil berdasar prinsip musyawarah serta mengaktualisasikan nilai-nilai agama yang terkandung di dalamnya sebagai paradigma berpikir, bersikap, dan berperilaku.
Kata Kunci : Humanis, Religius, Pendidikan Agama Islam.
References
Abdullah, Taufik, (2010), Metodologi
Penelitian Agama sebuah
Pengantar, Yogyakarta: Tiara
Wacana.
Alim, Muhammad, (2011), Pendidikan
Agama Islam: Upaya Pembentuka
Pemikirandan Kepribadian
Muslim, Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Baidhawy, Zakiyuddin, (2005), Pendidikan
Agama Berwawasan Multikultural,
Jakarta: Erlangga.
Muhaimin et.al, (2012), Paradigma
Pendidikan Islam, Bandung:
Remaja Rosdakarya,.
Mastuhu, (2014) ‚Pendidikan Agama Islam
di PerDosenan Tinggi Umum,‛ dalam
Dinamika Pemikiran Islam di
PerDosenan Tinggi, Jakarta: Logos
Wacana Ilmu.
Mas’ud, Abdurrahman, (2002), Menggagas
Format Pendidikan Nondikotomik:
Humanisme Religius sebagai
Paradigma Pendidikan Islam.
Yogyakarta: Gama Media.