PENGARUH TEMPERAMEN BURUK ORANG TUA TERHADAP KESEHATAN MENTAL PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID 19 KELAS XI DI SMA AL-LAYYINAH KAMPUNG CIJENGIR KECAMATAN CURUG KABUPATEN TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.32493/kahpi.v3i2.p145-156.17557Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMA Al-Layyinah Kampung Cijengir Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) adanya pengaruh temperamen orang tua terhaap kesehatan mental peserta didik pada masa pandemi Covid-19 kelas XI di SMA Al-Layyinah Kampung Cijengir kabupaten Tangerang, (2) adanya pengaruh temperamen buruk orang tua terhadap keberhasilan belajar siswa, (3) upaya orang tua dalam
memahami kondisi kesehatan mental peserta didik kelas XI di SMA Al-Layyinah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian lapangan atau kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Penelitian ini menggunakan rumus
kolerasi product moment adalah memperoleh atau mengumpulkan data, fakta, dan informasi yang berkaitan dengan variabel yang menjadi menjadi pembahasan pembahasan penelitian (X dan Y). Sedangkan instrumen penelitian ini menggunakan angket (kuesioenr) dan pernyataan tersebut berjumlah 10 untuk variabel X dan 10 untuk Variabel Y.
Kata kunci: Temperamen Buruk, Kesehatan Mental
References
Cahyanti, Ayu, ‚Peran Keluarga Dalam
Membentuk Kesehatan Mental
Remaja Di Kelurahan Yosorejo 21 A
Metro Timur,‛ 2020, 59
Gunarsah, D Singgih, Psikologi Praktis:
Anak, Remaja dan Keluarga,
(Jakarta: Gunung mulia, 2004), cet.
, h. 29-30
Haromaini, Ahmad, ‚Manusia Makhluk
Pembelajar(Studi Tafsir Tarbawi),‛
Islamika, 12.1 (2020), 18–30
https://doi.org/10.33592/islamika.v12
i1.405
Jaya, Mertha Laut, ‚Metode Penelitian
Kuantitatif dan Kualitatif,‛ in Teori,
Penerapan, dan Riset Nyata
(Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia,
, hal. 6–7
Moh. Fahmi Nugraha, et al., ‚Pengantar
Pendidikan dan Pembelajaran di
Sekolah Dasar‛ (Tasikmalaya: Edu
Publisher, 2020), hal. 1
Nefri Anra Saputra Yuniarti Munaf,
‚Perkembangan Peserta Didik‛
(Yogyakarta: Deepublish Publisher,
, hal. 147.
Susanto, Pendi, Pandemi dan Anak Bangsa
Menjadi pintar, (Ciamis: Tsaqiva
Publishing, 2021), h. 47
Umar dan Syafruddin, ‚Pengantar
Pendidikan Islam‛ (Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA, 2020),
hal. 2
Ramayulis, ‚Psikologi Agama‛ (Jakarta:
Kalam Mulia, 2002), hal. 140
Zaenab, Siti, Psikologi Agama (Yogyakarta:
CV Budi Utama, 2016)