PENGARUH TEMPERAMEN BURUK ORANG TUA TERHADAP KESEHATAN MENTAL PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID 19 KELAS XI DI SMA AL-LAYYINAH KAMPUNG CIJENGIR KECAMATAN CURUG KABUPATEN TANGERANG

Authors

  • Fitri Nurnitasari Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Ahmad Haromaini Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kahpi.v3i2.p145-156.17557

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Al-Layyinah Kampung Cijengir Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) adanya pengaruh temperamen orang tua terhaap kesehatan mental peserta didik pada masa pandemi Covid-19 kelas XI di SMA Al-Layyinah Kampung Cijengir kabupaten Tangerang, (2) adanya pengaruh temperamen buruk orang tua terhadap keberhasilan belajar siswa, (3) upaya orang tua dalam
memahami kondisi kesehatan mental peserta didik kelas XI di SMA Al-Layyinah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian lapangan atau kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Penelitian ini menggunakan rumus
kolerasi product moment adalah memperoleh atau mengumpulkan data, fakta, dan informasi yang berkaitan dengan variabel yang menjadi menjadi pembahasan pembahasan penelitian (X dan Y). Sedangkan instrumen penelitian ini menggunakan angket (kuesioenr) dan pernyataan tersebut berjumlah 10 untuk variabel X dan 10 untuk Variabel Y.

Kata kunci: Temperamen Buruk, Kesehatan Mental

References

Cahyanti, Ayu, ‚Peran Keluarga Dalam

Membentuk Kesehatan Mental

Remaja Di Kelurahan Yosorejo 21 A

Metro Timur,‛ 2020, 59

Gunarsah, D Singgih, Psikologi Praktis:

Anak, Remaja dan Keluarga,

(Jakarta: Gunung mulia, 2004), cet.

, h. 29-30

Haromaini, Ahmad, ‚Manusia Makhluk

Pembelajar(Studi Tafsir Tarbawi),‛

Islamika, 12.1 (2020), 18–30

https://doi.org/10.33592/islamika.v12

i1.405

Jaya, Mertha Laut, ‚Metode Penelitian

Kuantitatif dan Kualitatif,‛ in Teori,

Penerapan, dan Riset Nyata

(Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia,

, hal. 6–7

Moh. Fahmi Nugraha, et al., ‚Pengantar

Pendidikan dan Pembelajaran di

Sekolah Dasar‛ (Tasikmalaya: Edu

Publisher, 2020), hal. 1

Nefri Anra Saputra Yuniarti Munaf,

‚Perkembangan Peserta Didik‛

(Yogyakarta: Deepublish Publisher,

, hal. 147.

Susanto, Pendi, Pandemi dan Anak Bangsa

Menjadi pintar, (Ciamis: Tsaqiva

Publishing, 2021), h. 47

Umar dan Syafruddin, ‚Pengantar

Pendidikan Islam‛ (Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA, 2020),

hal. 2

Ramayulis, ‚Psikologi Agama‛ (Jakarta:

Kalam Mulia, 2002), hal. 140

Zaenab, Siti, Psikologi Agama (Yogyakarta:

CV Budi Utama, 2016)

Downloads

Published

2022-01-18