PENERAPAN METODE TAHSIN AL-MUYASSAR DALAM ‎MEMPERBAIKI BACAAN AL-QUR’AN ANAK DIDIK DI RUMAH ‎QUR’AN ALJAZARI BOGOR

Authors

  • Muhammad Rizqy Purnama Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32493/kahpi.v4i1.p21-30.23306

Abstract

Abstrak

 

 

Membaca al-Qur’an menjadi langkah utama dalam mengimani al-Qur’an dan kewajiban bagi setiap muslim. Walau demikian, masih banyak muslim yang terbata-bata bahkan tidak dapat membacanya yang disebabkan kurangnya fasilitas belajar al-Qur’an pada masa kecilnya. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan Metode Tahsin al-Muyassar dalam memperbaiki atau meningkatkan kualitas bacaan al-Qur’an anak didik khususnya usia sekolah dasar di Rumah Qur’an Aljazari Bogor serta hambatan dalam penerapannya. Dari tujuan tersebut, metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan responden yang terkait, diantaranya trainer, guru Tahsin al-Muyassar dan orang tua anak didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Tahsin al-Muyassar di Rumah Qur’an Aljazari dikatakan berhasil karena memudahkan anak didik dalam memperbaiki bacaan al-Qur’an, dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga anak mudah dan bersemangat dalam belajar membaca al-Qur’an.

 

Kata Kunci : Penerapan, Metode Tahsin al-Muyassar, Bacaan al-Qur’an, Anak didik

References

Al Dosari, M. A. S. (2006). Keagungan ‎Al Qu’an Al Karim. Riyadh : ‎Maktaba Dar-us-Salam.‎

Mutiara., Maya, R. dan Maulida, A. ‎‎2019. Implementasi Metode Al-‎Muyassar Dalam Meningkatkan ‎Hafalan Al-Qur’an Siswa Di ‎SMPIT El-Ma’mur Cimanggu ‎Kota Bogor Tahun Pelajaran ‎‎2019/2020. Prosiding Al-‎Hidayah Pendidikan Agama ‎Islam, hal 38-43.‎

Rohmadi. 2020. Aplikasi Metode ‎Tahsin untuk Belajar Al-Qur’an ‎dalam Pendampingan ‎Kelompok Perempuan di ‎Kelurahan Kutaraya Kecamatan ‎Kayuagung Kabupaten Ogan ‎Komering Ilir. Manhaj : Jurnal ‎Penelitian dan Pengabdian ‎Masyarakat, 9(1), 60-63.‎

Sidiq, S. dan Choiri, M. M. (2019). ‎Metode Penelitian Kualitatif di ‎Bidang Pendidikan. Ponorogo : ‎CV. Nata Karya.‎

Wardhani, S. P. R. (2018). Step by Step ‎Sukses Membaca al-Qur’an ‎dengan Tartil. Yogyakarta : ‎Diandra Kreatif.‎

Ramadhani, F., Nahar, S. dan Syaukani. ‎‎2018. Konsep Evaluasi ‎Pendidikan dalam al-Qur’an ‎Surah az-Zalzalah Ayat 7-8 dan ‎al-Baqarah Ayat 31-34. Edu ‎Riligia, 2(2), 188.‎

Downloads

Published

2022-08-06