PENDIDIKAN ANAK DALAM QS LUQMAN AYAT 12-19 DAN ‎IMPLEMENTASINYA ‎(Studi Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab)‎

Authors

  • Fil Isnaeni Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kahpi.v4i1.p31-44.23307

Abstract

Pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting yang apabila dilakukan secara benar akan membawa kepada keunggulan dan kualitas akal serta kejernihan fikir. Disamping itu pada hakikatnya anak adalah generasi masa depan, pada pundaknyalah diserahkan masa depan tanah air, karena anak sekarang adalah orang dewasa besok, dan apa yang ditanamkan sekarang akan dipetik buahnya(hasilnya) besok. Demikian halnya bagi setiap anak secara fitrah memiliki potensi yang besar dan membawa kemungkinan-kemungkinan untuk berkembang, sehingga mereka sangat memerlukan bimbingan dan arahan dari orang dewasa disekitarnya, dan sangat membutuhkan sentuhan cinta kasih sayang mereka dalam berproses menuju kstabilan emosional, intelektual dan spirit mereka.

Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research) dengan mengambil tafsir Al-Misbah tehadap QS. Luqman ayat 12-19 sebagai objek. Pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan sumber data primer yaitu Tafsir Al-Misbah karya M. Quraish Shihab. Sedangkan analisis d yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Analisis Isi (content analysis) selanjutnya analisi data tersebut ditarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penafsiran dalam QS.Luqman adalah pokok-pokok pendidikan anak yang dijadikan sumber inspirasi bagi orangtua dalam mendidik anaknya, yaitu pendidikan aqidah, pendidikan syariat dan pendidikan akhlak. Konsep pendidikan yang terkandung didalam QS. Luqman ayat 12-19 terdapat konsep syukur, konsep ketauhidan, menghormati orangtua, menghormati orangtua musyrik, konsep balasan akhirat, konsep tentang shalat, konsep amar ma’ruf nahi munkar dan konsep sabar, dan sikap hidup. Untuk mengimplementasikan konsep tersebut kedalam pendidikan diperlukannya sosok pendidik yang ideal, materi pengajaran yang komprehensif dengan potensi anak, dan metode yang akomodatif yaitu dengan menggunakan metode nasehat.

Kata Kunci : pendidikan, anak, luqman,

Author Biography

Fil Isnaeni, Universitas Pamulang

Dosen Agama Prodi Akuntansi Universitas Pamulang

References

Abdullah, Abd.Rahman, Aktualisasi ‎Konsep Dasar Pendidikan ‎Islam, Yogyakarta: UII Press, ‎‎2002.‎

Abdur Rahman, Jamaal, Tahapan ‎Mendidik Anak Teladan ‎Rasulullah, Penerjemah: Bahrun ‎Abubakar Ihsan Zuhaidi, ‎Bandung: Irsyad Baitus Salam, ‎‎2005.‎

‎______, Ajahku: Riwayat Hidup Dr. H. ‎Abdul Karim, Abdullah Dan ‎Perjuangan Kaum Agama Di ‎Sumatera, Jakarta: Yayasan ‎Uminda.‎

Hamka, Rusydi, Pribadi Dan Martabat ‎Buya Hamka, Jakarta: Panjimas.‎

Hasyim, Umar, Anak Sholeh: Cara ‎Mendidik Anak Dalam Islam, ‎Surabaya: Bina Ilmu Offset.‎

Kartono, Kartini, Pengantar Metodologi ‎Riset Sosial, Bandung: Mondar ‎Maju.‎

Najati, Ustman, Al-Qur’an Dan Ilmu ‎Jiwa, Bandung, Pustaka, 2000.‎

Shihab, M.Quraish. Membumikan Al-‎Qur’an: Fungsi Dan Peran ‎Wahyu Dalam Kehidupan ‎Masyarakat. Bandung: ‎Mizan,1992.‎

‎_____________Wawasan Al-Qur’an: Tafsir ‎Tematik Atas Pelbagai ‎Persoalan Umat, Bandung: ‎Mizan, 2007.‎

Sugiyono, Metode Penelitian ‎Pendidikan Pendekatan ‎Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, ‎Bandung: Alfabeta, 2009.‎

Tamara, Nasir, Hamka Di Mata Hati ‎Umat, Jakarta: Pustaka Sinar ‎Harapan.‎

Downloads

Published

2022-08-06